Cultural

Inilah Para Pemenang Go Ahead Challenge 2018

Finalis Go Ahead Challenge Buktikan Karya Terbaik di Artwarding Night

Setelah melalui proses seleksi serta workshop di Creative Academy selama sepekan (20-26 January 2019), ajang Go Ahead Challenge (GAC) 2018 siap untuk menyambut para insan kreatif terbaik yang sukses menciptakan ‘Karya Gak Tau Batas’ dari peleburan dua passion mereka. Pada Go Ahead Challenge Artwarding Night (26/01) yang diselenggarakan oleh Level7, berkumpul seluruh kurator yang terlibat di bidang musik, visual art, fotografi, serta kuliner, untuk merayakan 18 karya kreatif yang berhasil dipresentasikan oleh para finalis. Semua insan kreatif yang hadir tampak antusias rneresapi berbagai ekspresi yang dihadirkan dan karya para finalis yang sebelumnya tetah melalui proses penggodokan dan pematangan konsep serta teknik dari 8 kurator.

Panel kurator Go Ahead Challenge 2018 Karya Gak Tau Batas terdiri dari para tokoh yang tak asing di bidangnya masing-masing, yaitu Anton Ismael, Widi Puradireja, Jason Ranti, Bill Satya, Naufal Abshar, Kendra Ahimsa, William Gozali, dan Martin Natadipraja. Mereka memiliki peran yang besar mulai dari proses penyaringan, seleksi, pematangan hingga presentasi karya. Mereka pula yang akan menentukan karya terbaik mana yang berhasil mendapatkan gelar pemenang.

Melihat para finals berbakat dengan karya yang berhasil mereka suguhkan malam ini, kami para kurator rnerasa bangga dan berharap siapa pun yang datang dapat terinspirasi. Dari awal proses pengumpulan ide-ide unik melalui goaheadpeople.id , kami para kurator mendapatkan 18 finalis dan ratusan ide yang masuk’, terang Widi Puradireja, drummer dari grup musik Maliq & D’Essentials yang menjadi salah satu kurator Go Ahead Challenge 2018 di bidang musik.

Proses pencarian pemenang Go Ahead Challenge 2018 Karya Gak Tau Batas dimulai ketika 18 peserta rnengikuti Creative Academy dan melakukan sesi one on one mentoring secara intens bersama para kurator. Widi menuturkan bahwa para finalis serta kurator yang terlibat, tidak hanya sekedar mengikuti kompetisi, tapi mereka sama-sama mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan. Dengan berkumpul di Creative Academy Go Ahead Challenge 2018, baik itu finalis maupun kurator dapat belajar bersama dan membentuk pertemanan baru. Apalagi para finalis datang dari berbagai daerah dengan skill dan passio yang berbeda satu sama lain.

 

Salah satu finalis yang berani menciptakan karya unik untuk mengekspresikan passion musik serta visual art, Muhammad Fahaad (At yho) dari Maluku menyatakan kepuasannya mengikuti Go Ahead Challenge 2018 Karya Gak Tau Batas.

“Berkat ajang ini, saya memiliki kesempatan besar untuk jadi buktiin ide unik yang saya miliki, yaitu menciptakan alat seni berfungsi ganda. Dimana Instrument ini  bisa untuk musik dan menciptakan karya visual art dalam satu waktu. Bantuan para kurator sekaligus mentor di Creative Academy menjadi pengalaman baru yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya terang Al yho.

Bukan hanya karya At yho yang terlihat unik dan menonjol di area pameran Artwarding Night Go Ahead Challenge 2018 Karya Gak Tau Batas Karya (malls lain juga terlihat menarik dengan perpaduan berbagai teknik dan cerita di batik masing-masing karya Mulai dart instalasi seni berpadu dengan alunan musik, karya mural disorot dengan video mapping, set makanan yang berpancar dengan cahaya UV, video musik dart goresan warna. hingga makanan yang tersaji dibalut oleh disain gratis unik.

‘Di Artwarding Night mi, kita semua dapat menikmati ragam karya lintas disiplin dan para insan kreatif yang berhasilmendobrak batas mereka. Kami para kurator sangat optimis bahwa setelah ajang Go Ahead Challenge, mereka semua dapat semakin terinspirasi dan terus menjalani passion mereka dan turut berkontribusi di bidang seni kreatif skena di daerah asalnya masing-masing. Karena kompetisi sebesar ini dengan sesi pengembangan diri yang komprehensif, saya rasa mampu memfasilitasi mereka untuk menemukan potensi, membuka wawasan, dan yang terpenting memperluas network,” ujar Naufal Abshar, pemenang Indonesian Art Festival 2013 yang merupakan salah satu kurator di bidang visual art.

Demi merayakan dan mengapresiasi seluruh karya serta perjalanan para finalis. pada Artwarding Night Go Ahead Challenge 2018 yang diselenggarakan oleh Level7 turut dimeriahkan oleh penampilan musik yang penuh inspirasi. Hadir di antaranya Crayola Eyes, Feast, Onar, dan penampilan spesial kolaborasi dari Wake Up Iris! (2017) dan Rein M (2018) Selain menampilkan karya-karya berani, mereka dan seluruh insan kreatif lainnya berkumpul untuk menyaksikan penobatan pemenang dari ajang Go Ahead Challenge 2018 Karya Gak Tau Batas.

Berikut ini 4 pemenang terbaik lintas bidang Go Ahead Challenge 2018:


1. Gabriella Elisabeth Edawani Fernandez dengan karya bertajuk Sailing, Home (Musik X Visual Art)
2. Rinto Saputra Muslim dengan karya bertajuk Other Dimension Astronaut (Fotografi X Visual Art)
3. Faiz Aditya Rahman dengan karya bertajuk Gate of Thousands (Visual Art X Musik)
4. Muhammad Fahaad Difinubun dengan karya bertajuk Bunga Liar Lestari (Visual Art X Musik)

Para pemenang Go Ahead Challenge 2018 akan mendapatkan aspirational rewards untuk terus mengembangkan potensi diri serta memiliki kesempatan belajar untuk mengenal lebih jauh proses dibalik pembuatan karya di industri kreatif yang sebenarnya. Nantinya dua pemenang akan mendapatkan real life creative experience ke London, dan dua lainnya akan berangkat ke Jepang bersama para kuratornya masing-masing.  Melalui pengalaman berharga tersebut, diharapkan mereka dapat menjadi pelaku industri kreatif yang nantinya dapat menelurkan karya-karya yang lebih berani sehingga menginspirasi insan kreatif lainnya.

“Kami sebagai kurator berharap, setelah lulus dari ajang Go Ahead Challenge ini, para pemenang dan finalis lainnya bisa memberi warna baru kepada industri kreatif tanah air di waktu yang akan datang,” simpul Widi Purwadireja, drummer Maliq & D’Essentials selaku salah satu kurator pada program ini.

 

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas