Health

Mau BAB Lancar, Kurangi Konsumsi Gula!

Heavenly Blush meluncurkan Tummy Yogurt Drink Sugar Free, yogurt tinggi serat tanpa gula

Bahwa konsumsi gula berlebih tidak baik, sudah menjadi pengetahuan umum. Namun apa saja yang bisa diakibatkan oleh kelebihan konsumsi gula belum sepenuhnya disadari. Kelebihan gula biasanya hanya dikaitkan dengan penyakit seperti diabetis dan obesitas. Namun sebenarnya kelelebihan konsumsi gula juga bisa berakibat pada lancarnya pencernaan.
 
“Saat ini masih belum banyak orang yang sadar akan pengaruh gula yang berlebih kepada kesehatan pencernaan. Kita harus mengedukasi masyarakat terkait hal ini,” ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik Marya Haryono dalam pertemuan tanggal 27 November 2019 di Jakarta.
 
Penelitian dari Oregon State University di Amerika Serikat pada tahun 2013 menunjukkan bahwa bakteri jahat di dalam usus akan berkembang biak dengan pesat apabila terus menerus diberi asupan gula. Kondisi ini akan mengancam bakteri baik di dalam usus sehingga menganggu kinerjanya menjaga kesehatan pencernaan.
 
“Menjaga kesehatan pencernaan sangatlah penting, karena kesehatan pencernaan berpengaruh kepada kesehatan tubuh secara menyeluruh seperti otak, jantung, immune system, kesehatan kulit, berat badan, ketersediaan hormone, kemampuan menyerap nutrisi, perkembangan sel kanker, bahkan mood”, tambah Dokter Marya.
 

Dokter Spesialis Gizi Klinik Marya Haryono

 
Ciri-ciri Pencernaan tidak sehat
 
Ciri ciri pencernaan yang tidak sehat, diantaranya adalah : perut terasa tidak enak, seperti : banyak gas, begah, sembelit, diare. Pencernaan yang tidak sehat juga meningkatkan keinginan untuk terus menerus mengonsumsi gula. Gula membuat jumlah bakteri jahat bertambah dan akibatnya jumlah bakteri baik dapat berkurang.  Selain itu gula juga memiliki sifat Inflamasi (peradangan) termasuk di dalam pencernaan. Inflamasi terjadi ketika jaringan tubuh terinfeksi bakteri, luka, panas, cedera, atau terkena racun. Inflamasi sebagai sistem pertahanan diri ini tidak baik jika berlangsung dalam waktu yang lama (kronik) dan hal ini dapat mengakibatkan kanker.
 
Di luar pencernaan, inflamasi kronik juga misalnya dapat menyebabkan radang sendi dan penyakit kulit, termasuk jerawat, eksim, urat merah terlihat diwajah, bintik merah yang keras. Terlalu banyak gula juga menyebabkan wajah terlihat lebih tua.
 
Pencernaan yang tidak sehat juga dapat terlihat ketika terjadi kenaikan atau penurunan berat badan tanpa adanya perubahan pola makan. Bakteri jahat yang terlalu banyak dalam usus kecil dapat mengakibatkan turunnya berat badan secara tiba-tiba. Sebaliknya, kenaikan berat badan tiba-tiba dapat disebabkan oleh resistensi terhadap insulin dan juga adanya dorongan untuk makan terus menerus karena nutrisi tidak terserap maksimal ke dalam tubuh akibat dari tidak sehatnya system pencernaan.
 
Pencernaan yang tidak sehat juga dapat terlihat dari bentuk kotoran yang dikeluarkan, yang mana kotoran yang baik adalah tidak keras, tidak terpotong-potong atau tidak lembek/cair.
 
Pencernaan yang tidak sehat juga dapat menimbulkan gangguan tidur, insomnia, kelelahan kronis. Ini terjadi karena Hormon Serotonin (hormone untuk mood dan tidur) di produksi dalam pencernaan. Pencernaan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan Alergi terhadap makanan, disebabkan oleh bakteri jahat dalam pencernaan.
 
Hal-hal yang baik dilakukan agar pencernaan sehat
 
Untuk menjaga agar pencernaan selalu sehat, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah menurunkan tingkat stress, melakukan meditasi, berjalan-jalan, melakukan pijat, hang out, menghirup minyak esensial, mengurangi minuman mengandung kafein, bergembira, tertawa, yoga atau memiliki binatang peliharaan.  Selain itu, juga dianjurkan untuk cukup tidur yang berkualitas selama 7-8 jam di malam hari.
 
Dalam kebiasaan makan, dianjurkan untuk mengunyah makanan cukup dan perlahan-lahan untuk mengurangi tekanan pada system pencernaan. Jika makanan dikunyah sebanyak 32 kali dalam mulut maka kerja sistem pencernaan menjadi lebih ringan. Hal ini karena didalam mulut terdapat enzim amilase untuk memecah pati menjadi karbohidart yang lebih sederhana yaitu maltosa.
 
Dengan demikian akan mempercepat sistem pencernaan dalam mengolah karbohidrat dan artinya kita telah mengurangi tekanan dan menjaga sistem pencernaan bekerja tidak terlalu berat. Selain itu, mengunyah 32 kali juga memudahkan nutrisi terserap lebih maksimal karena semakin kecil molekul yang diterima system pencernaan maka semakin mudah enzim memecah dan mengekstrak nutrisi lainnya. Keadaan ini juga memperkecil kemungkinan terbuangnya nutrisi melalui ekskresi. Konon, cara mengunyah makanan ini dapat membuat penderita insomnia dapat tidur lebih cepat dan pulas , pasien dengan keluhan iritasi usus juga bahkan dapat memperbaiki iritasi usus mereka dengan mengunyah makanan secara perlahan dan lama.
 
Untuk menjaga kesehatan pencernaan, dianjurkan untuk minum cukup air, hal ini untuk menjaga keseimbangan flora bakteri baik. Juga sebaiknya mengenal makanan apa yang membuat alergi pada diri sendiri, jika timbul symptoms seperti kram perut, begah, sakit rongga perut, diare, timbul merah pada kulit, maka sebaiknya memeriksa makanan tersebut karena dapat berarti tubuh alergi terhadapnya.
 
Menjaga kesehatan pencernaan, dapat juga dilakukan dengan kebiasaan makan makanan mengandung probiotic atau prebiotic. Probiotic adalah bakteri baik, sedangkan prebiotic adalah makanan untuk bakteri baik tersebut. Secara umum mengurangi konsumsi makanan olahan, makanan tinggi gula dan tinggi lemak, dan sebaiknya konsumsi makanan dari tumbuhan, tinggi protein dan tinggi serat untuk tumbuhnya bakteri baik dalam pencernaan.
 
Makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan:
 
  • Fermented foods seperti Yogurt, kimchi, acar kubis, kombucha, tempe, miso dan kefir adalah sumber probiotics
  • Makanan tinggi serat seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, Oats, pisang, Berries, asparagus. Makanan tinggi serat akan membuat BAB teratur dan pencernaan menjadi sehat, bersih, dapat menyerap nutrisi secara maksimal.
  • Bawang putih dan bawang bombay mengandung anti-cancer and meningkatkan sistem imunitas
  • Makanan kaya Collagen  (protein struktural) untuk jaringan sel seperti sumsum and salmon, jamur, product dari susu, dan daging.
     
 

Ivonne Aryanti, Marketing Director PT Heavenly Nutrition Indonesia

Solusi BAB teratur dengan Produk Heavenly Blush yang lebih rendah gula, tinggi serat dan tinggi protein

 
Melihat pentingnya pencernaan bagi tubuh manusia dan bahkan sering orang mengatakan “Gut is our second brain“, maka PT. Heavenly Nutrition Indonesia mengkhususkan diri untuk membantu konsumen menjaga kesehatan pencernaan. Produk yogurt merek Heavenly Blush telah dikenal masyarakat sebagai satu-satunya produk yogurt dengan penambahan benefit khusus untuk kesehatan pencernaan. Seperti dijelaskan diatas, hasil penelitian menyimpulkan bahwa makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan adalah yang gulanya sedikit atau tanpa gula, yang tinggi serat dan tinggi protein. Maka produk-produk Heavenly Blush juga memiliki ketiga sifat tersebut.
 
“PT Heavenly Nutrition Indonesia (Heavenly Blush) menggunakan kultur bakteri Asam Laktat generasi terbaru dalam membuat yogurt. Hasil fermentasinya tidak begitu asam, sehingga hanya dengan penambahan sedikit gula, yogurt Heavenly Blush sudah bisa dinikmati dengan rasa yang nikmat,” ujar Ivonne Aryanti, Marketing Director PT Heavenly Nutrition Indonesia. 
Tiga varian Tummy Yogurt No Added Sugar

“Bahkan saat ini kami mengeluarkan varian produk Yogurt Drink Tanpa Gula pasir Tinggi Serat pertama dan satu-satunya, yaitu Tummy Yogurt No Added Sugar dengan rasa Guanabana Spinach Star Fruit, Lemon dan Passion Fruit dalam kemasan botol 180 ml” tambah Ivonne Aryanti.
 
Yogurt yang dibuat tanpa penambahan gula ini memiliki serat yang tinggi untuk membuat BAB teratur dan pencernaan sehat. Diproduksi menggunakan bahan alami berkualitas, tanpa menggunakan bahan pengawet , baik untuk dikonsumsi setiap hari bahkan oleh penderita diabetes dan semua yang ingin mengonsumsi yogurt tanpa takut gula.
 
“Kami berharap, dengan diluncurkannya varian Tanpa Gula – Tinggi Serat ini, seluruh konsumen dapat memperoleh kebaikan yogurt Heavenly Blush, mendapatkan manfaat BAB menjadi teratur dan pencernaan sehat, bahkan bagi konsumen yang takut gula atau diabetes”, demikian tambah Ivonne.
 

Heavenly Blush Tummy Yogurt Tinggi Serat dalam cup

 

Selain meluncurkan yogurt drink Tanpa Gula dalam botol, Heavenly Blush Tummy Yogurt Tinggi Serat juga hadir dalam bentuk spoonable yogurt dalam cup warna warni, berisi 2 lapis produk yaitu buah dibagian bawah dan yogurt dibagian atas. Saat akan dikonsumsi, konsumen dapat mengaduk sendiri yogurt dalam cup ini, dan akan terlihat perubahan warna juga sebelum siap disantap.
 
Sebelumnya Heavenly Blush juga telah mengeluarkan varian Tummy Yogurt Drink terdahulu dengan rasa Cranberry Mango Carrot, Blueberry Blackcurrant Red Beet, Raspberry Blackberry Broccoli. Semua tinggi serat untuk membuat BAB teratur dan pencernaan sehat. Heavenly Blush juga memiliki Greek yogurt yang tinggi protein, produk dalan kemasan kotak yang Less Sugar bernama Yoguruto dan produk yogurt anak-anak pertama yang tinggi serat bernama YO!
 

Penyerahan serifikat kepada dr. Marya Haryono

“Untuk menjaga kesehatan pencernaan, mari memilih yogurt dengan kandungan gula yang lebih rendah atau bahkan tanpa gula. Selain Tanpa Gula, produk Heavenly Blush juga tinggi serat dan tinggi protein. Tidak maksimal manfaatnya kita mengonsumsi yogurt jika ternyata gulanya tinggi, perhatikan Nutrition Fact dalam kemasan yogurt yang akan Anda beli,” tambah Ivonne mengakhiri pertemuan pada Rabu 27 November 2019 tersebut.

 

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas