Startup

Menghadirkan 100% Produk Indonesia

Otenta.com, start-up e-commerce yang khusus menghadirkan produk-produk berkualitas buatan Indonesia , resmi diluncurkan


Pada Selasa 15 Agustus 2017, start-up e-commerce Otenta.com diluncurkan sebagai wadah bagi pengusaha lokal untuk berkarya dan memasarkan produk yang lekat dengan keunikan dan budaya Indonesia. Tak hanya peritel ternama, Otenta.com juga menghadirkan produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai kategori mulai dari kecantikan, busana pria dan wanita, barang-barang seni, hingga oleh-oleh khas Indonesia. Mengambil tempat di area perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Otenta mempunya visi yang besar menjadi pemain terdepan dalam bisnis e-commerce tanah air.

Perkembangan bisnis pasar daring yang potensial di Indonesia serta ceruk pasar yang besar untuk produk-produk asli Indonesia telah menginspirasi empat anak bangsa yaitu Anton Liu, Syahmedi Dean, Daria Adiwibowo, dan Stevanus Setiawan, untuk sepakat membidani lahirnya Otenta.com. Data yang diperoleh dari Kementrian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa total transaksi dari industri e-commerce mencapai sekitar Rp200 triliun, namun kontribusi produk lokal baru 5 persen.

“Otenta ingin mengenalkan keragaman produk-produk lokal kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan kesadaran mereka akan produk-produk Indonesia yang berkualitas. Saat ini kami melihat potensi pasar yang besar bagi merek-merek lokal untuk berkembang, termasuk di antaranya produk-produk UMKM. Kami ingin menciptakan tren untuk penyaluran kreatifitas serta menjadi wadah yang cocok bagi wirausaha di Indonesia. Gerakan-gerakan dengan dampak sosial serta aspek sharing economy yang dianut Otenta.com diharapkan dapat memotivasi mitra-mitra Otenta untuk berkarya dan mempermudah pembeli untuk menemukan berbagai produk buatan Indonesia yang berkualitas dalam satu marketplace saja. Otenta diharapkan dapat menjadi platform e-commerce yang terdepan dalam memperluas eksistensi produk Indonesia di negeri sendiri maupun pasar mancanegara,” jelas Anton Liu, Founder Otenta.

Otenta yang secara resmi diluncurkan hari ini telah menggandeng setidaknya 120 merek-merek asli Indonesia dengan kurang lebih 3.000 ragam jenis produk (SKU). Sekitar 60 persen dari produk-produk tersebut berasal dari kemitraan Otenta dengan wirausaha UMKM di Indonesia. Untuk membuktikan kredibilitas Otenta sebagai pemain situs jual beli daring yang hadir di pasar Indonesia, setiap produk yang terpajang di etalase Otenta telah melalui proses kurasi yang dilakukan oleh tenaga ahli di bidang fashion, desain, kuliner, dan interior. Pembeli dapat memilih produk berkualitas dari berbagai kategori dengan mudah dan cepat hanya melalui satu platform e-commerce saja.

Otenta juga telah mendapatkan validasi yang kuat dari berbagai institusi ternama tanah air. Ini terbukti dengan dukungan penuh Bank BTN sebagai salah satu BUMN yang memiliki visi yang serupa dengan Otenta.

Direktur Distribusi & Network Bank BTN (Persero) Tbk., Budi Satria, mengatakan, “Kerjasama Bank BTN dengan Otenta tidak hanya sekadar bisnis semata, namun juga visi bersama untuk menempatkan produk-produk Indonesia yang berkualitas menjadi tuan rumah di negeri sendiri”. Kemitraan Bank BTN dengan marketplace seperti Otenta memberikan manfaat tidak hanya kepada konsumen berbelanja dengan aneka promosi dan diskon dengan Debit BTN online tapi juga apresiasi dan dukungan kepada para pengrajin, pekerja kreatif negeri sendiri.

Kerjasama dengan marketplace menjadi bagian dari strategi Bank BTN dalam progam Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dicanangkan Kementerian BUMN. RKB yang dibangun BUMN menjadi tempat inkubasi UMKM untuk bersaing di kancah internasional.

Selain itu, Otenta juga mendapat dukungan dari perusahaan nasional ternama lainnya seperti PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Sarinah, Sriwijaya Air, dan Sido Muncul. Mitra-mitra Otenta ini memiliki visi yang sama dalam hal pemberdayaan UMKM.

BTPN yang juga telah bermitra dengan Otenta memiliki visi yang sama terutama dalam hal pemberdayaan UMKM. Melalui Daya, program pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan dan terukur, BTPN memberikan kesempatan untuk tumbuh dan hidup yang lebih berarti bagi nasabahnya. Hal itu serupa dengan tujuan Otenta, yaitu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Usaha Kecil dan Menengah untuk berkembang dan memiliki tempat yang cocok untuk menjual hasil karya mereka.

Francis Surjaseputra, sebagai pelaku industri di bidang desain interior menambahkan, “selama ini produk-produk kreatif yang belum mempunyai panggung sehingga susah untuk memperkenalkan produk mereka ke pasar yang tepat. Otenta dapat membantu pebisnis di bidang art, craft, dan design dalam sebuah platform penjualan. Saya berharap dengan hadirnya Otenta, kemitraan antara dunia seni dan dunia bisnis bisa berpadu dengan saling mengisi kekurangan dan saling melengkapi kebutuhan masing-masing.”

Sebagai marketplace yang mengusung aspek sharing economy yang kuat, Otenta berusaha untuk selalu memberikan nilai tambah dengan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada mitra maupun penjual untuk saling berinteraksi. Contohnya, produk-produk UMKM yang dijual di Otenta juga akan diserap menjadi bagian dari merchandise yang dijual di Sriwijaya Air.

Anton menambahkan, “Kami ingin tekankan sekali lagi bahwa Otenta adalah wadah yang cocok untuk memasarkan produk-produk asli Indonesia. Siapa pun bisa menjadi mitra kami, dan jangan pernah ragu untuk mempunyai brand sendiri, karena sekarang proses jual beli menjadi lebih mudah berkat Otenta. Kami sedang dalam proses kerjasama dengan beberapa jasa pengiriman Internasional, dan dalam waktu dekat Otenta akan tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di Google Play dan App Store, sehingga peran Otenta dalam membawa produk-produk Indonesia ke mancanegara dapat segera diwujudkan.”

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas
 

Download