Events

Rampok Plastik di CFD

Gerakan Rampok Plastik kembali Digelar di Car Free Day, Jakarta

DJAKARTA.ID – Memahami pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga bumi dari sampah berlebih seperti sampah plastik sekali pakai, Plaza Indonesia bekerjasama dengan Gerakan Indonesia Diet Plastik (GIDKP) dan label tekstil Sejauh Mata Memandang (SMM) kembali menghadirkan gerakan rampok plastik di kawasan Car Free Day (CFD) pada tanggal 4 Agustus 2019. Aksi ini didukung penuh oleh Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS), Mata Studio dan Pertemanan Sehat.

Rampok Plastik merupakan sebuah aksi meminta kantong plastik sekali pakai yang dibawa pejalan kaki untuk ditukarkan dengan tas guna ramah lingkungan. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat luas akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Aksi ini berlangsung pada pukul 07.00 WIB di area CFD. Pasa peserta berkumpul di di lobi selatan Plaza Indonesia, kemudian menyebar ke arah Bundaran Hotel Indonesia (HI), dan kembali lagi ke titik kumpul. Pada kesempatan ini, terdapat sekitar 1000 tas ramah lingkungan yang ditukarkan dengan kantong plastik sekali pakai. Beberapa tokoh yang terlibat dalam gerakan ini adalah Dian Sastrowardoyo selaku penggagas YDS, Chitra Subyakto sebagai Creative Director dan founder Sejauh Mata Memandang, serta Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Tiza Mafira.

“Indonesia adalah negara penghasil sampah kedua di dunia. Jakarta sendiri menghasilkan lebih dari 7000ton sampah plastik setiap hari. Ini masalah serius dan harus diatasi bersama-sama. Kegiatan Rampok Plastik ini dibuat agar semakin banyak orang sadar dan ikut menjaga bumi dengan mengubah pola komsumsi ke arah ramah lingkungan” ujar Tiza Mafira.

Keikutsertaan label tekstik Sejauh Mata Memandang pada aksi Rampok Plastik ini didasari atas tanggung jawab perusahaan dalam pelestarian lingkungan. SMM sendiri selalu melakukan pemilihan bahan yang ramah lingkungan. Selain aktif di kegiatan semacam Rampok Plastik, SMM juga turut serta pada kegiatan-kegiatan positif lainnya seperti Laut Kita dan sebagainya.

Semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, maka semakin terjaga bumi tempat kita hidup,” ungkat Chitra Subyakto, Creative Director & Founder Sejauh Mata Memandang.

Plaza Indonesia sebagai pusat gaya hidup tentunya juga memiliki tanggung jawab sosial untuk ikut menyebarkan kesadaran penggunaan bahan ramah lingkugan. “Kami senang bisa berkolaborasi dengan SMM dan GIDKP untuk sebuah kegiatan positif demi lingkungan”, kata Zamri Mamat selaku General Manager Marketing Plaza Indonesia.

Aksi Rampok Plastik kali ini menjadi hari penutupan pameran Laut Kita yang digelar oleh Sejauh Mata Memandang di Plaza Indonesia sejak tanggal 22 April hingga 4 Agustus 2019. Ke depannya, gerakan Rampok Plastik akan menjadi agenda rutin yang akan dilakukan setiap bulan. “Kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga bumi dengan memberi contoh nyata. Semoga dengan aksi kecil ini, masyarakat akan tergerak dan mulai sadar akan kerusakan bumi yang disebabkan oleh sampah plastic," tutup Dian Sastrowardoyo menambahkan. (aul@djakarta.id)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas