Global Travel

Sebuah Keindahan Arsitektur, Desain dan Seni

K11 Musea dibuka di Victoria Dockside, Hong Kong

K11 MUSEA, salah satu destinasi seni, budaya dan retail paling mutakhir di jantung Victoria Dockside di Hong Kong, telah membuka pintunya kepada publik. Dibayangkan untuk menjadi “A Muse by the Sea”, K11 MUSEA diprakarsai oleh visionary changemaker Adrian Cheng untuk memperkaya kehidupan sehari-hari para konsumen modern melalui pencerahan kreativitas, budaya dan inovasi. Dari arsitektur dan interiornya sampai ke anchor brands dan konsep berbasis pengalaman yang dikandungnya, K11 MUSEA siap untuk meramaikan suasana dermaga Tsim Sha Tsui dengan gabungan luar biasa dari inspirasi, penemuan dan edutainment.
 
“10 tahun lalu, kami berangkat untuk memulai proyek ambisius demi mentransformasi promenade Tsim Sha Tsui menjadi sebuah area seni dan budaya, dan K11 MUSEA adalah bagian akhir yang paling penting dari puzzle itu,” ujar Adrian Cheng, Founder K11 Group dan Executive Vice-Chairman dari New World Development. “Visi kami adalah untuk menyegarkan daerah ini bersama dengan 100 talenta kreatif yang datang dari berbagai bidang dan budaya, untuk membuat K11 MUSEA menjadi ‘Silicon Valley of Culture’ dan menyuntikkan seni, arsitektur, desain, keberlanjutan dan segala bentuk budaya ke kehidupan sehari-hari para konsumen baru. K11 MUSEU dilahirkan sebagai ruang yang menginspirasi para millennial global, dan memfasilitasi diskusi yang lebih luas tentang keterkaitan antara kreativitas, budaya dan inovasi.”
 
Sebagai cerminan dari dunia masa kini yang lebih majemuk, K11 MUSEA adalah perpanjangan dari konsep maison, tempat di mana berbagai macam gaya, budaya dan koleksi bertemu. Kompleks bangunan setinggi 10 tingkat ini tercipta berkat kehandalan kolaboratif dari lebih dari 100 orang arsitek, seniman dan desainer lokal dan internasional untuk menciptakan landmark retail-budaya baru, dengan 100 desain ruang yang akan mendorong lahirnya kreativitas dalam keseharian. Di antara para kekuatan kreatif di balik K11 MUSEA terdapat firma-firma desain pemenang penghargaan seperti Kohn Pedersen Fox Associates, James Corner Field Operations, OMA yang dipimpin oleh Rem Koolhaas dan David Gianotten, studio lanskap dan desain asal Bangkok PLandscape, studio spesialis desain cahaya asal Inggris Speirs + Major, desainer taman bermain pemenang penghargaan asal Denmark Monstrum dan studio arsitektur Hong Kong LAAB.
 

Memasuki pintu-pintu megah MUSEA Entrance yang menampilkan motif geometris MUSEA yang eksotis, para pengunjung akan tiba di Opera Theatre yang mencolok secara visual, atrium dan jiwa dari kompleks K11 MUSEA dengan kontur mengalir yang terdiri dari panel aluminium hasil cat tangan sepanjang 1,115 kaki persegi yang diciptakan oleh pekerja lokal dan LAAB. Oculus yang spektakuler menggantung dari tengah atrium setinggi 35 meter ini, menyaring cahaya matahari menjadi kilauan bagai bulu halus yang membasuh ruang ini dengan kehangatan yang mengundang. Tertanam di berbagai batang karya seni dalam ruangan ini adalah ratusan spotlight yang didesain dengan cermat oleh Speirs + Major, mengubah atrium menjadi galaksi kreatif yang disinari oleh bintang-bintang yang berdenyut mendebarkan. Bintang paling terang di hati galaksi tersebut adalah The Gold Ball, kamar bulat dengan kisi-kisi bercahaya yang mewakili inspirasi dan kreativitas tanpa batas, dan berfungsi sebagai ruang serba guna untuk pameran dan event budaya. Beberapa langkah dari sana adalah lampu gantung Victoria rancangan Lasvit, diciptakan untuk mereferensikan masa lalu Hong Kong sebagai jalur perdangan dan warisan budaya sebagai pusat transportasi di akhir abad lalu.
 
Melangkah ke area outdoor, amfiteater Sunken Plaza seluas 2,000 kaki persegi dikelilingi oleh fitur cahaya dan air interaktif, menyajikan kepada para pengunjung setting dari level jalanan yang intim untuk kegiatan performing arts, sinema dan live music dari KULTURE 11. Tak seperti kompleks retail lain, K11 MUSEA mengundang penonton dan pengunjung untuk mengagumi detail di dalamnya, memicu rasa penasaran untuk menemukan inspirasi baru di dalam Silicon Valley of Culture.
 
Sejarah tempat ini dan lokasi dermaganya berpengaruh besar terhadap desain interior K11 MUSEA. Di Muse Edition, di mana MoMA Design Store dan brand fashion Off-White terletak, seluruh struktur atap waffle orisinal dari era 1970an telah dipreservasi dan dimodernisasi lebih lanjut oleh Speirs + Major melalui desain lighting penuh inovasi. Desain dari bagian unik ini – dengan lampu-lampu hasil tiupan mulut asli yang menyerupai mercusuar, dan lantainya yang berupa gabungan semen dan cangkang – adalah penghormatan terhadap koneksi kelautan wilayah ini.
 

Sebagai tambahan, keberlanjutan menjadi tema sentral desainnya; membanggakan sertifikasi tingkat atas untuk rancangan green building, dedaunan ekstensif, urban farming di atap untuk pengalaman makan farm-to-table dan lebih dari 50,000 kaki persegi dinding hidup (sama dengan luas permukaan 18 lapangan tenis), K11 MUSEA menetapkan standar baru untuk konservasi urban dan gaya hidup ramah lingkungan di Hong Kong. Terlebih lagi, K11 MUSEA didesain untuk mempromosikan proses belajar positif melalui permainan, seperti perosotan Peacock dan Donut yang dibangun oleh spesialis taman bermain Monstrum asal Denmark.
 
K11 MUSEA akan menjadi platform bagi talenta-talenta artistik ternama dan terbaru dunia dengan koleksi debut yang menampilkan karya-karya dari lebih dari 40 seniman ternama internasional dan Hong Kong. Kurasi dari koleksi ini terinspirasi oleh budaya sebuah kota dermaga, dikoleksi dan dikumpulkan dengan cermat dengan konteks lokasi geografisnya, di bawah arahan founder Adrian Cheng.

Koleksi ini merayakan gaya hidup di Hong Kong yang berpacu cepat dan menarik minat konsumen generasi baru yang menghargai pengalaman retail baru yang terkait dengan budaya, kreativitas dan inovasi. Kompleks setinggi 10 tingkat dan area sekelilingnya diciptakan sebagai ruang seni bagi publik yang memiliki instalasi khusus, berisi rotasi dari karya seni kontemporer dan graffiti. Kurasi ini menekankan konsep-konsep seni dan desain yang tidak kekal; pertukaran ide yang selalu bergulir di sebuah masyarakat multikultural; dan sifat hyper-connected dari sebuah kota global seperti Hong Kong.
 
Seniman yang ditampilkan antara lain; Elmgreen & Dragset (Denmark dan Norwegia); Erwin Wurm (Austria) and Katharina Grosse (Jerman), yang karya-karyanya akan ditampilkan di ruang publik. Sepuluh lantai dari pengalaman imersif seni, budaya dan retail tersebut akan menyimpan karya-karya dari Adrian Wong (AS), Cheng Ran (Tiongkok), dan Zhang Enli (Tiongkok). Tersemat dalam karya-karya tersebut adalah koleksi karya dari urban artists Hong Kong di lantai tiga. Dari sembilan koleksi artis, lima di antaranya merupakan talenta lokal yang termasuk Graphic Airlines, Kristopher Ho, Parent’s Parents, Simple Bao dan Katol@Start From Zero, yang dipajang bersama desain ceria dari seniman Amerika Ron English. Pengunjung bisa menikmati tur seni dengan pemandu atau mendengarkan panduan digital via mobile app khusus ciptaan K11.
 
Destinasi retail-budaya ini juga menjadi rumah dari MoMA Design Store pertama di Tiongkok Raya, dan terbesar di Asia. Untuk pertama kalinya, MoMA Design Store berkolaborasi dengan EDGE Design asal Hong Kong untuk desain tokonya, yang menjunjung warisan budaya dan identitas khas kota ini. Para MoMA Ambassador pun hadir untuk berbagi cerita tentang desain di balik produk, menyediakan pemahaman yang lebih intim tentang apa yang dedefinisikan sebagai ‘desain apik’.
 
Sebuah pameran dari K11 Craft & Guild Foundation, diciptakan oleh Cheng pada 2018, menjaga kelangsungan hidup seni keterampilan Tionghoa yang mulai menghilang. Organisasi non-profit ini mengawetkan seni tradisional Tionghoa dan mempromosikan warisan budayanya dengan mendukung keterampilan yang kini terancam punah. Hasil-hasil karyanya bisa dilihat oleh masyarakat umum dan dibeli untuk pertama kalinya lewat K11 MUSEA atau situsnya bagi pelanggan dari luar negeri.
Sebagai tempat bertemu antara kreativitas dan imajinasi tanpa batas, destinasi retail-budaya K11 MUSEA telah dibuka. Proyek ini, berniat menjadi Silicon Valley of Culture, akan merevitalisasi wilayah Victoria Dockside yang semarak sambil memperkuat ambisinya untuk menjadi daerah khusus seni dan desain baru di Hong Kong.
 
K11 MUSEA diperkuat dan didukung juga oleh destinasi lifestyle lain dari K11: K11 ARTUS, pemukiman mewah terbaik dan penyedia artisanal home pertama di Asia; K11 ATELIER, gedung perkantoran imersif yang berkomitmen mendorong kreativitas para pekerjanya; dan flagship baru Rosewood Hong Kong yang diluncurkan awal tahun ini.
 
Hashtag: #K11MUSEA Facebook and Instagram: @K11MUSEA
 
 

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas