Events SG

Singapore Design Week 2019

Kolaborasi Kelas Dunia Wujudkan Festival Desain Luar Biasa

DJAKARTA.ID – Festival desain terkemuka di Asia, Singapore Design Week (SDW) kembali digelar untuk keenam kalinya pada tanggal 4 – 17 Maret 2019 ini. Berbagai program kolaborasi bersama pelaku industri kreatif serta komunitas seniman Singapura dan internasional telah disiapkan bagi pengunjung.

SDW 2019 diselenggarakan oleh DesignSingapore Council (Dsg), bekerja sama dengan FORTUNE, serta Wallpaper* untuk program Brainstorm Design. Ada juga kolaborasi dengan Singapore Furniture Industries Council (SFIC) untuk SingaPlural. Ajang ini mengeksplorasi lebih mendalam mengenai kompleksitas hubungan antara design, dampaknya, serta evolusinya itu sendiri.

Pameran International Furniture Fair Singapore (IFFS) akan berlangsung di Marina Bay Sands. Sementara itu, Dsg akan terus bemitra dengan Wallpaper* untuk menghadirkan Wallpaper* Handmade Exhibition. Handmade sendiri akan memamerkan karya-karya dari delapan kreator lokal yang ditampilkan di Museum Nasional Singapura. Dsg bersama National Heritage Board juga akan menghidupkan Bras Basah di Kampung Bugis dengan karya seni publik dari berbagai seniman maupun desainer.

SDW 2019 akan menampilkan Street of Clans, yaitu perayaan kreatif yang menyatukan berbagai komunitas tertua dan terbaru di Singapura, persisnya di jantung Bukit Pasoh Road. Acara ini sendiri akan diorganisir oleh studio kreatif lokal, yakni OuterEdit.

Singapore Urban Design Festival (#UDFSG) yang populer akan diselenggarakan oleh LOPELAB. Acara ini kembali hadir untuk edisi keduanya dan membuat gebrakan baru melalui pemanfaatn tempat parkir bertingkat di Jalan Besar. Fungsinya adalah menyoroti ruang yang selama ini kurang dimanfaatkan untuk menyatukan komunitas.

“Singapore Design Week 2019 (SDW 2019) bertujuan untuk mendorong pengunjung mengeksplorasi dan memahami pendekatan desain. Lebih lanjut lagi, bagaimana sebuah desain dapat membawa hasil kreatif yang berdampak positif pada kehidupan mereka,” ujar Mark Wee, Direktur Eksekutif, DesignSingapore Council.

Festival ini diharapkan bisa membantu dalam pembangunan kemampuan industri dan memfasilitasi kolaborasi secara lokal maupun internasional. “Kami berupaya mencapai tujuan menjadi Kota Desain Global,” tambahnya.

Di samping itu, SDW 2019 juga bekerjasama dengan mitra luar negeri untuk menghasilkan program yang lebih kaya. Salah satunya adalah Forum Publik Desain Kota Kreatif UNESCO yang diadakan pertama kalinya. Peserta akan diajak untuk membahas bagaimana sebuah desain yang baik dan bisa memberikan dampak di berbagai aspek kehidupan.

SDW 2019 akan berlangsung di National Design Center and Various Locations, Singapore pada tanggal 4 – 17 Maret 2019. Informasi lebih lanjut, silakan akses ke situs www.designsingapore.org/sdw. (aul@djakarta.id)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas