Apps World

Solusi bagi Masyarakat di Berbagai Situasi

Teknologi DANA yang Ramah, Inklusif dan Adaptif di masa New Normal

Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap semua aspek kehidupan dan menuntut masyarakat untuk mengubah pola aktivitas interaktifnya, dari semula interaksi tatap muka (fisik) menjadi non-fisik (virtual), melalui jaringan online dan aplikasi berbasis internet. Sebagai dompet digital Indonesia, DANA sejak awal dibangun telah dirancang sebagai platform teknologi yang terbuka dan adaptif terhadap berbagai situasi. DANA akan siap menjadi solusi bagi masyarakat untuk menghadapi setiap perubahan dan sahabat yang membantu untuk meningkatkan produktivitas, efesiensi, dan kompetensi. DANA bukan sekadar platform yang memudahkan pembayaran nontunai secara aman. Lebih dari itu, DANA dengan teknologi yang terus dikembangkan ingin ingin memperluas inklusi finansial digital bagi masyarakat Indonesia dengan teknologi yang ramah, inklusif dan adaptif, sehingga menjadi solusi yang memudahkan masyarakat beradaptasi dengan berbagai situasi, termasuk di masa New Normal.

DANA akan terus berupaya mengembangkan teknologi yang tepercaya (trusted), ramah dan mudah digunakan (friendly), serta bisa diakses oleh siapapun (accessible) serta bersinergi dengan mata rantai ekosistem perekonomian digital mulai dari perbankan, dunia usaha (dari UMKM hingga perusahaan besar), dan lembaga-lembaga pemberdayaan perekonomian masyarakat lainnya, guna meningkatkan kontribusi DANA terhadap perekonomian Indonesia.

Beberapa inisiatif dompet digital DANA yang adaptif yang bisa membantu dan menjadi solusi bagi masyarakat di masa pandemi maupun New Normal dan ke depannya antara lain:

Miniprogram DANA Siap Siaga Covid-19

  • Miniprogram Siap Siaga COVID-19 merupakan dedikasi DANA dalam membangun kesadaran masyarakat luas, terutama para penggunanya, untuk senantiasa berjuang melawan pandemi COVID-19.
  • Miniprogram Siap Siaga COVID-19 pertama kali live pada 28 Maret 2020.

Pada kanal khusus untuk miniprogram Siap Siaga COVID-19, DANA menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya untuk peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan, serta melakukan aksi solidaritas dalam bentuk:

  • Mendapatkan akses informasi aktual yang akurat tentang perkembangan penyebaran virus Corona COVID-19 di Indonesia;
  • Mendapatkan akses pemberitaan-pemberitaan terkait COVID-19
  • Tips-tips bermanfaat tentang bertransaksi nontunai digital yang aman dan praktis yang bisa dijadikan panduan selama masa pandemi berlangsung
  • Melakukan dignosis mandiri dan terakses dengan Layanan Hotline COVID-19 (Telp 119, atau Telp (021) 5210-411
  • Mendapatkan informasi rumah sakit terdekat
  • Melakukan donasi dan gotong-royong digital melalui Kitabisa.com yang terakses melalui aplikasi dompet digital DANA
  • Berpartisipasi menggerakkan kembali perekonomian Indonesia dengan membantu program pendataan warung-warung di lingkungan sekitar melalui Gerakan #BelanjaDiWarungTetangga.

DANA Mendukung Gerakan #Belanjadi WarungTetangga

DANA terus mendukung langkah pemerintah untuk menjaga keberlangsungan perekonomian rakyat, khususnya pedagang kecil, di tengah pandemi COVID-19, dengan ikut serta dalam gerakan #BelanjadiWarungTetangga yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM).

Melalui gerakan #BelanjadiWarungTetangga, DANA mengajak masyarakat untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar mereka, sekaligus mendorong masyarakat untuk berbelanja di warung tetangganya untuk mendukung perekonomian rakyat.

Melalui gerakan #BelanjadiWarungTetangga ini, warung-warung akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bantuan tersebut dapat digunakan untuk membeli bahan-bahan pokok dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi mitra pemerintah.

Dukungan DANA dalam gerakan #BelanjadiWarungTetangga tidak hanya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi ikut membantu warung-warung di sekitarnya, tetapi juga mendorong pedagang kecil untuk masuk dalam platform digital ( go digital) sehingga mereka bisa tetap menjalankan usahanya meski dengan mengurangi mobilitas fisik di tengah pandemi.

Dalam miniprogram Siap Siaga COVID-19, tersemat fitur pendataan warung/UMKM yang dapat diakses oleh pengguna dompet digital DANA untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggal mereka.

Daftar warung yang terkumpul langsung diserahkan kepada Kemenkop. Warung-warung yang sudah lolos verifikasi oleh Kemenkop akan mendapatkan voucher belanja di akun dompet digital DANA milik mereka. Mereka akan dapat menggunakan voucher tersebut untuk membeli kebutuhan pokok dari PT Bhanda Graha Reksa melalui aplikasi Mitra Warung Pangan.

Selanjutnya, masyarakat juga bisa membeli kebutuhan pokok atau makanan dari warung secara online lewat aplikasi Warung Pangan yang juga dikembangkan oleh PT Bhanda Graha Reksa, dengan menggunakan DANA sebagai metode pembayaran.

Fitur pendataan warung dan UMKM live dalam miniprogram Siap Siaga COVID-19 pada 7 April 2020.

Jumlah warung dan UMKM yang sudah didaftarkan dalam program #BelanjadiWarungTetangga melalui aplikasi DANA sejak pertama kali live sudah mencapai lebih dari 3.500 warung.

Sebagian besar dari 3.500 warung tersebut merupakan warung kelontong (37,7%) dan warung makan (18,7%). Sisanya merupakan pedagang kecil dengan berbagai jenis usaha lainnya, termasuk kios pedagang sayur di pasar.

Mayoritas atau sebanyak 65,3% warung atau UMKM yang mendaftarkan diri dalam program #BelanjadiWarungTetangga lewat aplikasi DANA berada di luar Jabodetabek. Angka tersebut termasuk dengan warung dan UMKM yang berlokasi di Bandung, Surabaya, Medan, dan Yogyakarta.

Program Donasi #TempatSinggahPejuangMedis

DANA mendukung aksi sosial kemanusiaan #TempatSinggahPejuangMedis yang digagas oleh Habitat for Humanity Indonesia (Habitat) yang bertujuan menyediakan tempat istirahat yang layak bagi para tenaga medis yang berjuang dalam penanggulan COVID-19.

Tenaga medis merupakan profesi dengan tingkat kerentanan sangat tinggi untuk terpapar COVID-19 yang disebabkan tingginya tingkat interaksi mereka dengan pasien. Di tengah penanganan COVID-19, tenaga medis juga memiliki intensitas kerja yang sangat tinggi, serta memerlukan istirahat yang berkualitas. Namun, merujuk kepada protokol penanganan COVID-19, prosedur isolasi mandiri menjadi kendala bagi para tenaga medis untuk bisa beristirahat dengan baik.

Ketersediaan tempat beristirahat yang layak dan memenuhi standar bagi tenaga medis yang bertugas menangani COVID-19 menjadi salah satu isu utama yang harus segera diantisipasi saat ini. Meskipun sejumlah pemerintah daerah telah menyediakan tempat penginapan khusus bagi tenaga medis yang terlibat dalam penanganan COVID-19, jumlahnya masih perlu untuk terus ditingkatkan. Untuk mewujudkannya, butuh dukungan serta partisipasi masyarakat.

DANA berkolaborasi dengan KitaBisa.com dan BenihBaik.com untuk melakukan penggalangan dana (crowdfunding) bagi gerakan kemanusiaan yang digagas Yayasan Habitat ini. Selain dari aplikasi DANA, pengguna DANA juga bisa berdonasi langsung melalui situs web di tautan berikut untuk KitaBisa.com dan tautan berikut untuk BenihBaik.com.

Melalui donasi masyarakat yang terkumpul hingga saat ini, Habitat telah mengakomodasi kebutuhan sekira 30% dari total 600 total tenaga medis yang menjadi target.

Dukung UMKM Lewat Home Shopping

Dukungan DANA terhadap UMKM dan perekonomian agar bisa terus bergulir di tengah pandemi juga terwujud dalam inisiatif Home Shopping. Layanan ini ditujukan untuk membantu para mitra merchant DANA, khsusunya mitra offline, agar dapat tetap beroperasi di tengah pandemi, sekaligus melayani kebutuhan para pengguna DANA yang juga merupakan pelanggan mereka.

Fitur ini menghubungkan pengguna DANA dengan merchant favoritnya melalui layanan pesan instan WhatsApp. Selanjutnya, konsumen dapat langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan DANA QRIS (QR Code Indonesia Standard yang diterbitkan oleh DANA). Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat konsumen.

Saat ini, merchant dan restoran yang bisa memberikan layanan Home Shopping tersebut antara lain, Martha Tilaar Shop, Apotek Senopati, Bengawan Solo Coffee, Burgreens, Le Viet, Dailybox, Genki Sushi, Momoiro, Bariuma Ramen, Steak 21, Roti O, Hong Tang, Kibo Cheese Cake, Kyochon, Krispy Kreme, Mister Donut, dan Gokana. DANA akan terus menambah daftar mitra merchant dalam layanan ini

DANA Telemedicine

Pandemi telah membuat sebagian masyarakat berpikir beberapa kali sebelum pergi ke rumah sakit. Untuk memberikan solusi terhadap kekhawatiran tersebut, DANA telah meluncurkan fitur Telemedicine yang terhubung langsung ke YesDok, aplikasi penyedia layanan telemedika. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan pemeriksaan atau berkonsultasi via video dengan dokter serta memperoleh obat-obat yang diresepkan, kapan saja dan di mana saja.

YesDok juga memberikan konsultasi video GRATIS untuk setiap penggunaan pertama di aplikasi DANA. Konsultasi video ini dapat digunakan untuk berbagai hal: seperti menanyakan penggunaan obat yang baik dan benarinformasi terkini mengenai COVID-19 atau apa saja demi mendukung kenyamanan pengguna DANA dari rumah selama 24 jam.

Layanan telemedika ini menjamin privasi dan kemanan data pengguna. Jika dirasa tidak nyaman, pengguna bisa meminta agar proses konsultasi tidak direkam.

DANA Siaga

Inisiatif terbaru dompet digital DANA yang bisa membantu masyarakat beradaptasi di masa New Normal dan ke depan adalah DANA Siaga. Melalui fitur ini, masyarakat berpenghasilan rendah bisa membeli produk asuransi dengan premi yang terjangkau dengan mudah melalui ponselnya.

Masyarakat berpenghasilan rendah selama ini sangat sulit untuk memiliki produk asuransi karena sejumlah kendala, mulai dari premi yang mahal, akses yang terbatas, persyaratan yang ketat, hingga proses klaim yang panjang. Tantangannya semakin bertambah dengan adanya pandemi yang menuntut masyarakat untuk menghindari interaksi fisik.

DANA Siaga menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan produk asuransi dengan premi terjangkau, proses yang simpel, serta klaim yang lebih cepat yang disediakan platform teknologi asuransi PasarPolis.

Ada dua produk asuransi mikro yang bisa dibeli melalui fitur DANA Siaga. Pertama, asuransi jiwa Term-Life dari Star Investama dengan premi mulai dari Rp8 ribu per bulan hingga Rp40 ribu per 12 bulan dengan biaya pertanggungan hingga Rp10 juta. Kedua, asuransi kesehatan Hospital Cash Plan dari Lippo Insurance dengan premi Rp9.900 per bulan hingga Rp118 ribu per 12 bulan, dengan nilai manfaat rawat inap Rp50 ribu per hari (perawatan tanpa operasi) dan Rp100 ribu per hari (perawatan dengan operasi).

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas