Resto/Cafe/Bar

Starbucks® Community Store Pertama di Indonesia

Starbucks® Hadirkan Community Store Pertama di Tanah Abang, Jakarta Pusat

DJAKARTA.ID – Pada tanggal 20 Februari 2020, Starbucks® merayakan pembukaan gerai Community Store pertama di Indonesia di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tanah Abang merupakan rumah bagi generasi muda dengan akses terhadap pendidikan atau peluang pengembangan karir yang terbatas. Starbucks® bermitra dengan dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat, yaitu Yayasan Komunitas Sahabat Anak dan Indonesian Street Children Organization (ISCO).

“Sejak membuka gerai pertama Starbucks® di Indonesia, kami telah memiliki rencana jangka panjang untuk terus memberikan dampak sosial positif di Indonesia, meningkatkan keterlibatan di tengah masyarakat bersamaan dengan pengembangan bisnis kami,” jelas Anthony Cottan, Direktur PT Sari Coffee Indonesia.

Pembukaan gerai Community Store Tanah Abang, Starbucks® terus membangun hubungan antara partner (karyawan Starbucks®), pelanggan, serta anak-anak muda penerus bangsa. Hal ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memajukan sektor publik dan meningkatkan inisiatif pembangunan di Indonesia.

“Indonesia sudah sejak lama dikenal mewarisi kekayaan alam yang membanggakan berupa kopi dan kami sangat beruntung dapat membagikannya dengan pelanggan di seluruh dunia,” kata Sara Trilling, Senior Vice President and President of Starbucks® Asia Pacific

Sejalan dengan misi global, Starbucks® berkomitmen melestarikan warisannya dalam memperkuat hubungan dan keterlibatan di tengah masyarakat. Pada Januari 2020, Starbucks® mengumumkan perluasan program Community Store-nya di Amerika Serikat. Rencananya brand gerai kopi asal Amerika tersebut akan membuka 100 store sampai dengan tahun 2025 mendatang.

Selain kafe, gerai Community Store Tanah Abang juga menyediakan area khusus yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelatihan dan pengembangan diri anak-anak binaan dua LSM tersebut. Selain itu, hampir semua barista Starbucks® di gerai Community Store berasal dari Tanah Abang langsung sebagai representasi nyata masyarakat sekitar. Gerai ini juga mendonasikan sebagian penjualannya kepada kedua LSM yang bekerjasama. Ada juga pemberian dana beasiswa kepada anak-anak Tanah Abang serta menunjang program belajar-mengajar reguler kedua LSM.

Yayasan Komunitas Sahabat Anak awalnya didirikan dengan tujuan untuk mendorong dan menginspirasi anak jalanan di Jakarta untuk terbebas dari kemiskinan. Berdiri pada tahun 1997, LSM ini mendapat dukungan dari keberadaan gerai Community Store. Anak-anak binaan yang terdiri dari siswa TK sampai SD dapat memiliki tempat untuk kegiatan tambahan sepulang sekolah.

“Keterlibatan Starbucks® dalam beberapa kegiatan kami telah terjalin selama lebih dari 9 tahun. Hadirnya Community Store dan keterlibatan aktif antara partner (karyawan Starbucks®) serta pelanggan Starbucks®, kami percaya hal ini akan menciptakan banyak peluang baru bagi anak-anak di Tanah Abang. Kami sangat bangga dapat membantu mewujudkan masa depan lebih cerah bagi masyarakat setempat, khususnya anak-anak di sini,” ungkap Dian Novita Elfrida, Ketua Yayasan Komunitas Sahabat Anak.

Community Store ini juga akan membantu Indonesian Street Children Organization (ISCO) dengan memberikan beasiswa pendidikan bagi beberapa pelajar anak binaan ISCO pada rentang usia 5 sampai 15 tahun. ISCO sendiri menjalankan program membantu anak-anak jalanan sejak didirikan tahun 1999. Hingga saat ini, ISCO telah mendanai lebih dari 2.000 anak di lebih 30 area binaan.

“Menemukan potensi dari para generasi muda di Indonesia adalah misi yang telah kami jalankan bersama Starbucks® selama lebih dari 5 tahun. Starbucks® telah mendukung kami, sehingga kami sangat senang dapat kembali bekerja sama untuk mewujudkan tujuan mulia, menciptakan lebih banyak dampak positif kepada generasi mendatang,” ujar Josef Fuchs, pendiri ISCO.

Community Store telah menjadi bagian dari masyarakat dan Starbucks® sangat bersemangat untuk melihat kemajuan dan potensi anak-anak di Tanah Abang.  

“Hubungan yang terjalin dengan pelanggan melalui keterlibatan di tengah masyarakat telah menjadi inti dari bisnis yang kami jalankan dan kami sangat menantikan dampak positif yang dapat tercipta, khususnya di tengah masyarakat di Tanah Abang,” tutup Andrea Siahaan, Senior General Manager of Public Relations and Communications, PT Sari Coffee Indonesia. (aul)

 

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas