Resto/Cafe/Bar

Sweet 17 of Achievement

Starbucks Rayakan Pencapaiannya Selama 17 Tahun di Indonesia

DJAKARTA.ID – 17 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 17 Mei 2002, Starbucks hadir di Indonesia dengan gerai pertamanya. Diawali dari Plaza Indonesia, kini kedai kopi asal Amerika tersebut telah menjamur di 25 kota, 402 gerai, dan selalu berupaya membantu masyarakat. Hari Senin (13/05/19), Starbucks merayakan hari ulang tahun ke-17 di gerai Plaza Indonesia dengan tema “We are Community”.

Pada acara tersebut, Starbucks juga mengenalkan kolaborasinya dengan The Special ID, sebuah social enterprise yang menghubungkan kreator difabel kepada peminat karya seni. Firma yang didirikan oleh pengajar Art Therapy Center Widiyatama tersebut meluncurkan serangkain merchandise eksklusif spesial Starbucks Anniversary Series. Mulai dari tumbler hingga tote bag berdesain unik hasil karya anak-anak berkebutuhan khusus.

“Kolaborasi ini menjadi wujud kontribusi Starbucks terhadap masyarakata sekitar. Di samping itu, kami juga telah melakukan berbagai kegiatan positif seperti penyerdiaan air bersih di daerah yang membutuhkan, pemberdayaan generasi muda sebagai wirausaha kreatif, dan masih banyak lagi. Kami berharap kolaborasi ini dapat memotivasi generasi millennials lainnya untuk semangat berkarya,” ungkap Liryawati, Chief Marketing Officer, Starbucks Indonesia.

Sebagian hasil dari penjualan merchandise ini akan diberikan kepada The Special ID. Ada tiga desain unik yang diaplikasian pada tumbler dan tote bag khas Starbucks.

BHINNEKA TUNGGAL IKA (karya Hendra Gunawan): Desainnya terinspirasi dari semboyan bangsa Indonesia di mana Hendra selalu melihat keindahan dalam setiap perbedaan. Tak hanya sekadar gambar wajah semata, namun juga mewakili keanekaragaman di Indonesia.

LET’S TRAVEL (karya Fatur Ridho): Edo menggunakan google maps untuk keliling dunia secara virtual. Ia mengunjungi gedung-gedung tinggi dan berseni di Eropa saat menghabiskan waktu senggangnya. Hobi menggambarnya menghasilkan objek yang imajinatif dan cheerful.

MILO THE CAT (karya Claudia Panca): Claudia merupakan mahasiswi semester 6 jurusan Desain Grafis. Desainnya bercerita mengenai Milo, kucing kesayangannya yang suka tersenyum ketika sedang tidur. Berlatar belakang warna kuring cerah, tumbler dan tote bag Starbucks menjadi lebih ceria.

Firli Heriana selaku founder The Special ID dan pengajar di Art Therapy Center Widiyatama mengungkapkan bahwa kolaborasi bersama Starbucks membuatnya bangga dan terasa begitu spesial. “Starbucks adalah mitra retail pertama kami dan ini adalah awal yang baik bagi anak-anak di Special ID untuk menampilkan karya-karya mereka di seluruh gerai Starbucks di Indonesia."

Starbucks telah menjadi contoh bagi semua orang bahwa kepeduliannya pada anak-anak berkebutuhan khusus bisa memberikan motivasi tersendiri bagi mereka dan para orang tua. “Tak hanya bagi mereka, kami sebagai para pengajar pun lebih optimis dan tentunya ini kabar yang sangat membahagiakan. Terlebih lagi, kolaborasi ini sejalan dnegan Sustainable Development Goals (SDGs) No.8, yakni mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan,” tutup Firli.

Pada kesempatan itu, hadir juga Dr. Anne Nurfarina., M. Sn., Direktur Art Therapy Center Widyatama yang menyampaikan rasa syukurnya atas kolaborasi tersebut. “Sebuah kehormatan dapat kerjasama dengan Starbucks untuk memberdayakan anak-anak berkebutuhan khusus asuhan kami di Art Therapy Center Widyatama. Starbucks adalah perusahaan yang sadar inklusi dan memahami bahwa manusia itu memiliki hak hidup setara satu sama. Kami ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Starbucks. Semoga di ulang tahun ke 17 ini Starbucks semakin jaya.”

Sampai dengan hari ini, sudah ada 4000 sekian partners (karyawan) Starbucks yang berkontribusi dalam 200.000 jam community service melalui lebih dari 100 kegiatan sosial. Starbucks akan selalu menjadi bagian dari masyarakat sekitar di sepanjang perjalanannya di Indonesia.

Starbucks Indonesia juga menghadirkan dua minuman spesial untuk pelanggannya di hari perayaan ulang tahunnya. Dua minuman ini adalah Birthday Cream Frappuccino dan Black Forest Frappuccino Blended Beverage. Keduanya tersedia mulai tanggal 13 Mei -20 Mei 2019. (aul@djakarta.id)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas