Spotlite

3 Changemakers of the Year di TikTok Awards Indonesia 2023

Tiga kreator yang berhasil mendorong perubahan positif di sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan

TikTok telah menggelar TikTok Awards Indonesia 2023 untuk mengapresiasi pencapaian kreator dan komunitas TikTok dalam menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan di dalam platform. Mengusung tema besar #BigOnTheSmallScreen, TikTok ingin merayakan kreativitas para kreator atas unggahan konten inspiratif, menghibur, serta autentik bagi komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia di sepanjang tahun 2023.

Selain menghadirkan enam belas kategori di bawah “Public’s Vote” dan “Judges’ Vote”, TikTok Awards Indonesia juga menghadirkan kategori spesial yaitu “Changemakers of The Year”. Kategori ini menyorot tiga kreator yang berhasil mendorong perubahan positif di sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan demi Indonesia yang lebih baik.

Profil Kreator “Changemakers of The Year” - Sajodo Snack (@sajodosnack)

  • Sajodo Snack didirikan pada tahun 2021 dengan visi menjadi brand makanan untuk meningkatkan nilai lokal dan dengan misi untuk memperkenalkan rempah-rempah serta makanan ringan Indonesia kepada dunia.
  • Firda, seorang pengusaha perempuan, pertama kali menciptakan brand ini dengan mengelolanya sendiri. Namun, setelah bergabung dengan TikTok, penjualan dan operasional Sajodo Snack melonjak. Kini, tim mereka terdiri dari 140 staf dan berkolaborasi dengan dua desa kecil di Indonesia, melibatkan lebih dari 200 orang dalam tim produksi Sajodo Snack.
  • Sajodo Snack meraih prestasi cemerlang, termasuk juara pertama dalam Kategori Bisnis Proposal Nasional Bea dan Cukai Nasional oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, mendapatkan juara dalam Rencana Bisnis Terbaik oleh Kementerian Pendidikan Indonesia, juara kedua dalam Wirausaha Muda Syariah Priangan Timur dari Bank Indonesia. Mereka juga berhasil menjadi juara pertama dalam kompetisi nasional The Best of Creative Innovative Marketing Tingkat Nasional, yang diselenggarakan oleh Duta UPI Bandung.
  • Tidak hanya itu, Sajodo Snack berhasil membangun tiga gudang baru setelah mengalami pertumbuhan penjalan di TikTok. Langkah ini mendorong mereka untuk terus berkembang dan memberikan dampak positif dalam segi ekonomi dan sosial, menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan. Yang tak kalah mengesankan, Sajodo Snack juga berhasil membawa cita rasa jajanan lokal Indonesia ke kancah internasional.

Profil Kreator “Changemakers of The Year” - Wike Afrilia (@_wike.afrilia_)

  • Wike adalah seorang bidan asal Sulawesi yang mendapat penempatan dinas ke Papua. Di sana, ia tidak hanya menjalani rutinitasnya sebagai bidan, tetapi juga berbagi momen berupa konten sehari-hari dan menyediakan kebutuhan dasar (sembako) bagi warga setempat.
  • Melalui kontennya, Wike berhasil menggugah kesadaran tentang kondisi yang terkadang terlupakan di Pedalaman Papua. Di tengah minimnya infrastruktur dan fasilitas, ia menjalankan tindakan sederhana namun berdampak besar.
  • Wike selalu bersedia membantu masyarakat setempat, dan melalui kontennya, ia berbagi wawasan tentang cara memberikan dukungan dalam bidang pengobatan, pendidikan, hiburan, bahkan masalah ekonomi.
  • Berkat langkah positif yang Wike lakukan, ia dicintai oleh komunitasnya di daerah tersebut dan tahun ini dinobatkan menjadi salah satu pemenang kategori spesial, “Changemakers of The Year” di TikTok Awards Indonesia 2023.

Profil Kreator "Changemakers of The Year" - Pandawara Group (@pandawaragroup)

  • Pandawara Group merupakan sekelompok anak muda asal Bandung, Jawa Barat, yang terdiri dari Gilang, Rifqi, Agung, Ikhsan, dan Rafly. Mengambil nama dari Pandawa bersaudara dalam kisah Mahabharata, kelompok ini mendorong komunitas TikTok untuk berkolaborasi dalam menjaga lingkungan melalui konten mereka.
  • Pandawara Group memulai perjalanan mereka di TikTok pada pertengahan tahun 2022, dan video-video mereka mendapat respon yang sangat positif dari komunitas TikTok dalam waktu singkat. Konsistensi mereka terbukti menginspirasi, dengan pertumbuhan jumlah pengikut mereka yang terus meningkat dan menyatakan ketertarikannya untuk menjadi sukarelawan serta bergabung dengan Pandawara Group dalam kegiatan membersihkan sungai.
  • Melalui konten mereka juga, Pandawara Group berhasil mendorong para pengikutnya untuk menerapkan gaya hidup bersih dan berkelanjutan dengan mengelola sampah secara bertanggung jawab dan menjaga kebersihan lingkungan mereka.
  • Di samping itu, mereka sukses membangun kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan pada masyarakat lewat aksi membersihkan sampah yang telah dilakukan di 187 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Pandawara Group berhasil membersihkan sebanyak 620 ton sampah.
  • Pandawara Group telah meraih banyak prestasi, termasuk pada tahun 2022, mereka diakui sebagai salah satu TikTok Local Heroes dalam "Year on TikTok 2022". Pada tahun 2023, mereka meraih kesuksesan lebih lanjut di TikTok Awards Indonesia 2023, dengan memenangkan tiga kategori: "Rising Star of the Year", "Creator of The Year", dan kategori khusus, "Changemakers of the Year".

Tentang Perjalanan Pandawara Group ke Denmark

Pada bulan November ini, Pandawara Group diundang langsung oleh Kedutaan Besar Indonesia di Denmark untuk belajar tentang pengelolaan limbah dari program Circular Economy and Solid Waste Management. Selama kunjungan ini, Pandawara berkesempatan untuk mengunjungi berbagai fasilitas pengelolaan limbah di Denmark. Agenda Pandawara di sana akan mencakup kunjungan ke beberapa tempat daur ulang sampah dan tempat pembuangan akhir. Selain itu, mereka akan belajar tentang proses daur ulang sampah rumah tangga dan bagaimana masyarakat setempat mengelola sampah.