Bali Happenings

Adi Manungsa

Sebuah Panggung Spektakuler The Apurva Kempinski Bali Bersama Fashion Designer Era Soekamto

SEBUAH panggung menakjubkan kembali hadir di The Apurva Kempinski Bali. Pagelaran bertajuk ‘Adi Manungsa’ itu ditampilkan pada hari Jumat, 25 Juli 2022, dan merupakan hasil kolaborasi antara resort bintang lima tersebut dengan perancang busana Era Soekamto. Panggung ini merupakan bagian dari kampanye Unity in Diversity dari resor bintang lima tersebut - sebuah gerakan yang mengangkat menyoroti budaya dan warisan 7 pulau besar di Indonesia. Sepanjang tahun 2022, aspek budaya seperti kearifan holistik, keragaman kuliner, permainan tradisional dan kerajinan tangan dari masing-masing daerah dikemas dalam rangkaian pengalaman tamu.

Era Soekamto merupakan sosok yang begitu dikenal di tanah air. Hasil karyanya yang menjunjung tinggi warisan seni batik dan kebaya, menjadi ciri khas dari koleksi busana Era Soekamto. Seorang konsultan Nusantara Wisdom dan perancang busana yang telah menggeluti berbagai kompetisi, Era Soekamto turut melestarikan budaya Jawa, yang telah diwariskan secara turun menurun. Selain menampilkan berbagai busana yang terinspirasi dari pakaian tradisional jawa dan mengangkat seni batik, acara tersebut juga menampilkan penampilan tarian dari Institut Seni Indonesia Bali. Rama Soeprapto sebagai Show Director menggabungkan penampilan tari dan musik gamelan tradisional, untuk menonjolkan budaya Jawa yang lebih kental selama peragaan busana tersebut. Selain itu, sebuah video yang menggambarkan tema Adi Manungsa yang diarahkan oleh director Ivan Handoyo juga diputar untuk pertama kalinya.

“Melalui kampanye Unity in Diversity, The Apurva Kempinski Bali memberikan platform bagi para seniman untuk mempertunjukan karya seni dari berbagai daerah.” Ujar Vincent Guironnet, General Manager dar The Apurva Kempinski Bali. “Era Soekamto telah mempertunjukan sebuah penampilan yang luar biasa, dan kami harap kolaborasi ini dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat.”

“Batik merupakan peninggalan kebudayaan asli Indonesia sarat dengan makna serta kebijaksanaan. Adi Manungsa adalah bukti konsistensi saya untuk terus berkarya serta mengeksplorasi batik sehingga dapat membagikan nilai kebijaksanaan yang terkandung di dalamnya untuk menjadikannya cerminan bagi setiap orang,” Era Soekamto menjelaskan.