Events

Akuisisi Kolaboratif Terintegrasi

Threego Indonesia Group Fokus Akselerasi Pertumbuhan Industri Kreatif Tanah Air

DJAKARTA.ID – Awal tahun 2023 merupakan tahun kembali bersinarnya industri penyelenggara kegiatan atau event sebagai salah satu penggerak industri perekonomian kreatif. Akuisisi kolaboratif terintegrasi menjadi strategi utama untuk memaksimalkan akselerasi pertumbuhan bisnis dan penyerapan tenaga kerja kreatif yang merata. Threego Indonesia Group, grup perusahaan yang bergerak pada industri event dan komunikasi kreatif, memiliki fokus untuk melakukan percepatan pertumbuhan jumlah penyelenggaraan berbagai jenis kegiatan secara masif dan berkualitas. Hal ini akan dicapai melalui model bisnis terintegrasi yang mengutamakan konsep kolaborasi kreatif antar unit bisnis di bawah naungan Threego Indonesia Group.

Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang diharapkan mampu menjadi pilar perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Saat ini, pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia menunjukkan tren positif, sehingga perkembangan sektor ini menjadi salah satu fokus pemerintah.

Industri events dan komunikasi kreatif di Indonesia menyimpan potensi yang sangat besar dan perlu dimaksimalkan lebih baik lagi. “Melalui lebih dari 120 unit bisnis yang terintegrasi di dalam Threego Indonesia Group, kami memiliki target untuk dapat berakselerasi meningkatkan potensi industri kreatif hingga tiga kali lipat, serta mencapai target pendapatan hingga sebesar Rp 1 Triliun (satu triliun rupiah) tahun ini,” ujar Miftakul Arif, Founder & CEO Threego Indonesia Group.

Threego Indonesia Group optimis bahwa target tersebut akan tercapai melalui pemaksimalan konektifitas dan integrasi seluruh bisnis unit. Tentunya perlu mengedepankan mengedepankan output kreatifitas yang maksimal di dalam ekosistem grup itu sendiri.

Kapabilitas Threego Indonesia Group semakin kuat dengan berbagai keunikan serta kekuatan seluruh unit dan luasnya jaringan bisnis yang tersebar di seluruh nusantara. Threego Indonesia Group mampu memberikan strategi komunikasi dan penyelenggaraan kegiatan, di mana tidak hanya berdampak positif bagi sektor swasta, namun juga industri ekonomi kreatif tanah air.

Dukungan pun datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Melalui Ir. Rizki Handayani Mustafa, MBTM selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelanggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. “Di sini kita bisa liat ekosistem events yang luar biasa khususnya kaitannya dengan kreatif, target penyerapan tenaga kerja, dan target impact secara evaluasi maupun ekonomi yang dibutuhkan oleh kita semua.”

Di tengah maraknya badai PHK yang terjadi pada beberapa sektor industri saat ini, Threego Indonesia Group berupaya untuk menyerap talenta kreatif sebanyak kurang lebih 3.000 (tiga ribu) tenaga kerja melalui jaringan terintegrasi yang tersebar di 30 kota di seluruh Indonesia. Threego Indonesia Group juga berkomitmen untuk mendampingi pemerintah dan asosiasi terkait untuk dapat berkontribusi memajukan industri kreatif tanah air melalui standarisasi kompetensi bisnis bagi para pelaku didalamnya.

“Kemenparekraf membuat dua direktorat daerah, nasional dan internasional. Salah satunya untuk melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah dan para pelaku event daerah. Industri ini mempunyai potensi yang sangat luar biasa dan DNA orang Indonesia adalah kreatifitas,” ujar Ir. Rizki Handayani Mustafa menambahkan.

Berdiri sejak tahun 2018, Threego Indonesia Group memiliki fokus utama yaitu pengembangan keahlian, menjawab kebutuhan pasar, dan menciptakan permodalan yang tepat sasaran. Pengembangan keahlian sumber daya masyarakat Indonesia di bidang kreatif menjadi pintu masuk bagi Threego Indonesia Group berinovasi menghadirkan rangkaian kegiatan yang bermakna bagi pelaku bisnis dan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. 

Threego Indonesia Group memiliki struktur jaringan perusahaan yang menjawab semua kebutuhan industri event dan komunikasi kreatif, antara lain, konsultan komunikasi kreatif, penyelenggara event dan festival, promotor musik, penyelenggara sportstainment, kerja sama pengelolaan venue, wedding organizer, hingga merchandise dan clothing line, serta layanan lain terkait pelaksanaan event. (aul)