Softex Ajak Perempuan Indonesia Lawan Stigma Menstruasi
DJAKARTA.ID – Pada Hari Perempuan Internasional 2023, Softex merilis film pendek berjudul Ana & The Red Wings sebagai aspirasi kepada remaja putri Indonesia untuk bisa menerima momen menstruasi pertama dengan lebih siap dan percaya diri. Peluncurkan film pendek tersebut menjadi upaya Softex dalam mematahkan stigma negatif seputar pengalaman menstruasi serta mewujudkan kesadaran publik terhadap pentingnya akses kesehatan dan kebersihan di Indonesia Timur.
Perilisan Ana & The red Wings juga dibarengi dengan pameran karya yang menggandeng 2 seniman lokal, Ika Vantiani dan Rachel Ajeng dalam menginterpretasikan simbol red wings (sayap merah). Pameran ini berlokasi di Gedung Sarinah, Jakarta pada tanggal 10 – 12 Maret 2023 kemarin.
Simbolisasi red wings sendiri melambangkan tanda kedewasaan remaja putri dan harus diterima dengan percaya diri maupun persiapan lebih dini. Softex kembali bekerjasama dengan UNICEF Indonesia mengajak perempuan-perempuan di seluruh Indonesia untuk lebih siap ketika mengalami momen menstruasi pertamanya.
“Sebelumnya, program ini telah membawa dampak positif bagi remaja putri di daerah Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Kami berharap kemitraan dengan UNICEF Indonesia ini dapat membangun kesadaran masyarakat tentang masalah seputar Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) serta meningkatkan kesejahteraan remaja di wilayah Indonesia Timur. Inisiatif ini juga merupakan dukungan nyata kami terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB 2030,” ungkap Kadir Gunduz, Presiden Direktur, PT Softex Indonesia.
Data dari Profil Sanitasi Sekolah 2022, 52% sekolah di Indonesia memiliki fasilitas toilet perempuan dan akses kebersihan menstruasi yang kurang layak. Untuk mengatasi isu tersebut, Softex melalui Kimberly-Clark Foundation memberikan bantuan sebesar 15 miliar rupiah kepada UNICEF Indonesia dalam program penyediaan akses fasilitas air bersih, sanitasi, dan kebersihan yang mempertimbangkan aspek kesetaraan gender serta inklusi sosial.
Hai ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup remaja putri di Indonesia melalui promosi dan edukasi tentang kesehatan maupun kebersihan menstruasi. Kerja sama ini akan berjalan hingga tahun 2024, di mana Softex mendukung UNICEF Indonesia membantu 10.000 remaja putri di Indonesia Timur mengelola menstruasi mereka dengan aman dan higienis serta membantu 80.000 orang, terutama remaja putri, di Indonesia Timur untuk hidup dalam lingkungan yang bersih dan higienis.
“Kurangnya pemahaman tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi dapat mengganggu kinerja remaja putri di sekolah, dan seringkali menjadi penyebab stres dan rasa malu yang tidak perlu. Dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pengetahuan yang benar tentang menstruasi penting bagi remaja putri – dan juga laki-laki. Softex merupakan salah satu mitra setia UNICEF Indonesia yang turut berkontribusi dalam mengatasi krisis menstruasi di tengah masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hidup remaja putri di wilayah timur Indonesia,” ujar Gregor Henneka selaku Direktur Penggalangan Dana dan Kemitraan, UNICEF Indonesia.
Melalui film pendek Ana & The Red Wings, kita mendapat gambaran bahwa 1 dari 7 remaja putri di Indonesia Timur memutuskan untuk tidak berangkat sekolah pada saat menstruasi pertamanya. Hal ini terjadi karena kurangnya edukasi dan fasilitas kebersihan di sana. Shanna Shannon (penyanyi dan founder Yayasan Shanna Shannon Indonesia Banget) merasa prihatin ketika mendengar riset seputar momen menstruasi di Indonesia Timur.
“Data tersebut membuat aku semakin tergerak untuk memberikan edukasi kepada remaja putri di beberapa sekolah di Indonesia bagian timur. Aku kagum dengan program yang dilakukan Softex dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan menstruasi di tengah masyarakat, baik melalui program CSR-nya bersama UNICEF maupun film pendek dan pameran karya ini,” tambah Shannon.
Softex telah mendukung UNICEF Indonesia sejak tahun 2019 melalui kampanye sosial #DariSaudari yang telah berkontribusi menjangkau 44.000 remaja putri dan 1.327 sekolah di Indonesia Timur. Softex berhasil mengomunikasikan perilaku hidup bersih dan praktik manajemen kebersihan menstruasi di Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. Jangka waktu kemitraan hingga 2024 ini diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi remaja putri di daerah lain di Indonesia bagian timur. (aul)
Posting komentar