Food & Beverage

Barista Idol’s Mempersembahkan Kreasi Minuman Spesial

Nikmati Minuman Handcrafted Starbucks Terbaru di Hari Kopi Internasional

Pada peringatan Hari Kopi Internasional setiap 1 Oktober, tahun ini Starbucks di Indonesia menyelenggarakan sebuah kompetisi internal berskala nasional, Barista Idol’s, yang menjadi ajang bagi para barista untuk mempersembahkan kreasi minuman spesial kepada para pencinta Starbucks. Serangkaian tahap seleksi yang ketat telah berlangsung sejak Agustus hingga akhirnya menghasilkan empat minuman yang menempati posisi empat teratas. Di Indonesia, pencapaian posisi Starbucks sebagai pemimpin di industri kopi tak luput dari kinerja para barista yang inovatif dan terampil. Pada kesempatan ini, keempat barista yang terpilih memiliki kesempatan untuk berbagi semangat dan kreativitas kepada para pelanggan melalui racikan dan kreasi minuman berbahan dasar kopi, mulai dari kategori Hot Espresso Beverage, Iced Espresso Beverage, serta Coffee Frappuccino® Blended Beverage.

“Peringatan Hari Kopi Internasional tahun ini kami rayakan dengan memperkenalkan empat kreasi minuman terbaru yang semakin memperkaya Starbucks Experience Anda. Di Starbucks, kami meyakini kekuatan dan kemampuan para partner (karyawan Starbucks) yang menjadikan mereka sebagai sumber inspirasi di balik berbagai projek, acara, dan bahkan inovasi minuman yang kami sajikan. Sebagai wujud implementasi misi kami untuk selalu memupuk dan menginspirasi semangat kemanusiaan dari satu orang, satu cangkir dan satu lingkungan pada waktu yang bersamaan (to inspire and nurture the human spirit – one person, one cup and one neighborhood at a time), kami membina dan melibatkan semua partner (karyawan) pada penyelenggaraan Barista Idol’s, baik partner (karyawan) dari tingkat gerai maupun support center (kantor pusat), hingga dapat berjalan dengan baik,” jelas Liryawati, chief marketing officer PT Sari Coffee Indonesia.

Liryawati melanjutkan, “Kami menyadari bahwa kerja keras dan kebanggaan yang terdapat di setiap minuman Starbucks diawali dari barista yang mencurahkan hati dan semangatnya ke dalam minuman yang dibuat, sehingga membuatnya lebih dari sekadar minuman. Pada tahap seleksi, para barista kami memiliki kesempatan untuk memanfaatkan dan mengeksplorasi bahan-bahan yang sudah ada di gerai untuk mengkreasikan minuman berbahan dasar kopi sesuai kreativitas mereka. Apresiasi tertinggi kami berikan tidak hanya kepada para barista terpilih, tetapi juga kepada semua partner (karyawan) yang telah mengontribusikan waktu dan semangat mereka untuk mendukung kesuksesan projek ini.”

Meski para partner (karyawan) harus mengikuti sejumlah penyesuaian di tengah keterbatasan situasi saat ini, mereka berhasil menjadikan kompetisi Barista Idol’s sebagai salah satu cara untuk tetap terhubung dengan para pelanggan serta satu sama lain. Dimulai sejak Agustus lalu, kompetisi Barista Idol’s telah menerima sebanyak 138 kiriman kreasi minuman dari 46 barista Starbucks yang tersebar di seluruh Indonesia. Inilah empat kreasi dengan penilaian teratas yang dihasilkan: Royal Salted Caramel Coffee Frappuccino® oleh Komang Agustana (Starbucks Level 21 Bali), Earl Grey Coffee Frappuccino® oleh Chloe Carissa Putri S. (Starbucks Drive-Thru Kota Wisata), Iced Biscotti Latte oleh I Made Arya Danur Dhara (Starbucks Reserve Dewata Bali), dan Hot Choco Nutty Berry Latte oleh Mohammad Fajar (Starbucks Reserve Plaza Indonesia).

“Kami berharap kreasi terbaru para partner (karyawan) akan semakin meningkatkan Starbucks Experience Anda, terutama di masa-masa saat ini. Keempat minuman akan tersedia di seluruh gerai Starbucks di Indonesia, layanan take-away serta delivery, mulai 1-31 Oktober 2020. Kami mengajak Anda semua untuk mendukung barista favorit Anda, mencoba keempat minuman yang telah mereka siapkan dengan sangat terampil, dan ikutlah berpartisipasi dalam perayaan ini dengan melakukan posting foto #BaristaIdols di Instagram untuk memilih kreasi favorit Anda dengan tagar #RoyalSaltedCaramelCoffee, #EarlGreyCoffeeFrappuccino, #IcedBiscottiLatte atau #HotChocoNuttyBerryLatte,” tutup Liryawati.

Untuk semakin menambah semangat di Hari Kopi Internasional, para anggota Starbucks Rewards dapat menikmati tambahan 25 bintang untuk setiap pembelian minuman Barista Idol’s, serta mendapatkan reward setelah empat kali membeli minuman Barista Idol’s, selama 1-11 Oktober 2020.