Takara Standard Lakukan Eksplorasi Pasar Indonesia
DJAKARTA.ID – Produsen peralatan rumah tangga asal Jepang, Takara Standard turut hadir di pameran Indo Build Tech Expo selama 5 hari di ICE BSD, Kabupaten Tangerang. Merek yang sudah berumur 112 tahun beroperasi ini sangat identik dengan produk built-in pada kitchen set dan kamar mandi. Takara Standard melihat Indonesia sebagai salah satu potential market terhadap produk-produk berlapis enamel dengan kualitas tinggi. Upaya ini dilakukan sebagai langkah strategisnya untuk meningkatkan penjualan luar negeri hingga 10 miliar JPY (yen) pada tahun fiskal 2030.
Keikutsertaan Takara Standard di pameran bahan bangunan, konstruksi, dan interior terbesar di Indonesia ini bertujuan mengenalkan produk unggulan perusahaan yang didirikan sejak 1912 silam, yakni HORO. Sebuah bahan yang menggabungkan kekuatan besi dengan kaca, di mana produk HORO dari Takara Standard menampilkan kekuatan besi, memberikan ketahanan terhadap benturan, serta berlapiskan kaca yang berfungsi sebagai penghalang terhadap kotoran dan kelembapan. Ketahanan permukaan enamel membuatnya berbeda dari pot enamel biasa atau bahan lainnya
“Takara Standard telah melakukan ekspansi internasional secara besar-besaran sejak tahun 2015. Kami bahkan mencapai pertumbuhan penjualan stabil terutama di Asia Tenggara dan didukung oleh produk kami, enamel high-end HORO yang cocok untuk iklim lokal panas dan lembab. Indonesia adalah pasar potensial yang terbaru dari Takara Standard karena pertumbuhan ekonominya luar biasa. Khususnya bagi kalangan high-end yang antusias terhadap real estate dan kebutuhan terhadap perlengkapan dapur berkualitas. Selain itu kami juga melihat populasi penduduk Indonesia yang diperkirakan akan terus bertumbuh hingga tahun 2050,” ujar Toichi Ishiyama selaku General Manager Overseas Business Strategy Office Takara Standard.
Bagi pasar Indonesia, Takara Standard akan memasukkan produk dapur built-in HORO berlapis enamel dan bahan interior HORO. Hal ini dilakukan sekaligus mencari perusahaan lokal yang dapat menjadi mitra untuk proses ekspansi di masa depan. Sebelumnya, pada bulan Desember 2023, Takara Standard juga berpartisipasi pada pameran di India. Takara Standart menerima ratusan pengunjung yang memberikan pujian tinggi terhadap produk enamel mereka. Kini, pangsa pasar India sedang dalam proses pemilihan perusahaan mitra untuk peluncuran produk dalam waktu dekat.
Dapur built-in HORO memiliki fitur tambahan seperti mudah dibersihkan, tahan terhadap api, memiliki daya tahan yang kuat, dan lainnya. Hal ini sangat menjawab permasalahan dapur masyarakat Indonesia yang menghadapi tumpahan minyak, cipratan bumbu, bahkan coretan-coretan sang buah hati. Berkat lapisan enamel HORO, berbagai macam kotoran di dinding maupun meja dapur dapat dihilangkan dengan setetes air saja, sehingga membuat dapur menjadi mudah dibersihkan.
Selain itu, bahan dasar dari produk enamel HORO adalah besi, sehingga bisa mengeliminasi kekhawatiran terhadap serangan rayap. Bahkan dalam iklim tropis yang panas dan lembap, dapur Takara Standard akan tahan terhadap kelembapan, sehingga memberikan daya tahan bertahun-tahun dengan penanganan yang baik.
Fitur lain dari lapisan enamel ini adalah desain permukaannya menggunakan teknologi “HORO Enamel Inkjet Printing”, satu-satunya di dunia yang dikembangkan pada tahun 2015. Teknologi ini memungkinkan Takara Standard dalam menawarkan dapur built-in dengan pola serat kayu, pola serat batu, dan desain gaya keramik yang pasti memenuhi kebutuhan beragam pelanggan di pasar Indonesia.
Produk HORO khususnya dapur built-in HORO merupakan fokus utama dari Takara Standard dalam ekspansinya di Indonesia. Selain itu, Takara Standard akan memperkuat penjualan di negara-negara yang sudah ada dan membangun fondasi bisnis melalui strategi pemasaran maupun branding yang dipimpin oleh Global Business Headquarters, di mana baru didirikan pada bulan April tahun ini.
“Saat ini, bisnis luar negeri Takara Standard mencatat penjualan sekitar 1,2miliar yen dengan fokus utama di Taiwan, Vietnam, dan Cina. Supaya mencapai visi jangka panjangnya, kami menetapkan target ambisius hingga mencapai penjualan sebesar 10 miliar yen pada tahun fiskal 2030. Target ini akan dicapai dengan memperluas operasi ke lima wilayah, termasuk tambahan pasar baru di India dan Indonesia. Kami yakin dengan inisiatif ini dapat mencapai pertumbuhan yang signifikan dan memperkuat posisi Takara Standart sebagai pemimpin industri di pasar internasional,” pungkas Ishiyama. (aul)
Posting komentar