Digital World

Embracing the Future of Indonesia’s Digital Transformation with Merkle

Merkle Melengkapi Integrated Solution Dentsu Indonesia melalui Layanan CXM

Pandemi Covid-19 datang ke dunia tanpa ada orang, bangsa, atau negara yang siap dengan kehadirannya. Seperti cerita film Hollywood berjudul "Contagion" yang dirilis pada tahun 2011, namun malah lebih dahsyat dalam dunia nyatanya di tahun 2020. Kini pandemi sudah berlangsung lebih dari 1,5 tahun, dan kapan “happy-ending”-nya masih belum bisa dipastikan.

Virus Covid-19 ini sepertinya tidak akan hilang begitu saja, dan manusia di seluruh dunia harus beradaptasi, dan salah satu adaptasi yang sudah terjadi adalah dalam perilaku konsumen. Pandemi Covid-19 telah menjadi katalisator transformasi digital secara global, dan ini juga berlaku di Indonesia. Menurut laporan konsumen Indonesia oleh Dentsu Insights, konsumsi online meningkat 70 persen dalam waktu 60 hari setelah pandemi melanda Indonesia. 85 persen konsumen juga melaporkan perubahan dalam kehidupan sehari-hari yang datang dengan pembatasan kehidupan dalam penerapan PSBB dan PPKM. 

Sebelum pandemi pun, Indonesia adalah negara dengan digital ekonomi internet terbesar dan tumbuh paling cepat di kawasan Asia Tenggara, dan perkembangannya akan terjadi secara eksponential dengan perkiraan tumbuh 8x pada tahun 2030. Indonesia memiliki lebih dari 270 juta penduduk dengan sebaran di 16000 lebih pulau. Jika sebelum pandemi, medium yang bisa menjangkau sebaran seluas ini adalah TV, namun kini sudah terjadi perubahan dengan dua medium yang dominan, yaitu TV dan digital. 

Berlatar belakang perkembangan high growth ini, Dentsu International Indonesia, salah satu jaringan periklanan terbesar di Indonesia, mengumumkan peluncuran Merkle. Merkle merupakan perusahaan Customer Experience Management (CXM) berbasis data terkemuka yang mendorong strategi pemasaran people-based dan membantu mereka dalam menciptakan keunggulan kompetitif lewat hyper-personalized experience di seluruh platform dan perangkat.

Indonesia menjadi salah satu dari hanya 3 negara di kawasan Asia Pacific yang saat ini boleh menghadirkan layanan CXM melalui Merkle. Dengan kehadiran Merkle, Dentsu Indonesia meluncurkan layanan CXM ke penawaran bisnisnya bersama dengan Creative dan Media, untuk menciptakan solusi terintegrasi kelas dunia ke dalam tiga lini layanan dengan berbagai merek agensi.

Merkle akan bergerak bersama 30 ahli, termasuk data scientist, engineer, developer dan konsultan, yang dibangun untuk memberikan sentuhan baru dalam customer journey di Indonesia, serta memperkuat customer experience melalui konsultasi CX, transformasi digital, dan transformasi data.

Merkle secara global sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dan melayani di 30 negara di dunia dengan karyawan lebih dari 12000 orang dan client dari berbagai sektor, termasuk otomotif, media, travel, ritel, high-tech, banking, insurance, telkom, dan edukasi.

“Merkle sudah melayani Customer Experience dari tahun 80’an dan terus berkembang sesuai kebutuhan pasar dan client, mulai Merkle 1.0 dengan fokus pada Data Processing, hingga Merkle 5.0 mulai tahun 2020 dengan fokus pada Customer Experience,” ungkap Rachel Ooi, Chief Growth Officer, Dentsu CXM APAC dalam acara virtual conference Dentsu Indonesia bersama media yang digelar pada tanggal 25 Agustus 2021.

Maya Watono, Country CEO Dentsu Indonesia, dalam kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa  saat ini adalah momen yang tepat untuk meluncurkan Merkle di Indonesia. Customer Experience (CX) telah menjadi komponen bisnis yang penting di Indonesia. Menurutnya, banyak perusahaan Indonesia di berbagai industri telah memulai strategi CX mereka. Langkah ini, untuk meningkatkan posisi di pasar dan membuktikan diri mereka mampu menghadapi tuntutan customer experience yang akan datang di dunia digital. “Merkle Indonesia siap membantu merek dalam berinovasi dan memetakan strategi CX mereka untuk tetap menjadi yang terdepan,” ujar Maya. 

President Merkle Asia Pasifik, Zhengda “Z” Shen, menambahkan, dengan solusi digital inovatif yang dimiliki, Indonesia berhasil menarik perhatian mata dunia. “Dan kami sangat bersemangat untuk hadir ke tengah pasar dan membawa kemampuan, pengalaman, dan penelitian kelas dunia kami ke negara ini. Kami sangat menantikan masa depan ekonomi digital di Indonesia dan peran kami dalam kisah pertumbuhan itu,” ujarnya. 

"Holistik dalam satu powerful vision untuk seluruh bisnis, hulu ke hilir, integrated solution dari strategic planing, brand planning, creative, media, hingga CXM, semua integrated dalam Dentsu," jelas Maya Watono lebih lanjut sebagai penutup pemaparannya.

DREAM. DO. DELIVER. | MERKLE

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas