The Archipelago

Everything About a True Indonesian Icon

Plataran Indonesia menjadi pusat Ekowisata Indonesia dan ikon Indonesia sejati

SEBAGAI perusahaan asli Indonesia, Plataran memiliki visi “Untuk Indonesia dan Masyarakat Indonesia” dan mengusung tinggi slogan #HospitalityWithImpact. Semangat ini direfleksikan melalui tiga pilar yang menjadi inti setiap aspek upaya Plataran dalam menggapai visi tersebut, yaitu: Alam, Budaya, dan Masyarakat.

Menjadi pusat Ekowisata Indonesia dan ikon Indonesia sejati, Plataran Indonesia selalu berupaya untuk menghadirkan layanan terdepan dan terbaik, dalam masa penuh tantangan sekalipun. Setelah kurang lebih dua tahun mengarungi pandemi yang melanda secara global ini terutama untuk industri pariwisata, sepertinya titik terang sudah terlihat dengan berubahnya pandemi menjadi endemi. Menurut statistik Kemenparekraf, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada bulan Maret 2022 mengalami lonjakan yang pesat sebanyak 40.790 kunjungan atau serupa dengan 206,25% dibandingkan dengan bulan Maret 2021 yang berjumlah 13.319 kunjungan. Hal ini disambut baik oleh Plataran yang kerap bersiap menjadi tuan rumah untuk wisatawan kembali ke lokasi eksotis yang indah dan menakjubkan. Sejak awal pandemi pun, Plataran telah memastikan protokol yang aman dan sehat dalam menyambut wisatawan domestik dan internasional sebagai dedikasi yang substansial terhadap ekowisata Indonesia.

Namun, bukan hanya kesehatan jasmani yang harus dijaga. Kesehatan industri secara khusus kesehatan persaingan antar pelaku industri pariwisata juga harus selalu dijaga. Sebagai pelopor dalam industri ini, banyak pihak yang terinspirasi untuk mengikuti jejak yang Plataran telah ciptakan, beberapa bahkan mencoba untuk meniru atau melakukan imitasi secara persis. Dalam upaya berkontribusi untuk meningkatkan kehormatan industri pariwisata, perhotelan, dan F&B yang menjunjung tinggi integritas, Plataran mendukung penciptaan atmosfer industri serta persaingan yang sehat, adil, dan taat hukum. Plataran bangga akan orisinalitas, keaslian, kreativitas, perintisan, peningkatan tanpa akhir, legendaris, ikonik, dan identitas, serta turut mengajak para pelaku usaha lainnya menjadi bagian dalam pertumbuhan industry ini. Integritas merupakan suatu landasan penting dalam membangun industri yang menjunjung tinggi profesionalisme. Plataran dengan senang hati menginspirasi, dan di saat yang sama juga siap mengambil sikap yang tegas atas persaingan yang tidak sehat dan tidak adil dan memiliki pelanggaran hukum.

Selanjutnya, menindaklanjuti komitmen dalam pelestarian budaya Indonesia sebagai bagian dari program Plataran for the Heritage, Plataran mendukung pemerintah dalam upaya perawatan dan pelestarian Candi Borodudur lewat cara-cara yang telah disesuaikan. Hal ini juga merupakan suatu wujud tanggung jawab dan partisipasi pelestarian situs warisan Indonesia dan dunia. Adapun lewat program lain Plataran yang bertajuk Plataran for the Earth, setiap tamu Plataran Hotels & Resorts di seluruh Indonesia telah berpartisipasi atas penanaman satu pohon bagi masing-masing tamu di Taman Nasional Bali Barat.

Ada pula kampanye Plataran lainnya yaitu, Plataran for the People di mana Plataran berupaya memperkuat dukungan untuk UMKM, diantaranya adalah dengan melakukan upaya supply chain yang melibatkan UMKM di sekitar properti dan edukasi seputar usaha start-up untuk warga sekitar Plataran, seperti yang sudah dilakukan di Plataran Bromo.

Kilas Balik Semester Pertama Plataran di Tahun 2022

Pada semester pertama tahun 2022, Plataran Indonesia sebagai Award Winning Hospitality Group kembali Kembali berprestasi dengan dinobatkannya Plataran Menjangan sebagai Best of The Best Top Small Stays – Asia” oleh TripAdvisor Travellers’ Choice Awards dimana di tahun sebelumnya Plataran Menjangan meraih penghargaan Best of The Best Worlds’ Safari Stay. Dan tahun ini, Plataran Bromo dinobatkan menjadi Best of The Best “Hotels for Families – Asia”.

Dengan semangat menyambut endemi, Plataran terus melakukan ekspansi bisnis lewat pembukaan Patio Bakery di bulan Maret, Plataran Bromo Suites Extension di bulan Maret, Enam Langit Extension di bulan Maret, new look residences at Plataran Komodo di bulan April, serta Our After Hours at Langit Senayan di bulan Mei.

Adapun perhelatan penting lainnya yang diadakan di Plataran yaitu G20 Hospitality Dinner (Finance Track) pada bulan Februari di Plataran Senayan, acara kunjungan Presiden Jokowi dan Susilo Bambang Yudhoyono di Plataran Borobudur pada bulan April, Art Jakarta Gardens pada bulan April di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Side Events G20 pada bulan Maret dan Mei di Plataran Komodo, Farewell Dinner Miss Universe 2022 pada bulan Mei di Plataran Dharmawangsa, serta Parade Kemenangan Kontingen Sepeda SEA Games pada bulan Mei di Hutan Kota by Plataran, Senayan.

Ki-Ka: Anandita Makes (Chief Strategy Officer), Yozua Makes (Founder & CEO Plataran Indonesia)

Selanjutnya di Plataran Indonesia

Di Juni 2022 ini, Plataran akan meluncurkan sebuah program akhir pekan di mana Plataran akan mengadakan pasar bunga yang dinamakan Plataran Weekend Flowers Market di Hutan Kota by Plataran, Senayan. Acara ini diluncurkan dalam rangka menyambut kebangkitan UMKM di era setelah pandemi. Plataran bekerja sama dengan produsen, seniman, pengrajin, yang merupakan bagian dari UMKM di Jakarta. Sebanyak sepuluh pelaku usaha terpilih diberi kesempatan untuk memamerkan kebolehan produk mereka kepada khalayak ramai dan pengunjung Hutan Kota by Platara, Senayan. Selain berbelanja bunga, pengunjung acara pun bisa mengikuti berbagai workshop seperti merangkai bunga, pottery, dan aktivitas lainnya.

Di bulan Juli mendatang, Plataran akan turut serta dalam peluncuran Platform dan Pilot Project Ecotourism Showcase G20 dengan fokus Carbon Footprint: Towards Climate Positive Tourism Through Decarbonization and Ecotourism yang diadakan di Plataran Menjangan. Acara yang dilangsungkan di Plataran Menjangan ini, akan dihadiri oleh Kemenparekraf, Kemenkeu, KemenLHK, Kemendagri yang bersama-sama akan memusatkan perhatian dan pembahasan pada isu perubahan iklim dan pemberdayaan UMKM.

Semester dua memiliki banyak rencana lainnya, salah satunya adalah ekspansi bisnis dalam bentuk suatu proyek ikonik di Jawa Barat yaitu Resort and Dining yang di desain dengan pendekatan personal, privat, dan berkelas khas Plataran.