Bali Happenings

Gerai ke-500, Drive-Thru ke-55

Merayakan 20 tahun kehadirannya di Indonesia, Starbucks Membuka Gerai yang ke-500 di Bali

STARBUCKS hari ini (23/8) merayakan pembukaan gerai ke-500 di Indonesia yang berlokasi di Jalan Gatsu Mudu Taki, Kuta Utara, Bali. Pembukaan gerai ini juga menandai lokasi drive-thru ke-55 di pasar, dengan memberikan pengalaman yang aman, familiar, dan nyaman untuk pelanggan.

“Pembukaan gerai ke-500 kami di Indonesia merupakan tonggak bersejarah bagi Starbucks,” ungkap Anthony McEvoy, pemimpin PT Sari Coffee Indonesia (SCI). “Ini adalah momen yang membanggakan bagi semua partner kami yang mengenakan apron hijau dan saya bersemangat untuk merayakan pencapaian ini bersama mereka. Kami mengaitkan kesuksesan ini dengan dedikasi dan semangat partner kami, yang memberikan Starbucks Experience tercinta kepada pelanggan setiap hari.”

Untuk menghargai pembukaan gerai yang penting ini, Michael Conway, presiden grup, Starbucks International, dan Channel Development hadir di acara seremonial pembukaan gerai.

“Indonesia memiliki peran penting dalam warisan Starbucks sebagai salah satu daerah penghasil kopi terkemuka di dunia hingga saat ini, seiring kami terus menghadirkan pengalaman ikonik di seluruh pasar,” kata Michael Conway, presiden grup, Starbucks International, dan Channel Development. “Sejak memasuki pasar 20 tahun lalu, Indonesia telah menjadi pasar terbesar ke-10 secara global untuk Starbucks dan kami tetap berkomitmen untuk melayani lebih banyak pelanggan dan komunitas untuk jangka panjang.”

Dibangun berdasarkan pengalaman konsumen di dalam gerai sebagai tempat ketiga antara rumah dan tempat beraktivitas, desain gerai spesial ini sangat terinspirasi oleh arsitektur Bali, yang menekankan pada elemen kayu. Atap dan kolom yang terinspirasi dari budaya lokal juga mencerminkan lingkungan di sekitar gerai, sedangkan fasad menggunakan bahan-bahan alami lokal. Interior gerai menampilkan kayu alami, pencahayaan rotan yang semarak, dan karya seni yang menampilkan ukiran kayu siren Starbucks untuk menciptakan Starbucks Experience yang sangat lokal dan otentik.

Sejak membuka gerai pertamanya 20 tahun yang lalu di Indonesia, hari ini, Starbucks menawarkan banyak cara bagi pelanggan untuk terhubung dengan keluarga dan teman mereka melalui secangkir kopi berkualitas tinggi. Ini termasuk lokasi drive-thru yang diperkenalkan pada tahun 2019 untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mudah dan nyaman dalam menikmati minuman Starbucks mereka saat dalam perjalanan, gerai Coffee Forward Starbucks ReserveTM ke-17 seperti gerai di Margocity Depok, Starbucks Dewata Coffee Sanctuary yang unik dengan pengalaman bean to cup yang sepenuhnya imersif, hingga Coffee Experience Center yang baru dibuka di dalam kompleks Starbucks Dewata di awal tahun ini untuk memberikan penghormatan kepada warisan kopi Indonesia yang kaya.

Dalam misinya untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang-orang yang terhubung dengan Starbucks, perusahaan berusaha untuk menciptakan dampak positif dalam komunitas yang dilayaninya. Pada tahun 2020, Starbucks membuka Community Store pertama di lingkungan Tanah Abang Jakarta, untuk menciptakan peluang pendidikan bagi kaum muda di Tanah Abang, diikuti oleh Program Kewirausahaan Pemuda Kreatif Starbucks atau Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) dalam mendukung pemberdayaan kaum muda.

Bekerja sama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, lebih dari 500.000 benih kopi telah disumbangkan kepada petani kopi melalui program Art in the Cup. Dan sebagai apresiasi kepada para responden garis depan wabah Covid-19, lebih dari 50.000 cangkir minuman telah disumbangkan ke rumah sakit dan pusat vaksinasi.

Sejak pembukaan gerai pertama di Plaza Indonesia 20 tahun lalu, Starbucks Indonesia telah berekspansi ke 36 kota, dengan lebih dari 4.300 partner dengan bangga mengenakan apron hijau.