DJAKARTA.ID – Bulan April setiap tahunnya dirayakan sebagai Earth Month, di mana menjadi bulan kebaikan bagi Starbucks’ Partners di seluruh dunia. Karyawan Starbucks seluruh dunia, termasuk Starbucks Indonesia turut berkumpul bersama dalam mewujudkan misi dan janji Starbucks untuk berdampak positif bagi planet dan komunitas. Starbucks menjadikan bulan April sebagai Global Month of Good (GMOG) atau “Bulan Kebaikan Sedunia”.
Tahun ini, Starbucks berfokus pada hal-hal sederhana yang dilakukan setiap hari untuk menjadikan sesuatu itu lebih berkelanjutan, sehingga dapat membawa perubahan besar bagi planet bumi tercinta. Dengan hampir 40.000 gerai di seluruh dunia, termasuk hampir 600 gerai di Indonesia, setiap hari, partner Starbucks berusaha memberikan kebaikan kepada komunitas.
“Tahun ini merupakan Bulan Kebaikan Sedunia yang ke-13 bagi Starbucks secara global. Kami berfokus pada bagaimana janji komunitas dan janji lingkungan berjalan seiringan untuk memberikan dampak positif serta memberikan lebih banyak hal kepada planet ini,” ungkap Anthony Mc Evoy, pemimpin PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia.
Program GMOG sendiri menginspirasi seluruh partner untuk menciptakan proyek-proyek yang berkaitan langsung dengan komunitas. Mereka secara sukarela menggelar beberapa aktivitas bersama dengan beberapa komunitas yang memiliki dampak sosial, seperti pemberdayaan pemuda, peningkatan literasi, membersihkan fasilitas umum, pembagian ampas kopi dan sebagainya.
“Kami adalah bagian dari komunitas, dan sudah seharusnya kami berkontribusi positif kepada masyarakat. Saya merasa teraharu dan bangga terhadap para partners yang penuh dedikasi dan antusiasme telah melayani masyarakat secara langsung. Inisiatif ini mencerminkan perwujudan janji kami kepada komunitas,” tambah Anthony.
Merayakan GMOG, partner Starbucks di Indonesia secara bersama-sama mewujudkan janji komunitas melalui kegiatan sebagai berikut:
- Pada akhir tahun 2022, Starbukcs memulai program Starbucks Books for the Future (Starbucks BFF). Starbucks Indonesia berhasil mengumpulkan lebih dari 14.000 buku dan mengkurasi lebih dari 10.000 buku untuk disumbangkan ke Yayasan ISCO (Indonesia Street Children Organization) serta Yayasan Sahabat Anak di Jakarta.
- Tahun 2024, Starbucks Indonesia juga melibatkan anggota Starbucks Rewards mendonasikan sejumlah 769 buku kepada Yayasan ISCO di Jakarta, Medan dan Surabaya, serta Yayasan Sahabat Anak di Jakarta, Sanggar Alang-Alang Surabaya dan Sanggar Alusi Tao Toba di Sumatra Utara. Acara penyerahan buku-buku secara simbolis dilakukan tanggal 23 April 2024 di Starbucks Community Store Tanah Abang, bertepatan dengan Hari Buku Sedunia.
- Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) kembali digelar untuk kedua kalinya dengan memberikan kesempatan kepada pelajar SMA dan SMK untuk memperoleh pengetahuan serta keterampilan praktis kewirausahaan dalam mewujudkan ide bisnis. Berawal di tahun 2019, program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 5.091 pelajar dan melibatkan lebih dari 1.655 sukarelawan, termasuk Starbucks’ partner.
- Pada tahun 2023-2024, inisiatif SCYEP yang digagas oleh Starbucks Indonesia bersama Prestasi Junior Indonesia dan didukung The Starbucks Foundation, telah memberikan dampak langsung kepada 295 siswa sebagai penerima manfaat dari 12 sekolah di 7 kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Jayapura) serta melibatkan 199 Starbucks’ partner sebagai mentor bisnis. Tahun ini, Student Company terbaik jatuh kepada SARASIJA dari SMAN 3 Yogyakarta dan COSSIVY dari SMAN 81 Jakarta. Info lebih lanjut, klik prestasijunior.org.
- Bersama Starbucks Foundation, para partner juga melibatkan diri dalam program Global Community Impact Grant (GCIG) dengan berkontribusi di kegiatan seperti menjadi mentor para siswa di program SCYEP, memberikan pelatihan keterampilan nonteknis kepada generasi muda yang rentan di The Learning Farm, mengajak dan membaca buku bersama adik-adik dari Indonesia Street Children Organization (ISCO) melalui program “Gemar Membaca”, serta membangun sarana dan prasarana kebersihan melalui program Water, Sanitation and Hygiene (WASH) bersama Habitat for Humanity Indonesia.
- Selain itu semua, partners juga berinisiatif membangun dan memperkuat relasi dengan komunitas sekitar lingkungan mereka berada, seperti membersihkan area pantai di Makassar, ikut terlibat dalam kegiatan donor darah, menghibur anak-anak panti asuhan dan panti jompo, hingga berkolaborasi dengan pemuda sekitar untuk membersihkan taman kota.
Selain PT Sari Coffee Indonesia, beberapa kegiatan ini juga didukung oleh Starbucks Foundation yang telah memberikan total dana hibah senilai US$120,731.57 sepanjang tahun 2023/2024. Jumlah volunteer yang telah mendukung kegiatan ini adalah 1.196 partner dengan 4.000 jam community service per Maret 2024. (aul)
Posting komentar