Hyundai Bina 100 Start-Up untuk Memecahkan Masalah Sosial Pada 2024
DJAKARTA.ID – Jakarta, 6 Januari 2020, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia telah memulai sebuah program untuk mencari serta membina usaha sosial yang berfokus pada solusi inovatif kreatif dalam mengatasi masalah pendidikan, lingkungan, dan ketenagakerjaan. Proses rekrutmen maupun pendekatan publik akan dilakukan untuk mencari perusahaan berbasis sosial agar turut berpartisipasi dalam program bernama “Hyundai Start-Up Challenge”.
Hyundai Start-up Challenge bertujuan untuk membangun sebuah ekosistem yang sehat. Peran perusahaan sosial berkelanjutan dapat diperluas melalui bermacam ide kreatif seperti kewirausahaan pemuda dan sosial untuk mencari solusi inovatif dalam mengatasi berbagai masalah.
“Hyundai memiliki sejarah panjang dalam mendukung penelitian untuk mencari solusi bagi berbagai masalah di masyarakat. Kami percaya setiap jalan yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk mendorong dan mendukung perusahaan sosial serta bekerja mengatasi masalah ini. Kami sangat antusias mengetahui apa yang akan dicapai oleh para peserta dari program ini dan berharap mereka dapat berkontribusi lebih lanjut demi mobilitas masa depan Indonesia," ujar Head of Hyundai Motor Asia Pacific HQ, Young Tack Lee.
Hyundai Start-up Challenge adalah program akselerasi 5 bulan yang membantu 10 perusahaan berbasis sosial dalam mencapai potensi mereka sepenuhnya. Sebuah tinjauan pada proses pendaftaran akan memilih 15 bisnis teratas berdasarkan model bisnis mereka, penciptaan pasar, pendapatan, stabilitas keuangan dan potensi pertumbuhan. Tim yang terpilih akan diundang untuk bergabung dalam Camp and Audition untuk memulai program dan menjalani sesi wawancara.
Pada tahap tersebut, para peserta juga akan berpartisipasi dalam berbagai lokakarya, pertemuan, dan networking. Sesi lokakarya akan membantu peserta dalam mengembangkan rencana bisnis dan anggaran mereka, di mana kurikulum program akan mencakup sesi terkait dampak sosial, manajemen karyawan serta perencanaan keuangan. Selama tahap audisi, sejumlah panelis ahli akan diundang untuk memberikan umpan balik dan memilih 10 bisnis terbaik.
10 bisnis terbaik akan menerima hibah masing-masing sejumlah 100 juta Rupiah. Di akhir program, empat tim teratas akan dipilih, kemudian masing-masing tim akan menerima hibah tambahan senilai 1 miliar Rupiah.
Proses pendaftaran akan berlangsung hingga 21 Februari 2020 dengan mengisi formulir melalui bit.ly/applyhsc. Ke-15 bisnis yang terpilih akan diumumkan pada awal Maret 2020 untuk melanjutkan ke fase Camp and Audition pada pertengahan Maret 2020. Pengumuman peserta terpilih sebagai Top 10 akan dilakukan pada upacara penghargaan, di mana mereka akan memulai program pelatihan dan berhak atas hibah yang diberikan.
Selama program akselerasi, para peserta akan mendapat bimbingan melalui proses matchmaking untuk menemukan mentor paling cocok dan sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan. Tim peserta juga akan menerima sesi bimbingan di setiap beberapa minggu, di mana para mentor akan membimbing peserta dalam menyusun rencana bisnis dan proposal anggaran mereka. Sebuah perusahaan independen, Instellar, akan membantu memantau perkembangan dampak bisnis dan penggunaan hibah di seluruh program. (aul)
Posting komentar