All About Money

Indahnya Berbagi Rasa AMAN dengan Sesama dalam Suasana Ketidakpastian

AMANkan finansial masa depan lewat perlindungan dari Allianz Syariah

PANDEMI sudah berlangsung hampir dua tahun, dan dalam kurun waktu ini begitu banyak perubahan, kejadian, musibah harus dialami bukan hanya oleh satu orang, keluarga, atau bangsa, tapi berdampak ke seluruh dunia dan hampir ke semua sisi kehidupan.

Kini penduduk seluruh dunia hidup dalam suasana  yang tidak terbayangkan sebelumnya. WFH, Social Distancing, Virtual Meeting, Masker, PPKM, semua ini menjadi bagian tetap dari kehidupan masyarakat saat ini. Hingga saat ini pun akhir dari pandemi ini belum ada yang bisa pastikan. Yang ada adalah ketidakpastian dalam segala hal, termasuk finansial dan kesehatan. Ketidakpastian dalam hal finansial dan kesehatan memang bukan hanya terjadi saat pandemi, tapi pandemi ini lebih meningkatkan kesadaran akan ketidakpastiannya. Semua orang punya risiko dalam kehidupan, karena masa depan penuh ketidakpastian.

Antisipasi pada ketidakpastian ini membuat minat masyarakat untuk berasuransi meningkat, terutama dikaitkan dengan perlindungan terhadap akibat dari COVID-19. Selain kepedulian terhadap perlindungan diri, kepedulian terhadap sesama pun meningkat. Ucapan "selamat jalan-jalan" atau “have fun”, kini pun lebih tergantikan dengan ucapan “stay safe and healthy”, sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Namun bagaimana jika kepedulian terhadap sesama bukan sekedar ucapan, tapi bisa diwujudkan dalam perlindungan yang nyata?

Itulah inti dari asuransi berprinsip syariah. Konsep syariah dalam keuangan mungkin sudah lebih familiar dengan prinsip berbagi untung maupun rugi. Sementara konsep asuransi syariah adalah tolong menolong, di mana setiap peserta berkontribusi untuk menolong peserta lain dalam kebajikan serta memberikan rasa aman ketika terjadi risiko di antara peserta. Oleh karenanya, proteksi syariah dapat memperkuat rasa kepedulian, persaudaraan, dan gotong royong bagi para peserta dalam konsep sharing risk.

Asuransi dengan prinsip syariah di Indonesia antara lain dihadirkan oleh Asuransi Allianz Syariah sebagai anak perusahaan dari Allianz Indonesia. Allianz yang berkantor pusat di Jerman memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah di Indonesia.

Tidak hanya di tanah air, PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) juga terus mendukung perkembangan dan pertumbuhan industri keuangan syariah secara global. Allianz Life mewujudkan dukungan tersebut dan baru-baru ini (11/10) berpartisipasi dalam Online Executive Program yang diselenggarakan oleh Islamic Financial Services Board (IFSB) dengan tema “Managing Digital Transformation Risks for Islamic Finance Institutions (IFIs)”. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang risiko operasional, peraturan, pengawasan, pemantauan, termasuk penilaian dan mitigasi risiko komprehensif, serta implementasi terkait percepatan transformasi digital untuk perbankan, pasar modal dan lembaga keuangan syariah lainnya.

Hadir sebagai perwakilan Allianz Life Indonesia dan menjadi salah satu pembicara dalam Online Executive Program ini, Bianto Surodjo, Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia. Bianto menjelaskan mengenai transformasi digital yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnis syariah pada kanal distribusi bancassurance.

Untuk transformasi digital ini Allianz Syariah berhasil meraih berbagai penghargaan :

  • Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 untuk kategori Asuransi Jiwa Syariah dari Infobrand
  • 7th Indonesia Best Insurance Award 2020 untuk Top 3 Financial Performance of Indonesia Best Insurance Award 2020 with Assets 1T–5T kategori Sharia Life Insurance

Perlindungan Asuransi Allianz Syariah antara lain ada Allisya AMAN, Allisya Maxi Fund Plus, Allisya Protection Plus, dan Allisya Care Premier Plus. Selain menyediakan produk asuransi berprinsip syariah, Unit Usaha Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Syariah) juga menggelar berbagai program dalam kampanye #AwaliDenganKebaikan, seperti kolaborasi dengan Halodoc dan Gojek Indonesia (29/3) dalam menyediakan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru gratis untuk para lansia, serta berbagi kebaikan dengan nasabah (11/5) dalam bentuk webinar yang berisikan informasi penting seputar menjaga kesehatan bersama pakar. Dengan mengangkat tema “Kiat Menjaga Imunitas dan Persiapan Vaksinasi”, webinar persembahan Allianz Syariah dan didukung oleh Doclink Indonesia.

“Inisiatif ini membuktikan komitmen kami terhadap masyarakat sekaligus dukungan kami terhadap upaya pemerintah dalam program percepatan vaksinasi. Sesuai dengan prinsip Allianz Life Syariah yaitu tolong menolong, kami percaya satu kebaikan sederhana dapat berarti besar bagi mereka yang membutuhkan, khususnya di situasi yang menantang ini,” kata Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

“Allianz Syariah ingin memberikan apresiasi kepada nasabah dan berbagi informasi penuh kebaikan di saat yang bersamaan. Meskipun ada beberapa keterbatasan di masa pandemi, kami tidak akan berhenti untuk tetap memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik bagi nasabah. Selain itu, kami juga terus memberikan nilai tambah bagi nasabah, salah satunya melalui webinar ini untuk menyampaikan informasi dan tips kesehatan yang relevan dengan situasi terkini,” kata Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia.

Salah satu produk unggulan yang dihadirkan oleh Allianz Syariah adalah AlliSya AMAN, yaitu asuransi jiwa tradisional syariah yang memberikan solusi perlindungan Asuransi keMAtian dan 77 peNyakit kritis yang bisa memberikan perlindungan finansial masa depan apabila tertimpa musibah,  juga bisa ikut berbagi rasa AMAN dengan sesama peserta lainnya.

 

Musibah bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Yuk, kita rencanakan keuangan keluarga sejak dini untuk keamanan di masa depan yang penuh ketidakpastian bersama AlliSya AMAN. Bayangkan betapa indahnya kita bisa AMANkan finansial masa depan, sekaligus berbagi rasa AMAN dengan sesama lewat perlindungan dari Allianz Syariah!