Travel & Leisure

Indonesia sebagai Destinasi Wisata Dunia

Agoda Soroti Daya Tarik Indonesia yang Populer Bagi Wisatawan

DJAKARTA.ID – Indonesia masuk ke dalam tiga destinasi teratas bagi wisatawan dari Australia, India, Malaysia, dan Belanda. Bahkan Bali menjadi destinasi peringkat nomor satu bagi wisatawan Australia dan Selandia Baru. Peningkatan daya tarik Indonesia sebagai destinasi wisata dunia ini tercatat pada survey yang dilakukan oleh Agoda. Sebagai platform perjalanan digital yang mencakup pesawat, hotel, dan berbagai akomodasi lainnya, Agoda terus menyoroti tren dan perilaku wisatawan.

Pada semester pertama tahun 2024, data pencarian akomodasi Agoda menunjukkan kenaikan 33% terhadap minat melakukan perjalanan ke Indonesia. Sebagian besar pencarian ke Indonesia berasal dari Singapura, disusul Malaysia, Korea Selatan, Australia, dan India yang melengkapi lima besar. Ketertarikan wisatawan Eropa juga meningkat, dengan kenaikan sebesar 23% dalam pencarian ke Indonesia pada semester pertama 2024 dibandingkan tahun lalu. Sebagian besar pencarian dari Eropa berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan Spanyol.

Indonesia juga menjadi destinasi yang semakin populer di kalangan wisatawan asal India dan Asia Utara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan. Pertumbuhan minat dari Asia Utara telah meningkat pada enam bulan pertama tahun ini. Pencarian akomodasi dari wisatawan Hong Kong naik 57%, dari Korea Selatan naik 54%, Jepang naik 50%, dan Taiwan naik 38%, dibandingkan semester pertama 2023.

“Meningkatnya jumlah pencarian terhadap Indonesia menunjukkan pesona negara ini dan keberhasilan strategi pemasaran destinasi dari pemerintah. Agoda mendukung target tersebut dengan memanfaatkan teknologi kelas dunia untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan wisatawan Indonesia, sekaligus meningkatkan daya tarik Indonesia bagi wisatawan mancanegara," ungkap Gede Gunawan selaku Senior Country Director Agoda untuk Indonesia.

Agoda secara aktif bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan menjadi mitra resmi Wonderful Indonesia. Agoda turut memperkuat industri pariwisata tanah air dengan membagikan praktik terbaik dalam pariwisata berkelanjutan, berinvestasi dalam kampanye lokal, dan meluncurkan promosi khusus untuk mendukung akomodasi lokal.

Tak hanya menjadi destinasi wisata yang semakin populer, data Agoda juga menunjukkan peningkatan jumlah pencarian wisata yang berasal dari dalam negeri. Kenaikannya pun mencapai 20% untuk pencarian wisata domestik dan 13% lebih banyak pencarian wisata ke luar negeri.

Peningkatan pencarian perjalanan secara menyeluruh (across-the-board) telah mendorong kinerja Indonesia yang kuat di berbagai peringkat pencarian di Agoda. Pada paruh pertama tahun 2024, Indonesia menjadi salah satu dari lima negara asal teratas Agoda berdasarkan jumlah pencarian akomodasi.

"Agoda berkomitmen bekerja sama dengan pemerintah dan mitra akomodasi untuk mendorong pertumbuhan pariwisata dan terus membangun posisi Indonesia sebagai destinasi wisata terbaik,” tutup Gede Gunawan.

Pencarian penerbangan dari Indonesia juga meningkat, sehingga menjadikannya sebagai negara asal terbesar kedua pada bulan Juni. Dari semua pencarian yang dilakukan di Agoda, wisatawan Indonesia paling sering menggunakan perangkat mobile. Tren ini mencerminkan pergeseran berkelanjutan di Indonesia menuju perencanaan perjalanan yang mengutamakan perangkat mobile.

Survei yang dilakukan di platform Agoda juga mengungkapkan bahwa perjalanan petualangan merupakan motivasi terbesar bagi wisatawan Indonesia. Sebanyak 42% responden menjadikan hal ini sebagai alasan untuk bepergian. Diikuti perjalanan kebugaran (wellness) sebanyak 35%, lalu berkumpul bersama keluarga dan teman (33%) yang masuk dalam tiga besar.

Agoda baru-baru ini meluncurkan brand campaign terbaru di Indonesia yang dibintangi oleh Anya Geraldine. Berjudul Liburan Tenang, Dompet Senang, video kampanye berfokus pada liburan dengan harga terjangkau, sehingga memudahkan orang lebih sering bepergian di Indonesia dan sekitarnya. Kampanye ini dapat disaksikan di saluran TV dan digital di seluruh Indonesia. (aul)