Program Literasi McDonald’s Indonesia dalam Mendukung Tingkat Literasi Membaca Anak-Anak
DJAKARTA.ID – Komitmen McDonald’s Indonesia untuk peningkatan literasi anak-anak di Indonesia sepanjang tahun 2022 diwujudkan melalui serangkaian program kampanye “Inspirasi Literasi McD”. Mulai dari penggalangan donasi buku bacaan anak, beasiswa pelatihan untuk guru, pelatihan kegiatan Read Aloud (Membaca Nyaring) bagi orang tua, hingga penyediaan prasarana layak melalui renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM). Tentunya seluruh program dapat berlangsung dengan baik berkat dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak yang kredible di bidangnya masing-masing.
“Edukasi merupakan salah satu pilar pengembangan yang menjadi fokus McDonald’s Indonesia. Melihat rendahnya tingkat literasi anak Indonesia berdasarkan riset survei dari Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2019, tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat rendah. McDonald’s menyadari bahwa diperlukannya aksi nyata yang konsisten serta didukung dengan keterlibatan dari banyak pihak untuk meningkatkan literasi anak Indonesia,” ujar Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia.
Inspirasi Literasi McD diawali dengan inisiatif pengumpulan donasi buku dari pelanggan McDonald’s Indonesia. Konsumen dapat menyumbangkan buku bacaan anak di kotak donasi yang tersedia pada 180 gerai McDonald’s Indonesia. Sebanyak 6.281 buku telah terkumpul dan telah di distribusikan ke 120 Taman Baca Masyarakat yang tersebar di berbagai kota. McDonald’s Indonesia mendapatkan dukungan dari Forum TBM dalam kegiatan penyebarannya. Program donasi buku ini akan terus dilanjutkan hingga tahun depan dengan harapan dapat menyumbangkan lebih banyak buku berkualitas untuk anak-anak Indonesia.
“Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh McDonald’s bekerjasama dengan Forum TBM telah memberikan hasil nyata, terutama bagi anak-anak di daerah. Di lapangan, kami juga melihat antusiasme dari pelanggan McD sangat baik. Semoga tahun depan akan lebih banyak buku yang terkumpul melalui program ini,” tambah Aris Munandar selaku Ketua Bidang Program dan Kemitraan Pengurus Pusat Forum TBM
Selain donasi buku-buku anak, program lainnya yang dilakukan McDonald’s Indonesia adalah kerja sama dengan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) dan Klassku, yakni pemberian beasiswa pelatihan kepada para guru. Kegiatan pelatihan ini berlangsung sejak 27 Juni hingga 1 Juli 2022 secara online dengan dua tema yang dapat dipilih oleh guru peserta, yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen Sains. Beasiswa pelatihan ini telah diberikan kepada 1.000 guru SD dari berbagai daerah di Indonesia. Seluruh partisipan telah menerima sertifikat 64JP yang diterbitkan oleh PGRI dan dapat digunakan untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat guru.
McDonald’s Indonesia juga mengadakan program workshop “Membaca Nyaring” atau lebih dikenal dengan sebutan “Read Aloud” bagi para orang tua. Kegiatan ini adalah salah salah satu teknik pembacaan cerita dari sebuah buku. Pembaca harus memperhatikan intonasi suara, gestur tubuh hingga ekspresi muka. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun ketertarikan anak terhadap buku.
Setidaknya, ada lebih dari 200 ibu yang terlibat dalam program Read Aloud ini. Berlangsung setiap bulan, ibu-ibu tersebut mendapat pemaparan materi sekaligus praktik langsung dari praktisi Read Aloud. Pada program ini juga, anak-anak diajak untuk mendengarkan story telling dari Ronald McDonald.
Brenda Ayu Pangemanan, Read Aloud Professional sekaligus Founder dari Hello Library, menyampaikan: "Saya melihat keseriusan McDonald’s Indonesia dalam meningkatkan literasi anak Indonesia. Pengenalan metode read aloud ini dikenalkan kepada para orang tua karena mereka lah yang memegang peranan penting dalam pengembangan kemampuan dasar literasi membaca anak-anaknya.”
McDonald’s Indonesia juga turut menghadirkan McD Library dengan merenovasi salah satu Taman Baca Masyarakat, yaitu Rumah Baca Zhaffa yang berlokasi di Tebet, Manggarai. Rumah ini sudah beroperasi sejak tahun 2010 dan kondisi bangunannya mulai memprihatinkan, sehingga perlu direnovasi. McDonald’s Indonesia memilih Rumah Baca Zhaffa sebagai pilot project McD Library untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh. Setelah direnovasi, taman baca ini diubah namanya menjadi Rumah Baca Zhaffa supported by McDonald’s Indonesia.
McD Library juga memiliki rencana program edukatif berkelanjutan untuk taman baca tersebut, yaitu “McDonald’s Day”. Sebuah kegiatan yang dilaksanakan pada setiap Sabtu di minggu ketiga setiap bulannya. Anak-anak akan diajak untuk membaca bersama dan berkesempatan mendapatkan hadiah produk dari McDonald’s Indonesia. Selain itu, akan ada juga kunjungan rutin relawan karyawan McDonald’s Indonesia untuk mengajar anak-anak yang ada di taman baca.
“Kami berharap, seluruh upaya yang kami lakukan dalam kampanye Inspirasi Literasi McD ini dapat bermanfaat. Tentunya akan berlanjut hingga tahun depan, sehingga kami dapat berkontribusi lebih dalam meningkatkan literasi anak Indonesia,” tutup Sutji. (aul)
Posting komentar