Festival Dessert dan Pastry Terbesar di Indonesia Resmi Dibuka
DJAKARTA.ID – Perayaan kuliner manis Jakarta Dessert Week (JDW) dan Dessert Markt 2025 resmi dibuka pada hari Minggu (24/8/2025) di Central Park Mall sebagai partner utama penyelenggaraan acara. Memasuki tahun ketujuhnya, JDW 2025 kembali menghadirkan rangkaian program kreatif yang dirancang untuk memperkuat posisi Jakarta sebagai destinasi gastronomi regional.
Tahun ini, JDW 2025 akan berlangsung mulai 25 Agustus – 14 September 2025 yang dan 50 brand besar yang bergabung dalam Restaurant Week, seperti FLOR (Ismaya Group), Knots (UNION Group), Braud, 7AM, AB Steak, Kempi Deli, Pipiltin Cocoa, Maiku, Billy’s Block, Chicory, dan sebagainya. Restaurant Week merupakan konsep kurasi di mana setiap restoran menghadirkan dessert edisi terbatas sesuai tema JDW 2025, yaitu “A Tribute to Jakarta”.
“Selama tujuh tahun terakhir, festival ini telah menjadi wadah kolaborasi bagi para pelaku industri kuliner, mulai dari brand besar hingga emerging brands. Melalui tema ‘A Tribute to Jakarta’, kami ingin merayakan kota ini sebagai pusat kreativitas sekaligus rumah bagi begitu banyak talenta pastry dan dessert. Kami mengajak warga Jakarta dan sekitarnya mencicipi kudapan-kudapan manis dan asin yang terinspirasi dari khasanah budaya kuliner Kota Jakarta,” ungkap Gupta Sitorus, Founder Indonesia Dessert Week.
Konsumen diajak melakukan “dessert hopping” dari satu tempat ke tempat lainnya untuk menikmati kreasi manis edisi terbatas di berbagai destinasi kuliner Jakarta. Mereka juga berkesempatan mengikuti undian dengan hadiah seperti KitchenAid, Nespresso, Cristel Cookware, voucher hotel bintang lima, voucher makan dari berbagai restoran ternama, hingga kursus kopi di Roemah Koffie Academy.
Sementara itu, Dessert Markt 2025 menghadirkan lebih dari 35 emerging brands dan brand baru yang akan meramaikan pop-up bazaar di Tribeca – Central Park Mall pada 4 – 14 September 2025. Beberapa di antaranya adalah Bagai Mendapat Durian Runtuh, Serabi Mawar, Terve, Itsuka Cola, DOSA, Maru, Tomaple, Doux Cookies, Kwasong, Mysie Bakery dan masih banyak lagi.
Bagi konsumen yang menggunakan kartu kredit HSBC dapat menikmati diskon khusus selama bazar berlangsung, serta kontes Best IG Story setiap hari dengan hadiah voucher makan di Markette, Central Park Mall.
JDW 2025 juga kembali menjadi inisiator penyelenggaraan Golden Swirl Award, penghargaan tertinggi di industri dessert Indonesia. Tahun ini Golden Swirl Award memasuki edisi keduanya dan akan berlangsung pada 8 September 2025 di Plaza Indonesia.
“Kuliner bukan hanya mesin pertumbuhan baru, tetapi juga sarana diplomasi budaya dan akselerator ekspor, yang ke depan akan terus dikembangkan melalui inovasi, kolaborasi, dan pemberdayaan talenta kreatif daerah,” papar Yuke Sri Rahayu selaku Deputi Bidang Kreativitas, Budaya, dan Desain Kementerian Ekonomi Kreatif RI.
Sebagai bagian dari digitalisasi, JDW 2025 juga menghadirkan aplikasi resmi Indonesia Dessert Week yang dikembangkan oleh Opaper. Pertama kali diluncurkan di Bandung Dessert Week, aplikasi ini semakin memudahkan pengunjung untuk mengakses informasi program, mendaftar tenant pop-up events, serta mengikuti dessert hopping dengan sistem cap digital.
“Jakarta Dessert Week bukan hanya merayakan kreativitas kuliner, tetapi juga mendukung pariwisata berkelanjutan dengan memperkuat citra Jakarta sebagai destinasi gastronomi. Inisiatif seperti ini penting untuk mendorong ekonomi kreatif sekaligus memperkaya pengalaman wisata Indonesia,” tutup Fransiskus Xaverius Teguh, Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Kementerian Pariwisata RI. (aul)
Posting komentar