Digital World

Klaim Asuransi Lebih Mudah di Masa Pandemi

Allianz Utama Indonesia Permudah Nasabah dengan Portal Klaim Digital

DJAKARTA.ID – Jakarta, 31 Agustus 2020 – Pola hidup masyarakat di era New Normal ini mengalami perubahan cukup signifikan. Berbagai aktivitas yang kerap dilakukan secara tatap muka, kini beralih menjadi serba digital. Sebut saja aktivitas shopping, hangout, meeting, workout, dan kegiatan umum lainnya sekarang dilakukan di rumah. Perubahan ini membuat industri jasa keuangan seperti asuransi harus beradaptasi sekaligus melakukan inovasi untuk tetap dapat melayani nasabah dengan baik.

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) meluncurkan sebuah portal digital terkait klaim perlindungan asuransi kendaraan bermotor dan asuransi perjalanan. Terobosan baru ini diharapkan dapat memudahkan nasabah tanpa harus repot ngurus ke luar rumah.

“Allianz Utama selalu mengedapankan kebutuhan konsumen yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan terkait klaim asuransi. Di saat pandemi sekarang, tentunya kami harus beradaptasi dan menyesuaikan dengan perubahan perilaku nasabah. Momentum seperti ini menjadi pendorong kami untuk terus berinovasi,” ungkap Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Peter van Zyl.

Kemudahan saat menggunakan portal klaim digital yang dirasakan nasabah adalah bisa mengajukan klaim lebih sederhana. Semuanya dapat dilakukan di rumah dengan cukup melengkapi formulir elektronik, mengunggah foto, dan dokumen pendukung yang disyaratkan. Pengajuannya pun ditangani langsung oleh Claim Handler berpengalaman. Tak ketinggalan juga, nasabah dapat memantau status pengajuan klaimnya melalui portal digital tersebut.

Melengkapi hadirnya portal klaim digital, Allianz Utama juga menawarkan layanan interaktif berupa video call untuk: Survey Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, hingga Survey Penutupan Asuransi Properti. Proses klaim asuransi kini semudah menjentikkan jari tanpa harus repot ke luar rumah.

“Nasabah atau mitra bisnis tidak perlu bertemu tatap muka dengan surveyor Allianz. Layanan interactive video call ini sudah mampu menjangkau nasabah di wilayah lebih luas dengan cepat, mudah, dan aman. Proses klaim atau penutupan pun kini lebih efektif dan efisien,” ujar Ignatius Hendrawan, Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia menambahkan.

Inovasi-inovasi di atas merupakan strategi Allianz Utama untuk melakukan peningkatan layanan terhadap nasabah. Sebelumnya, layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama pun mendapatkan rating “sangat puas” dari nasabah dalam beberapa poin. Mulai dari kemudahan pengajuan klaim, pelayanan staff, kejelasan informasi terkait proses klaim, hingga kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan.

“Masukan dan saran dari nasabah adalah faktor penting bagi kinerja kami. Penilaian positif dari mereka terhadap inovasi produk dan pelayanan Allianz Utama menjadi penyemangat bagi seluruh karyawan dan manajemen untuk meningkatkan kinerja terbaik. Oleh karena itu, kami terapkan digitalisasi agar nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi lebih mudah dan menyenangkan,” tutup Peter van Zyl.

Allianz Utama sedang menggelar program menarik untuk mengajak nasabah merasakan kemudahan klaim digital ini. Ada e-voucher senilai Rp50.000,00 bagi 300 klaim dan permintaan survey melalui layanan interactive video call yang diajukan selama periode 3 Agustus 2020 – 30 November 2020. (aul)