Sukses diadakan tahun lalu, Kisah Kopi Volume 2 kembali hadir sebagai festival kopi lokal kekinian untuk memberikan pengalaman baru kepada para penikmat kopi seputar berbagai brand kopi lokal kekinian. Berlangsung pada 20-23 Februari 2020 di Atrium Lippo Mall Kemang Jakarta Selatan, Kisah Kopi Vol. 2 melibatkan puluhan brand coffee shop lokal kekinian (baik Local Coffee Chain maupun Independent Coffee Shop), produsen biji kopi lokal, hingga perusahaan alat dan mesin kopi lokal yang kualitasnya mampu bersaing dengan alat dan mesin kopi luar negeri, serta berbagai tenant F&B sebagai makanan pelengkap kopi.
Selama empat hari, Kisah Kopi Vol. 2 juga menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan menarik seputar kopi, dimulai dari Coffee Creation Competition (kreasi menu kopi sehat kekinian bersama Tropicana Slim), Latte Art Competition - Latte Art Throwdown Vol.2 bersama Esperto Indonesia, berbagai workshop tentang cara membuat kopi kekinian seperti manual brewing, latte art, dan home roasting, talkshow interaktif seputar kopi dan bisnis kopi, coffee tasting, hingga live music. Seluruh rangkaian kegiatan dirancang secara khusus serta melibatkan pemilik coffee shop lokal maupun barista ternama Indonesia, sehingga memberikan pengalaman baru yang berkesan bagi ribuan pengunjung Kisah Kopi Vol. 2.
Revyta, Founder Jamboree, Penyelenggara Kisah Kopi Vol. 2 mengatakan, “Kisah Kopi Vol. 2 menghadirkan beragam brand kopi kekinian yang hampir semuanya adalah brand lokal. Kami ingin menunjukkan bahwa brand-brand lokal Indonesia juga bisa bersaing secara kualitas dengan brand kopi luar negeri. Selain itu, acara ini ditujukan bagi pengunjung yang cukup beragam, mulai dari coffeepreneur, barista, hingga kalangan yang lebih luas yaitu para penikmat kopi yang belum terlalu mengetahui secara mendalam tentang kopi. Para tenant brand coffee shop yang berpartisipasi pun mencakup local coffee chain dan independent coffee shop, sehingga mereka bisa saling belajar dan memberikan eksposur lebih bagi para local brand agar makin dikenal masyarakat.”
Tropicana Slim, brand yang sudah hadir hampir 50 tahun dengan komitmen untuk menginspirasi masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan cara yang menyenangkan, juga turut mendukung acara Kisah Kopi Vol.2. Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim mengatakan, “Sesuai trend saat ini, minuman kopi kekinian sudah menjadi bagian dari keseharian dan gaya hidup masyarakat, terutama anak muda. Namun sayangnya, banyak yang tidak menyadari bahwa sebagian kopi kekinian ternyata mengandung gula yang cukup tinggi, yang apabila gula dikonsumsi secara berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Tropicana Slim percaya bahwa produk bebas gula kami dapat menjadi sumber inspirasi bagi pebisnis kopi atau barista untuk menghasilkan pilihan menu minuman kopi kekinian yang lebih sehat namun tetap enak.”

“Untuk menambah semangat dan semakin memicu kreativitas para tenant dan barista, Tropicana Slim mengadakan Coffee Creation Competition, yaitu kompetisi kreasi menu kopi yang enak dan kekinian, dengan menggunakan berbagai produk bebas gula Tropicana Slim. Pada kompetisi ini, 3 tenant dengan kreasi terbaik akan mendapatkan hadiah berupa plakat, uang tunai, serta paket produk dari Tropicana Slim dengan total nilai jutaan rupiah,” tambah Noviana.
KopiSoe, local coffee chain brand Indonesia yang sedang naik daun juga berpartisipasi sebagai satu tenant Kisah Kopi Vol. 2. Sylvia Surya, Co-Founder KopiSoe mengatakan,”Sebagai seorang coffeepreneur, menurut saya kolaborasi dan inovasi adalah kunci utama untuk mendukung perkembangan bisnis kopi. Misalnya pada acara hari ini, kami dari KopiSoe sangat senang bisa berpartisipasi di acara Kisah Kopi Vol. 2, karena kami bisa mencari insight dari konsumen secara langsung, serta berkenalan dan belajar dengan berbagai brand coffee shop lainnya. KopiSoe juga selalu berinovasi untuk bisa mengeluarkan berbagai varian baru termasuk bagi mereka yang concern untuk hidup sehat. KopiSoe telah bekerja sama dengan Tropicana Slim sejak Desember lalu, mengeluarkan varian kopi dengan menggunakan produk Gula Jawa Tropicana Slim yang lebih sehat, sehingga konsumen bisa punya pilihan ngopi yang lebih sehat.”

Acara Kisah Kopi Vol. 2 juga turut didukung oleh Esperto Indonesia. Franky Angkawijaya, CEO Founder Esperto Indonesia mengatakan, “Kami dari Esperto Indonesia senang dapat berpartisipasi Kisah Kopi Vol. 2, karena kami sudah ikut Kisah Kopi Vol. 1 tahun lalu dan mendapatkan respon positif bagi para tenant coffee shop yang berpartisipasi maupun para visitor yang hadir. Esperto Indonesia sendiri adalah perusahaan asli Indonesia yang menjadi sole distributor dan assembler mesin espresso Conti dari Monaco dan Grinder Anfim dari Italia. Selain Conti, Esperto Indonesia juga merakit mesin espresso Asterion, mesin espresso 4 group ini merupakan yang pertama di dunia menggabungkan teknologi piston manual dan semi-automatic. Setelah sukses sebagai sole distributor dan assembler dari mesin kopi, Esperto Indonesia menjadi pionir dengan membuka sekolah barista untuk tingkat pemula maupun tingkat advance yang sampai saat ini sudah menyentuh usia 11 tahun dengan jumlah alumni lebih dari 2.000 alumni. Sejak tahun 2013, Esperto Indonesia juga memproduksi biji kopi sangrai yang bernama Esperto Caffe dan fokus pada penjualan biji kopi secara B2B.”
“Dalam Kisah Kopi Vol. 2 kami mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya yaitu Esperto Latte Art Throwdown Competition (kompetisi kreasi latte art), tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mencari barista berbakat dalam membuat seni melalui secangkir kopi, kami meyakini melalui kompetisi ini terbuka peluang bagi siapapun yang ingin menunjukan kemampuan diri. Selain itu Esperto Barista Course juga mengadakan cupping workshop untuk para pecinta kopi. Kami berharap dengan adanya acara ini kita dapat bersama-sama mendukung coffee shop lokal dan membangun ekosistem bisnis kopi yang makin baik dan maju,” tambah Franky.
Posting komentar