Food & Beverage

Kopinya Nikmat, Buminya Selamat!

Boca Espresso menghadirkan rangkaian kopi dalam kemasan ramah lingkungan

Pandemi ini memang sesuatu yang benar-benar di luar dugaan manusia. Tidak ada negara pun yang siap menghadapinya. Karena begitu tiba-tiba, kita sering terpaksa mengambil langkah yang kurang populer tanpa berpikir panjang, seperti pengunaan bahan-bahan sekali pakai termasuk plastik, kemasan, masker dan sebagainya, hanya demi mencegah terpapar virus. Ya, alhasil sampah seperti ini semakin menggunung. Tapi pernah terpikir bahwa ada kemungkinan secangkir kopi nikmat itu juga bisa mencemarkan lingkungan?

Saat ini, kopi dalam kapsul telah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Penyajiannya singkat dan praktis. Hanya memerlukan mesin kopi, dan dalam hitungan detik kopi espresso berkualitas setara racikan kafe terkemuka telah tersaji. Namun, di balik sifat praktisnya, kopi dalam kapsul menyimpan ancaman besar bagi lingkungan. Mayoritas kopi dalam kapsul yang tersedia saat ini dikemas dalam kapsul yang terbuat dari plastik atau aluminium. Dua material tersebut merupakan musuh utama alam karena sifatnya yang tak dapat diurai secara alami. Keduanya membutuhkan waktu antara 150 hingga 500 tahun untuk terurai dengan sempurna.

Tiap tahunnya, kurang lebih sekitar 56 miliar kapsul kopi berakhir di tempat pembuangan sampah. Tentunya, angka ini bukan prestasi yang baik, terutama bagi konsumen atau badan usaha yang mengimplementasikan inisiatif ramah lingkungan dan berupaya mengurangi carbon footprint. Namun kini Boca Espresso menawarkan solusi untuk menikmati secangkir kopi terbaik tanpa perasaan bersalah.

Didirikan pada 2017 oleh Chris Beachley, Boca Espresso fokus menyediakan kopi kapsul ramah lingkungan yang dibuat di Indonesia serta menggunakan biji kopi asli Indonesia. Baru-baru ini, Boca Espresso meluncurkan varian kopi kapsul yang 100 persen ramah lingkungan serta dapat terurai secara alami. Menariknya, kopi kapsul tersebut dapat digunakan di semua mesin kopi standar buatan Nespresso.

Kapsul-kapsul yang digunakan oleh Boca Espresso terbuat dari bahan bioplastic bernama Terrablend. Material anyar tersebut telah dipatenkan dan diakui oleh organisasi Climate Partners sebagai bahan dengan kualitas CO2 Climate Neutral serta menyabet sertifikat OK COMPOST dari TÜV Austria (dulunya Vinçotte). Bioplastic adalah material yang tersusun dari minyak sayur organik, selulosa, dan pati. Keunggulannya dari material organik ini adalah ia memiliki struktur sekuat plastik namun dapat dengan mudah terurai—satu minggu setelah dibuang.

Langkah Boca Espresso untuk menjadi pionir institusi ramah lingkungan di industri kopi Indonesia juga ditunjukkan dengan memangkas emisi karbon yang dihasilkan dari proses produksi, salah satunya dengan menggunakan energi terbarukan, seperti tenaga angin, hydropower, matahari, dan biogas untuk proses produksinya.

Boca Espresso menawarkan empat varian kopi yang diracik secara teperinci guna memenuhi kebutuhan para konsumen. Bubuk kopi yang ditawarkan memiliki cita rasa beragam mulai dari medium roast yang ringan hingga kopi hitam pekat ala Italia.

  1. Revive – Signature Blend
    Bubuk kopi Arabica ini menawarkan rasa kopi yang utuh dengan sedikit nuansa cokelat dan karamel.
  2. Explore – Espresso Blend
    Diproses dengan medium roast, bubuk kopi ini dapat menghadirkan secangkir kopi yang kaya rasa dengan sedikit cita rasa manis dan asam dari buah.
  3. Chill Out – Decaf Blend
    Varian ini dibuat khusus bagi konsumen yang menginginkan kopinya mengandung sedikit kafein. Produk ini dapat menghasilkan secangkir kopi full-bodied dengan nuansa rasa karamel dan toffee.
  4. Wake Up – Italian Blend
    Sesuai namanya, varian ini dibuat bagi mereka yang mendambakan kopi dengan cita rasa yang kuat. Bubuk ini diracik dengan menggunakan perpaduan biji kopi Arabica dan Robusta.

Boca Espresso memiliki showroom dan kafe Boca Espresso Café di Le Meridien Hotel Jakarta dan menawarkan beragam minuman berbahan kopi. Tak hanya itu, Boca Espresso Café juga menyajikan beragam pilihan pastry dan kue artisanal untuk menemani secangkir kopi. Produk-produk Boca Espresso juga dapat ditemukan di hotel-hotel di Indonesia sebagai bagian amenitas standar kamar hotel.



Pada Maret 2021, Boca Espresso secara resmi meluncurkan kopi celup yang dibungkus dalam kemasan ramah lingkungan. Mirip dengan teh celup, cara penyajian kopi ini relatif mudah tanpa memerlukan mesin Nespresso atau sejenisnya. Menurut Chris Beachley, pendiri Boca Espresso, kopi celup ini diciptakan bagi mereka yang mendambakan kopi nikmat di mana saja secara praktis. “Cara menyajikannya sangat mudah, cukup tempatkan kantong kopi dalam cangkir, tambahkan air mendidih, kemudian celupkan kantong kopinya berulang-ulang kali hingga kopi siap dinikmati,” ujarnya. Chris juga menegaskan bahwa kantong kopi bekas dapat langsung dibuang ke tanah atau pot tanaman yang nantinya akan otomatis terurai.

Seluruh produk Boca Espresso dapat dibeli melalui situs www.bocaespresso.co.id atau via Tokopedia.

 

 

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas