Spotlite

Lenovo dan Intel Dukung Film Filosofi Kopi

Lenovo bersama dengan Intel Indonesia mengumumkan dukungannya terhadap pembuatan film Filosofi Kopi, film jenis user generated movie pertama di Indonesia yang siap menciptakan tonggak sejarah baru dalam industri perfilman nasional. Kolaborasi ini merupaka

Di samping dukungan pendanaan dari Lenovo dan Intel, pembuatan film Filosofi Kopi juga mendapat dukungan rangkaian perangkat-perangkat terbaru berupa berupa laptop dan desktop Lenovo berbasis teknologi Intel, serta Lenovo smartphone. Perangkat PC dan tablet Lenovo serta Lenovo smartphone berbasis Intel menjadi alat pendukung bagi para pemeran utama dan sutradara dalam proses pembuatan film maupun sebagai perangkat yang digunakan dalam beberapa adegan dalam film. "Inovasi ada di diri Lenovo dan membantu kami untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan bisnis kami, ini bukan hanya sekedar produk dan teknologi kami, tapi ada di semua hal mulai dari strategi dan pelaksanaan model bisnis." kata Rajesh Thadani, Country General Manager, Lenovo Indonesia, dalam acara konperensi pers pada tanggal 7 Januari lalu di Jakarta. "Kami senang sekali dapat mendukung pembuatan film Filosofi Kopi melalui sponsorship dan bantuan perangkat laptop, desktop, tablet dan smartphone Lenovo. Hal ini menegaskan komitmen Lenovo untuk ikut mendukung pertumbuhan industri perfilman nasional serta industri kreatif pada umumnya. Munculnya film-film yang berkualitas seperti Filosofi Kopi diharapkan akan membuat film Indonesia semakin digemari dan menciptakan multiplier effect seperti ide-ide film yang semakin kreatif dan talenta-talenta dengan bakat luar biasa yang pada akhirnya akan meningkatkan kontribusi industri kreatif terhadap perekonomian nasional ." "Intel Indonesia menyambut baik kolaborasi dengan Lenovo untuk mendukung user-generated movie pertama di Indonesia," kata Yohan Wijaya MNC Sales Director Intel Indonesia "Dukungan teknologi Intel didalam perangkat komputasi terbaru dari Lenovo merupakan kombinasi handal untuk mendukung proses kreatif pembuatan film Filosofi Kopi". Di samping keunikan dari filosofi kopi sendiri yang sangat sesuai dengan karakter Intel sebagai "ingredient brand" Handoko Hendroyono, Executive Producer Filosofi Kopi mengatakan, "Tak ada yang lebih membahagiakan kami ketika melibatkan publik menjadi bagian dari proses pembuatan film Filosofi Kopi ini. Harus diapresiasi ternyata publik sangat antusias dalam proses pembuatan film sebagai sebuah karya. Disinilah esensi sebuah kolaborasi, ketika baik antara anggota tim produksi, aktor hingga publik penonton merasa memiliki film Indonesia. Bangga sekali ketika Filosofi Kopi sebagai The 1st User Generated Movie di Indonesia terlaksana. Majulah perfilman Indonesia"

 

Filosofi Kopi: Persahabatan, Cinta, Pencarian Jiwa Dan Berdamai Dengan Masa Lalu Melalui Kopi disutradari oleh peraih Piala Citra Angga Dwimas Sasongko, dan diangkat dari novel dengan judul sama yang ditulis oleh Dewi ‘Dee’ Lestari. Film ini bercerita tentang persahabatan, cinta, pencarian jiwa dan berdamai dengan masa lalu melalui kopi. Dalam film ini dikisahkan dua sahabat Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) membangun sebuah kedai kopi terkemuka di Jakarta yang dinamai "Filosofi Kopi". Kedai kopi ini hanya menyediakan kopi terbaik Indonesia. Untuk menjawab tantangan menciptakan kopi yang sempurna dari seorang pengusaha, Ben dan Jody harus bertualang menyusun lagi serpihan – serpihan masa lalu mereka yang penuh getir bersama orang tua mereka masing–masing.

 

Film Filosofi Kopi merupakan user generated movie pertama di Indonesia karena mengajak penggemar untuk memilih dan membangun konsep visual yang akan disajikan film ini melalui platform digital. Dengan men-download aplikasi Filosofi Kopi Movie di play store untuk platform Android seorang penggemar telah menjadi salah satu "produser digital" film ini. Conversation melalui media sosial seperti twitter, instagram atau facebook membuat film Filosofi Kopi menjadi milik bersama. Sebagai Produser Digital, penggemar bisa memilih desain artistik yang disuguhkan seperti setting kedai Filosofi Kopi, gaya bergusana Ben maupun Jody, logo kedai Filosofi Kopi, soundtrack, desain furniture, poster atau kendaraan digunakan oleh para pemain utama dalam adegan film. Setiap hal detail yang akan digunakan dalam film ditentukan oleh voting dari para Produser Digital. Pada akhir masa pra produksi, dipilih 2 orang Produser Digital teraktif yang akan terlibat dalam proses syuting dan memperoleh kursi khusus produser di belakang kursi sutradara.

 

Sehubungan dengan dukungan terhadap pembuatan film Filosofi Kopi, Lenovo bekerjasama dengan Intel menggelar kontes khusus bagi konsumen dengan hadiah istimewa yang bisa mereka pilih. Caranya sangat mudah, konsumen tinggal membeli produk PC, tablet, dan smartphone berbasis Intel (untuk periode pembelian 1 Oktober 2014 hingga 31 Maret 2015); mendaftarkan serial number produk di situs www.lenovofilosofikopimovie.com; me-Like Facebook Fan Page Lenovo Indonesia; memasukan data diri di kolom yang disediaan dan mengupload foto bersama produk Lenovo dalam format JPEG/PNG berukuran maksimal 1MB atau video casting bersama produk Lenovo dalam format MP4 dengan ukuran file maksimal 4MB. Satu serial number hanya dapat digunakan untuk mengirim 1 foto dan 1 video. Konsumen dapat memilih hadiah yang diinginkan yakni berakting di Film Filosofi Kopi (untuk 7 orang pemenang), Meracik Kopi dengan Chicco Jerikho (untuk 5 pemenang), Belajar Film dengan Angga D. Sasongko (untuk 5 pemenang) atau tur ke perkebunan kopi bersama Rio Dewanto dan Jullie Estelle (untuk 10 orang pemenang). Kontes berlangsung mulai 19 Desember hingga 31 Maret 2014 dan pemenang ditentukan berdasarkan proses penjurian oleh tim Lenovo dan tim Filosofi Kopi The Movie. Informasi lebih lengkap dapat dibaca di www.lenovofilosofikopimovie.com .