Starbucks® Coffeemezation Ajak Pelanggan Wujudkan Minuman Impiannya
DJAKARTA.ID – Sukses dengan kampanye personalisasi minuman, Starbucks® Indonesia kembali membawa Coffeemezation di tahun 2023. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Coffeemezation mengajak pelanggan setia Starbucks® Indonesia untuk mengkreasikan ide minumannya. Peserta Coffeemezation berkesempatan memenangkan sejumlah hadiah seperti satu unit Vespa, logam mulia, iPhone hingga MAP Gift Voucher yang akan ditentukan di akhir periode kampanye.
Pada acara press conference di Starbucks® Senayan Park, 13 Juni 2023, Liryawati selaku Chief Marketing Officer PT Sari Coffee Indonesia mengungkapkan bahwa alasan kampanye Coffeemezation ini diadakan kembali di tahun kedua karena melihat respon positif dari pelanggan. “Sedikit twist, jika tahun lalu personalisasi minuman berasal dari partner (barista) kami, kali ini berasal dari pelanggan langsung. Mengusung tema #MakeYourDrinksComeTrue, kami mengajak pelanggan untuk menuangkan ide-ide kreatifnya dalam mewujudkan minuman impian, sekaligus memenangkan beberapa hadiah menarik.”
Coffeemezation tahun ini digelar mulai tanggal 24 April – 14 Mei 2023 dan menyerap sekitar 11.000 ide minuman dari pelanggan setia Starbucks® Indonesia. Pelanggan membagikan ide-ide kreatif minumannya melalui laman https://www.Starbucks.co.id/coffeemezation dan akhirnya terpilih empat finalist.
Keempat finalis dengan ide minuman paling menarik tersebut antara lain: Iced Salted Caramel Green Tea Latte (Suci Rahmadhani), Sweet Brown Sugar & Vanilla Macchiato (Fiqi Hermaarif), Iced Tiramisu Latte (Rayi Cita) dan White & Dark Royal Cream Frappuccino® (Mirna Morina). Pemilihan empat finalis tersebut berdasarkan dari kesesuaian dengan tema, nama minuman, bahan-bahan yang dipilih, hingga latar belakang inspirasi ide kreasi minumannya.
“Craft adalah salah satu brand pillar Starbucks® yang sangat kami tekankan dalam kampanye ini. Kami tidak hanya mengajak pelanggan untuk berpikir kreatif dan mewujudkan minuman impian mereka, tetapi juga menunjukkan keahlian para barista kami untuk menerjemahkan ide-ide pelanggan tersebut,” tambah Liryawati.
Menu customization untuk minuman di Starbucks® sendiri sebenarnya sudah menjadi perbincangan sejak awal tahun 2000an dan semakin berkembang melalui hashtag #StarbucksSecretMenu atau #StarbucksSecretRecipe. Pelanggan ataupun barista bisa berkreasi menambahkan sirup, saus karamel, shot kopi, pilihan less sweet, mengganti jenis susu ke susu nabati, non-fat, hingga opsi kopi decaf. “Kebebasan berkreasi inilah yang membuat kampanye Coffeemezation hadir lebih personal, khususnya bagi Gen-Z,” tutup Liryawati.
Empat minuman tersebut dapat dinikmati di seluruh gerai Starbucks® Indonesia mulai dari tanggal 12 Juni – 9 Juli 2023. “Bagi pelanggan yang belum berhasil menjadi finalist, mereka bisa mendukung minuman favorit masing-masing dan berkesempatan mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Caranya mudah, mereka hanya perlu membeli salah satu minuman keempat finalist tersebut dan memposting di social media dengan mention @starbucksindonesia dan hashtag #coffeemezation,” ujar Astrid Tanggara selaku Senior General Manager, Portfolio Marketing & Communication untuk PT Sari Coffee Indonesia menambahkan.
Jadi, sudah siap dukung minuman Starbucks® Coffeemezation favoritmu tahun ini? (aul)
Posting komentar