Cerita Aaliyah Massaid, Luxcrime & Careso Temukan Inspirasi Bersama Shopee
DJAKARTA.ID – Menjalankan peran sebagai destinasi belanja online bagi masyarakat, Shopee telah menghadirkan inovasi dan program bermanfaat bagi seluruh ekosistem. Berbagai kampanye dan kurasi produk terbaik disesuaikan dengan preferensi pengguna di laman Shopee Mall, hingga fitur Shopee Live dan Shopee Video yang memberikan kesempatan interaksi lebih dekat antara penjual dan pembeli.
Hal tersebut menjadi bentuk nyata dari upaya Shopee untuk tumbuh beriringan dengan kebutuhan rakyat serta meningkatkan pengalaman belanja pengguna.
“Berbagai inovasi kami dedikasikan untuk menyesuaikan dengan cara dan perilaku masyarakat saat berbelanja. Mulai dari fitur Shopee Mall hingga rangkaian fitur interaktif, Shopee Live dan Shopee Video. Inisiatif ini telah hadir mewarnai perjalanan preferensi belanja masyarakat dari waktu ke waktu dengan menyuguhkan pengalaman menyenangkan, nyaman, dan terpercaya. Sekaligus membawa dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal,” ungkap Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia.
Melalui acara bertajuk “Bercerita Bersama Shopee: Membangun Impian, Mewujudkan Kesuksesan” pada tanggal 25 Juni 2024, Shopee mengundang Aaliyah Massaid serta dua brand lokal Luxcrime dan Careso untuk mendengarkan cerita mengenai manfaat dan peluang yang dirasakan dari berbagai inovasi program dan teknologi fitur Shopee. Para narasumber berbagi kisah mengenai peran Shopee dalam membangun mimpi di kehidupan mereka, mewujudkan kesuksesan, serta mengulik keuntungan yang didapatkan dari fitur dan program Shopee yang mereka gunakan.
Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia.
Joseph Sebastian sebagai Founder & CEO Careso menceritakan awal perjalanan yang ia lalui bersama Shopee. Penjualan pertama produk Careso kepada konsumen berlangsung di Shopee tepat di hari pertama mereka mengunggah produk. Tanpa ada promo pemasaran dan status toko masih baru, bahkan belum menjadi Star Seller.
“Melihat hal ini, kami mulai memfokuskan penjualan Careso dan mengikuti berbagai kampanye di Shopee hingga akhirnya bisa menjadi penjual Shopee Mall di tahun yang bersamaan. Bersama jaminan 100% Ori yang dimiliki Shopee Mall, masyarakat merasakan keamanan dan yakin terhadap produk dari toko resmi kami. Ini semua mengantarkan Careso mendapatkan peningkatan penjualan 10 kali lipat saat kampanye angka kembar Shopee dibandingkan hari biasa,” terang Joseph.
Careso bermula dari bisnis rumahan di tahun 2019 dan bergabung bersama Shopee di awal tahun 2020. Dimulai dari meluncurkan 6 produk body fragrance, Careso sudah memiliki lini body lotion, EDP perfume, body wash, dan lini produk baru Careso Baby yang aman untuk kulit bayi. Careso juga melihat peluang dan merasakan manfaat signifikan dari fitur Shopee Live dan Shopee Video. Produk yang dijual Careso adalah wewangian yang tidak bisa ditunjukkan aroma, warna, ataupun tekstur seperti produk kecantikan lainnya. Adanya kedua fitur interaktif Shopee tersebut memberikan kemudahan bagi Careso dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian.
“Kami melihat peningkatan drastis terhadap penjualan Careso setelah menggunakan kedua fitur interaktif Shopee. Kontribusi Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan Careso, dimana 40% total pendapatan di semester I tahun 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live. Platform Shopee ini sudah lengkap sekali untuk brand lokal seperti kita tumbuh dan berkembang. Saya yakin jika Shopee dimanfaatkan dengan baik, dapat menjadi batu loncatan bagi kesuksesan lebih banyak brand lokal dan UMKM di luar sana,” tutup Joseph.
Kisah yang sama mengenai dua fitur Shoppe turut dirasakan oleh brand kecantikan lokal, Luxcrime. Bediri sejak 2015, perjalanan Luxcrime cukup sulit membuat market percaya dengan produk kosmetik lokal. Mereka kemudian bergabung dengan Shopee dan berhasil mentransformasi bisnisnya dengan menjangkau lebih banyak konsumen. Dalam empat tahun terakhir, mereka mengalami pertumbuhan signifikan dengan lonjakan transaksi. Shopee menjadi sumber pendapatan terbesar Luxcrime diantara platform lainnya. Terlebih, di berbagai momen kampanye belanja Shopee mampu meningkatkan transaksi hingga 12 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Aaliyah Massaid, Joseph Sebastian (Careso), dan Melissa Andriani (Luxcrime)
Luxcrime terus fokus menciptakan terobosan melalui berbagai lini produk kecantikan berkualitas. Produk Blur & Cover Two Way Cake bahkan menjadi produk unggulan banyak perempuan Indonesia. Tren positif itu mengantarkan Luxcrime bergabung dengan fitur Shopee Mall yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Luxcrime senantiasa membaca tren live shopping yang semakin digemari masyarakat dengan mulai memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video sejak tahun 2022. Mereka rutin berbagi inspirasi melalui konten-konten bertemakan beauty tips dan beauty hacks.
“Semenjak aktif memanfaatkan fitur Shopee Live, menghasilkan sekitar 30 persen penjualan Luxcrime di Shopee berasal dari pengguna yang menikmati konten-konten interaktif di Shopee Live. Performa penjualan gemilang ini tidak terlepas dari semakin interaktifnya kami menciptakan beragam jenis sesi live streaming dan konten video kreatif. Kami berhasil membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, memperkenalkan lebih banyak bahan baku alami khas dari berbagai daerah di Indonesia, serta meningkatkan eksposur produk-produk kecantikan lokal,” terang Melisa Andriani, General Manager Luxcrime.
Aaliyah Massaid sebagai content creator, penyanyi, dan mahasiswa pun turut merasakan dampak positif dari fitur-fitur Shopee di atas. Aaliyah merasa kehadiran fitur tersebut sangat membantunya dalam mendukung penampilannya. “Fitur yang sering saya gunakan adalah Shopee Mall. Sangat membantu pengalaman berbelanja semua kebutuhan dengan sangat terjamin, produk bergaransi 100% Ori dan tentunya banyak penawaran serta promo lainnya.”
Aaliyah merasa kehadiran fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video menjadi angin segar bagi para penggemar tren live shopping. Para penjual berkesempatan memberikan penjelasan detail produk secara langsung, sementara konsumen bisa melihat wujud impresi produk melalui sesi try-on produk maupun review produk.
“Kehadiran fitur Shopee Mall memudahkan aku membagi waktu di tengah kesibukan sehingga bisa rutin ‘cuci mata’ berbelanja di brand favorit dengan nyaman dan aman tanpa harus keluar rumah. Sama halnya dengan fitur Shopee Live dan Shopee Video yang mampu menghubungkan aku lebih dekat dengan brand kesayangan melalui pengalaman belanja interaktif. Semoga Shopee dapat terus menjadi 'comfort place' yang tidak tergantikan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hariku," tutup Aaliyah.
Posting komentar