Digital World

Membuka Peluang Terwujudnya Ide-ide Kreatif Melalui Teknologi

Samsung Ideaction mendukung pengembangan dan pemberdayaan talenta muda sebagai penerus masa depan bangsa melalui sebuah inovasi teknologi

Sudah menjadi komitmen Samsung Electronics Indonesia untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan aktivitas kehidupan bagi konsumen Indonesia. Dan melalui kepemimpinan pada bidang teknologi, Samsung ingin terus menghadirkan inovasi secara konsisten sekaligus menjadi warga negara Indonesia yang mendukung kemajuan bangsa . Melalui Samsung Ideaction, sebuah kegiatan kompetisi di bidang teknologi untuk mahasiswa Indonesia, Samsung Electronics Indonesia berharap dapat membuka peluang terwujudnya ide-ide kreatif yang dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat saat ini melalui teknologi. Banyaknya inovasi teknologi yang telah dihasilkan selama puluhan tahun oleh Samsung Electronics, khususnya melalui Samsung Mobile, membuat Samsung Electronics Indonesia ingin memberikan inspirasi dan edukasi sekaligus mendukung generasi muda untuk percaya diri dalam melakukan terobosan berbasis teknologi. Samsung Electronics Indonesia secara serius menggandeng generasi muda yang memiliki minat pada teknologi, untuk menciptakan perubahan yang lebih baik bagi masa depan bangsa Indonesia, terlebih dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dan persaingan global.

Menyasar ide-ide kreatif anak muda atau generasi millenial Indonesia, Samsung Electronics Indonesia sadar akan perlunya mendukung dan melibatkan mereka dalam revolusi digital yang sedang berlangsung. Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik, generasi ini akan menguasai 50%-60% populasi masyarakat Indonesia dengan menjadi populasi usia produktif terbesar dalam 5 tahun mendatang. Teknologi seperti smartphone pun sudah menjadi bagian dari hidup mereka. Hal tersebut dibuktikan dari hasil riset Crowd DNA di bawah pengawasan Facebook yang menyatakan bahwa untuk berinteraksi dengan teman-teman saja, 90% dari mereka memilih untuk melakukannya melalui teknologi. 73% dari generasi ini juga memiliki ketertarikan pada teknologi dan sebanyak 72% merasa perlu tahu perkembangan terkini mengenai teknologi.

Sebagai pemimpin di teknologi smartphone, Samsung Electronic Indonesia tidak hanya ingin terus menghadirkan inovasi teknologi namun juga ingin memberikan kontribusi mendukung generasi muda menyalurkan ide kreatif mereka yang dapat memberikan perubahan pada masyarakat luas. Samsung Ideaction sebuah kompetisi yang Samsung jalankan untuk mengajak para mahasiswa Indonesia untuk mewujudkan ide kreatif mereka yang berhubungan dengan teknologi mobile untuk dapat memberikan manfaat bagi masyrakat maupun lingkungan sekitar.

"Samsung Electronics percaya kemudahan hidup dapat ditunjang dengan teknologi, maka inovasi yang terus menerus dilakukan adalah hal yang penting. Kami melihat minat anak muda terhadap teknologi harus diberikan wadah yang layak dan dukungan dari semua pihak, termasuk korporasi, agar memberi dampak yang luas bagi masyarakat. Samsung IdeAction akan mendorong lebih banyak anak muda untuk menghasilkan ide kreatif mereka di bidang teknologi dan kami akan membantu mereka untuk mewujudkannya dengan menggabungkan ide dengan aksi," tutur Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia.

Melalui teknologi, Samsung berharap dapat mencetak ide baru yang berasal dari anak muda Indonesia yang mampu membawa perubahan sosial. Salah satu inspirasi Samsung yaitu, Alfatih Timur yang masuk ke dalam jajaran Forbes’ 30 Under 30 Social Entrepreneur dengan mendirikan KitaBisa.com. Proyek yang ia kembangkan berhasil mengubah pola pandang masyarakat tentang berdonasi dan peduli akan kondisi sosial.

Dalam aktivitas ini, Samsung Electronics Indonesia akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa-mahasiswa dari 12 universitas terkemuka di Indonesia untuk menyampaikan ide-ide kreatif mereka. Dari puluhan ide yang terpilih, peserta akan dibekali dengan coaching dan mentoring. Samsung akan memilih tujuh finalis terbaik yang kemudian akan dipilih tiga pemenang. Juara pertama akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Edu Trip ke Korea Selatan. Edu Trip ini mengajak pemenang mengunjungi Samsung Innovation Museum hingga bertemu dengan para R&D Samsung dan pigak-pihak lain yang berperan dalam Inovasi teknologi Samsung. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi bagaimana Samsung Electronics melakukan inovasi dari tahun ke tahun dan juga dampak positif yang dihasilkan oleh industri teknologi dapat merubah nasib suatu bangsa. Selain itu juga akan mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp 100.000.000,- , dan juga dukungan fasilitas bagi Universitas pemenang senilai Rp.100.000.000,-

Samsung mempercayakan tiga panel juri untuk mencari pemenang Samsung IdeAction, yaitu Ir. Abdul Hapid selaku Peneliti Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI, Yoris Sebastian, pemasar kreatif dari OMG Creative Consulting dan Rama Mamuaya dari Daily Social. Dan tentunya juga sebagai pihak penyelenggara Samsung akan hadir juga dalam panel juri yaitu Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT & Mobile dan Alfred Boediman, Vice President Samsung R&D Institute Indonesia.

"Generasi muda atau generasi millenial Indonesia akan memiliki peranan besar pada banyak bidang di Indonesia menuju tahun 2020 mendatang. Minat mereka perlu dibina dari sekarang, salah satunya melalui pendekatan teknologi, terutama yang berkaitan dengan smartphone sebagai sebuah gadget yang tidak dapat dipidahkan dari kehidupan sehari-hari mereka. Kreatifitas mereka perlu didorong untuk menghasilkan kemudahan-kemudahan hidup yang dapat menjadi solusi atas masalah-masalah yang terjadi di masyarakat, melalui teknologi smartphone," ujar Yoris Sebastian, OMG Creative Consulting.

Peneliti Tenaga Listrik dan Mekatronika dari Lembaga Ilmu Peneliti Indonesia, Ir. Abdul Hapid melihat jika generasi muda Indonesia mampu berperan aktif dalam perkembangan bidang teknologi, tidak hanya sebagai pengguna saja. "Kompetisi Samsung Ideaction tidak sekedar melatih kalangan muda Indonesia untuk berani mewujudkan apa yang mereka angan-angankan, tapi juga membuat mereka memahami jika kemudahan hidup tercipta berkat teknologi yang diciptakan untuk tujuan dan manfaat positif," tuturnya.

Samsung tidak hanya sekedar sebagai produsen elektronik terkemuka yang selalu ingin menjawab permintaan pasar, namun juga sebagai merek dan korporasi yang sangat peduli akan perkembangan inovasi dari teknologi itu sendiri. "Dari awal berdiri, Samsung Electronics telah mempelopori banyak inovasi teknologi yang membantu kehidupan masyarakat. Sekarang, kami ingin anak muda Indonesia untuk turut ikut berkontribusi, mengembangkan kemampuan mereka dan membangun bangsa melalui teknologi bersama-sama dengan Samsung," tambah Vebbyna.