Smartphone World

Menyongsong Era Video Entertainment dengan OPPO Reno6

Efek video sinematik tanpa Kamera Profesional, Lighting, Crew, dan Computer Video Editing

Beberapa waktu lalu Head of Instagram, Adam Mosseri, memberikan pernyataan bahwa Instagram akan merubah diri dari sebuah aplikasi foto sharing berubah fokus menjadi aplikasi entertainment, khususnya video entertainment, dan ke depan tidak akan lagi mengembangkan fitur fotonya. Pernyataan ini muncul berkaitan dengan dirilisnya fitur reels. Adam Mosseri memang tidak menutupi bahwa video entertainment telah hadir di aplikasi lainnya yang sudah meraih sukses besar, mulai YouTube hingga TikTok. Agar bisa tetap bersaing Instagram harus beradaptasi.

Trend video entertainment ini bukan hanya berpengaruh pada aplikasi, tapi juga pada perangkat keras. Jika kualitas foto dari smartphone sering bisa menyaingi hasil foto dari kamera DLSR atau Mirrorless, namun untuk efek  video dengan kualitas sinematik, teknologi smartphone selama ini belum bisa menyaingi. 

Dari Smartphone Photography ke Smartphone Video

Efek bokeh memang efek yang digemari. Obyek depan akan terlihat jelas dan tajam, sementara latar belakang terlihat kabur (bokeh). Kesulitan menghadirkan efek ini akan bertambah jika pengambilan foto dilakukan pada malam hari atau saat ada cahaya kuat dari latar belakang (backlight). Efek ini sudah menjadi fitur yang banyak dimiliki smartphone masa kini untuk menghasilkan foto dengan bokeh. Namun ini hanya terbatas untuk hasil foto, sementara menggunakan smartphone untuk hasil video dengan bokeh belum bisa.

Namun kini lupakan harus punya Kamera Profesional, Lensa, Lighting, Crew, dan Computer Video Editing agar dapat hasil video sinematik dengan pengambilan dalam suasana malam, obyek yang tetap terang dan jelas, sementara tetap terang dan bokeh. Hasil ini dapat diperoleh hanya dalam waktu 10ms dengan OPPO Reno6, seri smartphone pertama yang menghadirkan efek bokeh sinematik melalui Fotografi Komputasional. 

“Fotografi komputasional memungkinkan produsen smartphone untuk memecahkan batasan perangkat keras dengan memaksimalkan kemampuan algoritma kecerdasan buatan dan komputasi yang diproses oleh prosesor khusus seperti ISP (Image Signaling Processor). Batasan ini berhasil ditembus OPPO dengan menghasilkan komputasional tidak hanya dalam fotografi namun ke ranah videografi. Reno6, menjadikan seri smartphone pertama yang mencapai bokeh sinematik menggunakan teknik fotografi komputasi,” ungkap Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Reno6 memiliki serangkaian fitur video portrait yang disempurnakan dengan kecerdasan buatan, membawa kualitas video potret ke tingkatan berikutnya dengan kehadiran Bokeh Flare Potrait Video, fitur pertama di industri yang secara otomatis memberikan efek bokeh dengan kualitas sinematik. Didukung oleh lebih dari 10 juta dataset potret dan algoritma kecerdasan buatan, Bokeh Flare Portrait Video menghadirkan proses video real-time untuk menangkap video potret dengan latar belakang bokeh, namun tetap membuat subjek potret tampak alami dan cerah. Fitur ini dapat digunakan untuk kamera depan dan belakang.

OPPO Reno6 juga mewarisi fitur potret AI Highlight Video, fitur yang dapat mendeteksi cahaya sekitar guna meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR. Fitur Potrait Beautification Video menampilkan efek percantik alami pada video potret, dengan pengenalan hingga 193 titik fitur wajah utama dalam video, yang dapat memberikan efek kecantikan dengan presisi, personalisasi, dan keaslian yang lebih baik.

Video Potret Bokeh Flare Sinematik Reno6

Sebelumnya, untuk mencapai efek bokeh sinematik pada video, pengguna memerlukan peralatan profesional, tim profesional, dan bahkan masih memerlukan editor profesional untuk menyelesaikannya. Namun dengan Bokeh Flare Portrait Video pada Reno6, video bokeh flare sinematik memukau seperti ini dapat dilakukan hanya dengan klik satu tombol.

Bagaimana efek ini bekerja? Saat pengguna menekan tombol Bokeh Flare Portrait Video, OPPO Reno6 mulai menggunakan AI deep learning untuk melakukan pemahaman frame-by-frame dari video untuk membedakan secara akurat antara subjek video dan latar belakang. Sistem ini dapat melakukan segmentasi subjek manusia dengan akurat dan real-time 360 derajat.

Setelah segmentasi, rendering pengoptimalan tingkat piksel dilakukan untuk subjek dan gambar latar belakang. Pada gambar subjek, pemrosesan warna dan kecerahan khusus dilakukan pada tingkatan piksel untuk mempertahankan warna asli gambar sambil mengoptimalkannya. Pada saat yang sama, teknik computational vision digunakan untuk melakukan pemburaman latar belakang, pengingkatan saturasi, dan penyesuaian warna pada lingkaran cahaya pada gambar latar belakang.

OPPO Reno6 memiliki kemampuan untuk mendekati jenis efek bokeh yang dicapai dengan lensa kamera aperture besar kamera DSLR untuk meniru efek bokeh, ukuran, kecerahan, dan lingkaran bokeh pada setiap cahaya dalam video yang telah ditentukan berdasarkan pemahaman kecerdasan buatan tentang sumber cahaya pada latar belakang. Selama proses perekaman, ukuran dan kecerahan lampu bokeh akan berubah berdasarkan pergerakan kamera dan perubahan kedalaman.

Fitur AI Portrait Yang Telah Ditingkatkan

OPPO Reno6 memiliki kamera belakang 64MP quad camera dan kamera depan 44MP. Reno6 hadir dengan peningkatan siginifikan pada algoritma OPPO Image-clear Engine. Pengoptimalan tingkat sistem yang memungkinkan pengguna mengambil bidikan jelas pada subjek bergerak, atau dengan cepat menangkap momen dengan hasil tajam. OPPO Reno6 didukung fitur Ultra-clear 108MP Image, yang dapat menampilkan detail dan hasil yang tajam, memberikan pengguna banyak kemudahan saat melakukan penyuntingan.

Desain Reno yang Ramping Dan Trendi

Melanjutkan desain seri Reno yang ikonik, Reno6 memiliki tampilan stylish dan ramping yang hadir dalam dua warna baru, Aurora dan Stellar Black. Kedua warna menciptakan tampilan yang benar-benar menakjubkan sekaligus juga tahan sidik jari.

Dengan proses Diamond Spectrum, OPPO Reno6 Aurora menciptakan efek visual yang “selalu berubah”. Dapat menghadirkan jutaan warna pada satu perangkat dengan melihatnya melalui sudut atau pencahayaan yang berbeda. Stellar Black menambahkan detail berkilau halus ke warna hitam klasik. Kedua warna dilengkapi dengan efek Reno Glow yang memberikan detail berkilauan yang halus pada penampang belakang dan membuatnya tahan sidik jari.



Pada bagian depan Reno6, layar AMOLED 6,4 inci 90Hz menghadirkan pengalaman multimedia yang lebih jelas dan mulus dilengkapi dengan desain single punch-hole yang memberikan sentuhan modern. Guna memberikan pengalaman hiburan terbaik, OPPO Reno5 dilengkapi dengan sertifikasi Netflix HD dan Amazon Prime Video HD, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming konten lebih detail. Selain itu, low-blue light screen telah diverifikasi dan disertifikasi oleh SGS Eye Care Display, yang dirancang untuk melindungi penglihatan pengguna saat menggunakan perangkat dalam waktu yang lama. Selain tampil memukau, Reno6 dirancang dengan desain tipis, ramping, dan hadir dalam ukuran yang nyaman dengan ketebalan hanya 7.8mm dan berat hanya 173g.

Performa Luar Biasa

Performa luar biasa dimulai dari kehadiran pengisian daya cepat 50W Flash Charge dan baterai besar 4310 mAh. Dengan kombinasi keduanya, Reno6 dapat diisi 100% hanya dalam waktu 45 menit.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G memastikan kinerja super mulus. Reno6 juga dilengkapi dengan RAM 8GB LPDDR4X dan penyimpanan 128GB UFS 2.1, serta teknologi RAM Expansion yang dikembangkan OPPO, memungkinkan sebagian penyimpanan internal untuk digunakan sebagai memori jangka pendek jika RAM habis. Pada dasarnya, RAM 8GB pada Reno6 dapat dilengkapi dengan tambahan pilihan memori 2GB/3GB/5GB saat dibutuhkan, artinya meskipun beberapa aplikasi berjalan pada saat yang sama, perangkat Reno6 tetap berjalan dengan lancar.

Dengan fondasi yang kuat ini, OPPO juga telah mengoptimalkan perangkat Reno6 untuk lebih meningkatkan pengalaman bermain game bagi konsumen. Fitur game yang disesuaikan seperti Quick Startup, Game Focus Mode, dan teknologi Hyperboost 4.0 dari OPPO sendiri jika digabungkan akan menciptakan pengalaman terbaik ketika bermain game online.

ColorOS 11 yang Mudah Digunakan untuk Pengguna Reno6

Reno6 hadir dengan ColorOS 11 yang memberikan banyak efisiensi, kelancaran dan privasi yang diperkuat untuk pengalaman penggunaan yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Pengguna diberikan cara untuk menikmati hidup yang lebih santai melalui O Relax, aplikasi bawaan yang berisi serangkaian suara yang menenangkan dan permainan kasual untuk membantu pengguna menghilangkan kecemasan dan menemukan kedamaian diri, Artist Wallpaper Project menghadirkan serangkaian wallpaper khusus menawarkan keindahan sains dan inspirasi setiap kali menatap layar Reno6.

Freeform Screenshots memungkinkan pengguna menangkap layar dalam berbagai bentuk dan kemudian dapat mennerjemahkan secara langsung dengan dukungan lebih dari 100 bahasa dan Air Gesture memungkinkan pengguna melakukan tugas seperti menggulir menu ke arah atas dan bawah tanpa menyentuh layar. Keamanan menjadi bagian utama pada ColorOS 11 dengan fitur Anti-peeping untuk notifikasi yang dapat secara otomatis menyembunyikan detail pesan pada pop-up ketika orang lain menatap layar pengguna. Private System memungkinkan pengguna membuat beberapa akun di ponsel dengan aplikasi dan data yang terpisah.

Reno6 mulai dapat dipesan pada tanggal 16 hingga 22 Juli secara daring, eksklusif pada situs e-dagang Shopee.co.id dan secara luring pada jaringan OPPO Store atau toko – toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di Indonesia. Pada masa pemesanan, pengguna akan mendapatkan keuntungan berupa Reno Wireless Mini Home Theater senilai 1,5 juta secara terbatas dan selama persediaan masih ada. OPPO Reno6 dijual di Indonesia dengan harga Rp. 5.199 juta.

OPPO Reno6 - The AI Portrait Expert!

 

 

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas