Yang Baru

Oreo Bercorak Wastra

Oreo Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Pelestarian Warisan Budaya Indonesia

DJAKARTA.ID – Kain wastra sebagai kain tradisional Indonesia telah menjadi salah satu warisan budaya yang mempersatukan beragam budaya Nusantara lainnya. Di bulan perayaan Hari Batik Nasional 2024 ini, Oreo turut merayakan kekayaan budaya kain wastra dengan merilis kemasan edisi spesial bercorak Wastra. Oreo juga mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk bersama-sama merayakan keindahan kain Wastra melalui keseruan kepingan cookies spesial Oreo.

Peluncuran edisi spesial Oreo ini merupakan salah satu wujud komitmen berkelanjutan Mondelez Indonesia untuk selalu berinovasi dengan menonjolkan kearifan budaya dan mendukung industri lokal. Oreo menghadirkan empat kemasan bergambar wastra Indonesia yang bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan di seluruh dunia.

“Oreo telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga Indonesia. Membawa misi menyebarkan kebahagian ke seluruh dunia, kami pun turut bangga bahwa setiap keping Oreo bisa dinikmati di 40 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, termasuk Jepang, Australia dan Selandia Baru. Kemasan bercorak kain Wastra ini merupakan sebuah persembahan dari Indonesia, dibuat oleh orang Indonesia agar bisa dinikmati seluruh pelanggan Oreo di seluruh negara,” jelas Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate Communications and Government Affairs Mondelez Indonesia

Apresiasi perilisan kemasan Oreo bercorak Wastra ini mendapat dukungan Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Beliau sangat mengapresiasi inisatif Oreo dalam merayakan keberagaman budaya Indonesia, khususnya kain batik Wastra yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai budaya asli Indonesia sejak tahun 2009.

“Kami berharap inisiatif ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama generasi muda agar memiliki kebanggaan dan tergerak dalam melestarikan serta mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Dengan melestarikan batik, kita juga menjaga kearifan lokal yang bisa menjadi sumber inspirasi dan inovasi bagi generasi mendatang,” ujar Sandiaga Uno

Kemasan Oreo bercorak kain Wastra ini mewakili empat wilayah di Indonesia, yakni “Batik Mega Mendung” dari Cirebon pada Oreo varian rasa original, “Kain Songket” dari Palembang pada Oreo varian rasa Strawberry, “Tenun Sengkang” dari Makassar pada Oreo varian rasa Blueberry dan “Tenun Endek” dari Bali pada Oreo varian rasa Coklat. Oreo menggandeng perancang busana Era Soekamto, seorang tokoh ternama di dunia mode Indonesia untuk mendesain kemasan edisi spesial ini.

“Layaknya wastra Nusantara, dalam setiap motifnya tersimpan kelestarian dan kesadaran terhadap nilai-nilai luhur budaya yang bisa menyatukan Indonesia. Saya berharap hadirnya Oreo edisi spesial ini bisa menjadi daya tarik bagi lebih banyak masyarakat Indonesia untuk merayakan keberagaman, sekaligus lebih mengenal dan memperkuat rasa kepemilikan akan warisan budaya Indonesia,” ungkap Era Soekamto.

Senada dengan Era Soekamto, seorang Nadine Chandrawinata selaku kain tradisional enthusiast pun berharap agar edisi spesial Oreo kali ini bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang untuk menumbuhkan kebanggaan akan warisan budaya mulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga. Bagi Nadine, kemasan Oreo spesial Batik ini merupakan kombinasi lengkap yang bisa membuat berbagai momen seru keluarga menjadi lebih bermakna. Hal ini juga bisa membangun kedekatan antara anak-anak dengan ragam budaya lokal dengan cara lebih seru. 

“Seperti batik yang menyatukan kita sebagai satu bangsa, Oreo pun menyatukan keluarga Indonesia dengan mengajak mereka untuk berbagi keseruan bersama. Kami berharap hadirnya edisi spesial ini bisa menjadi momentum bagi kita semua untuk merayakan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia, sambil menciptakan momen-momen penuh keseruan bersama Oreo. Apapun latar belakang kita, Oreo selalu menyatukan kita dalam kebersamaan yang penuh rasa,” jelas Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia.

Oreo pun telah menyiapkan berbagai program customer promotion berupa hadiah menarik bagi konsumen, yakni merchandise eksklusif dari Era Soekamto yang bisa didapatkan dengan cara cukup membeli produk Oreo edisi spesial kemasan bercorak Wastra, pindai barcode atau masuk ke dalam bit.ly/OREOBATIK dan ikuti petunjuknya.

Selain itu, Oreo juga mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam kompetisi desain kain Batik digital yang diunggah melalui akun instagram. Nantinya, lima desain Batik digital terpilih akan berkesempatan digunakan oleh influencer dalam kegiatan dan diunggah dalam media sosial influencers. Saat ini kemasan Oreo bercorak Wastra telah tersedia di pasar Indonesia dan dijual serta tersebar di toko terdekat.

Guna menciptakan dukungan yang lebih luas terhadap pelestarian kain tradisional, Oreo juga menginisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “Oreo Berbagi” yang langsung menyentuh dan memberikan dampak nyata kepada ribuan pengrajin dan pengusaha batik, khususnya di wilayah Cirebon yang terkenal dengan corak Mega Mendungnya

“Berbagai bantuan dan pelatihan pun telah kami siapkan guna mendukung produktivitas pengrajin maupun pengusaha Batik, mulai dari pengadaan alat membatik dan pengolahan limbah hingga peralatan praktik membatik di sekolah untuk mendorong regenerasi pengrajin Batik dari kalangan generasi muda,” tutup Dian. (aul)