Digital World

Perlindungan Asuransi Semudah Belanja Online

Inovasi Allianz dalam ekosistem digital memberi kemudahan akses produk dan layanan asuransi di Era Pandemi

Hanya dalam hitungan bulan, kondisi dunia mengalami perubahan total yang bahkan di dunia film Hollywood tidak pernah terbayangkan dampaknya, karena bisa dianggap skenario yang tidak realistis. Lebih parah lagi, tidak ada agen James Bond 007 yang di detik-detik akhir bisa menyelamatkan dunia dari ancaman sebuah virus dasyat. Virus Covid-19 memang datang ke dunia, tanpa ada satu orang, bangsa, ataupun negara yang siap menghadapinya. Dan kini, setelah sekitar enam bulan sejak pertama kali ditemukan, dunia pun harus menerima bahwa virus ini tidak hilang begitu saja. Sementara satu vaksin bisa ditemukan, kita harus belajar hidup “berdampingan”, dan mengadaptasi sebuah kehidupan “Normal Baru” dengan berbagai upaya pencegahan, dan salah satunya menjaga jarak dengan #stayathome dan #workfromhome.

Perkembangan e-commerce dan digitalisasi untunglah mendukung kondisi tinggal dan bekerja di rumah saja, sehingga dari belanja sayur hingga layanan perbankan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun melalui perangkat mobile. Namun, selain kebutuhan sehari-hari, dalam era pandemi kebutuhan akan proteksi dan layanan asuransi semakin terasa. Di media sosial pun sudah banyak beredar berita betapa mahalnya biaya perawatan COVID-19 jika harus dirawat mandiri.  Di masa pandemi ini, tingkat awareness masyarakat terhadap pentingnya perlindungan asuransi memang cenderung meningkat. Hal ini  diperkuat dengan data yang dikeluarkan oleh MarkPlus Inc. dan Jakarta Chief Marketing Officer (MCO) pada acara Industry Roundtable di bulan Maret 2020, yang menunjukkan bahwa 9 dari 10 nasabah asuransi mencari informasi, terutama mengenai apakah polis asuransinya memberikan perlindungan terhadap COVID-19. 

Namun penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan physical distancing tidak menjadi halangan untuk memperoleh perlindungan asuransi, karena Allianz telah menerapkan inovasi digital untuk membantu nasabah tetap mendapatkan proteksi dan layanan asuransi yang dibutuhkan. Apalagi semua produk asuransi Allianz, baik kesehatan maupun jiwa, memang memberikan perlindungan terhadap COVID-19. Dengan berbagai inovasi digital, Allianz Life Indonesia bahkan telah meraih penghargaan ‘Digital Transformation of the Year’ di acara 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards, pada tanggal 27 Juli 2020.

Melalui ekosistem digital yang dibangun oleh Allianz, proses pengajuan asuransi dapat dilakukan melalui Allianz Discover, di mana pengajuan aplikasi yang lengkap dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari lima menit. Allianz Discover, yang mengintegrasikan ekosistem penjualan lengkap – termasuk tools untuk interaksi dengan nasabah, mengajukan SPAJ, tracking, serta layanan untuk nasabah – ke dalam perangkat tablet yang dapat dimanfaatkan oleh lebih dari 30.000 agen.

Allianz juga terus menghadirkan fitur dan fungsi baru di eAZy Connect sebagai self-servicing tools, di mana nasabah dapat mengakses seluruh informasi polisnya melalui website ini. Nasabah kini juga semakin mudah dan nyaman dalam melakukan proses klaim asuransi kesehatan melalui eAZy Claim, di mana nasabah hanya perlu mengunggah kelengkapan dokumen pendukung klaim melalui aplikasi untuk kemudian klaimnya akan dibayarkan oleh Allianz dalam waktu kurang dari 48 jam. Ekosistem digital tersebut semakin diperkuat dengan kerja sama Allianz dengan para mitra strategis, seperti Gojek, Bukalapak, dan Halodoc yang memberikan added-value services kepada nasabah Allianz Indonesia.

Allianz eAZy Connect - Portal Nasabah Online 

 

Meskipun juga menerapkan kebijakan WFH, Allianz Indonesia tetap memastikan agar bisnis operasional bisa tetap berjalan, sehingga tidak mengganggu layanan terhadap nasabah dan mitra bisnis Allianz Indonesia. Allianz eAZy Cover memberikan kemudahan untuk proses pembelian produk asuransi untuk nasabah dan tenaga pemasar Allianz, melalui voice call maupun video call. Allianz  menggunakan digital sales tools untuk membantu nasabah menentukan perlindungan sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, tenaga pemasar akan membantu nasabah melakukan pengisian Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) secara elektronik dengan menggunakan digital sales tools. Untuk proses otentikasi, nasabah hanya perlu memberikan swafoto dengan memegang KTP dan rekaman video yang memuat kalimat persetujuan.

Allianz eAZy Cover - Kemudahan untuk proses pembelian produk asuransi melalui voice maupun video call

 

“Komitmen Allianz adalah memberikan perlindungan asuransi kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, kami terus melakukan inovasi untuk produk dan layanan. Allianz eAZy Cover adalah wujud komitmen tersebut. Bersama Mitra Bisnis Allianz yang terpercaya, kami dapat terus memenuhi kebutuhan proteksi masyarakat di tengah kondisi apapun,” ungkap Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Inovasi digital Allianz tidak berhenti pada saat saat penutupan asuransi. PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) telah mengembangkan terobosan baru bagi nasabah, yakni Portal Klaim Digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan. Nasabah yang menggunakan Portal Klaim Digital bisa merasakan berbagai kemudahan, yaitu: Proses pengajuan klaim lebih mudah, cukup melengkapi formulir elektronik dan mengunggah foto serta dokumen pendukung yang disyaratkan, pengajuan ditangani langsung oleh Claim Handler yang berpengalaman, serta status pengajuan klaim dapat dipantau melalui Portal Klaim. Selain pengembangan portal klaim digital, Allianz Utama juga menawarkan layanan baru, yaitu layanan video call interaktif untuk Survei Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, serta untuk Survei Penutupan Asuransi Properti.

Allianz-VideoCall-Survey

 

Ekosistim digital Allianz membawa berbagai kemudahan bagi nasabah, terbukti sepanjang kwartal pertama 2020, layanan digital yang disediakan Allianz Indonesia menunjukkan peningkatan dalam penggunaannya. Pengajuan asuransi jiwa secara online mencapai 92%, sementara penerbitan polis elektronik mencapai 45% dari keseluruhan polis baru. Sementara 83% pembayaran klaim asuransi kesehatan secara online berhasil diproses dalam waktu 48 jam. Peningkatan ini menunjukkan bahwa layanan digital Allianz sesuai dengan kebutuhan nasabah dan Mitra Bisnis, terutama saat harus melakukan physical distancing seperti dalam era Pandemi ini, dan membuat perlindungan asuransi semudah belanja online.

Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia

 

Mulai pembelian polis hingga pengajuan klaim, seluruh proses di Allianz telah berbasis digital dan dirancang untuk memberikan pengalaman yang cepat, mudah dan nyaman bagi nasabah. “Allianz akan terus berinvestasi dalam hal teknologi, karena kami fokus untuk membangun customer experience yang unik dan mudah,” jelas Joos Louwerier lebih lanjut.