Events

Piknik Inspiratif di Urban Forest Cipete

Brightspot dan Tokopedia Shop Hadirkan Taman Brightspot 2024

DJAKARTA.ID – Sukses menghidupkan mal ikonik di Sudirman, Jakarta Selatan melalui acara “Brightspot Mall” beberapa bulan lalu, kini Brightspot Market dan Future 10 kembali menghadirkan “Taman Brightspot 2024” untuk kedua kalinya. Berlokasi di Urban Forest Cipete, acara ini merupakan kolaborasi bersama Tokopedia dan Shop Tokopedia. Acara ini akan berlangsung selama dua akhir pekan, yakni pada 26 - 28 Juli 2024 dan 2 - 4 Agustus 2024.

Taman Brightspot 2024 akan menghadirkan pengalaman eksplorasi karya jenama lokal yang berbeda dengan memberikan nuansa piknik di alam di tengah hiruk pikuk kota Jakarta. Esensi dari acara ini ingin memberikan pengalaman praktik bisnis berkelanjutan dari inovasi sinergi antara e-commerce lokal dan pasar fisik, sehingga keduanya bisa bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Hal ini mempertegas komitmen kami dalam bisnis berkelanjutan dan dukungan terhadap usaha lokal. Menawarkan pilihan berakhir pekan berbeda yang lebih hijau untuk kaum urban dengan konsep piknik di tengah hiruk pikuk kota,” ungkap Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Future 10.

Lokasi Urban Forest Cipete dipilih untuk kedua kalinya perhelatan Taman Brightspot 2024 karena taman ini dianggap mampu memberikan pengalaman alam yang menyegarkan di tengah kesibukan kota. Lokasinya yang strategis, asri, dan teduh, diharapkan dapat mewujudkan interaksi, kolaborasi, dan inspirasi yang produktif di antara komunitas maupun pelaku industri kreatif lokal lainnya.

Adanya inovasi digital seperti e-commerce lokal dan tren gaya hidup berkelanjutan yang mempromosikan pemilihan produk dari jenama lokal, keduanya tidak hanya memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi. Namun, turut mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, di mana terjadi sinergi antara pasar fisik dan e-commerce itu sendiri.

Foto (dari kiri ke kanan): Anton Wirjono "Brightspot", Tito Solagratia "Urban Forest Cipete", Hilda Kitti "Tokopedia", dan Guruh "PT MRT".

"Tokopedia dan ShopTokopedia selalu berupaya mempermudah kehidupan masyarakat, khususnya pencinta produk buatan brand lokal. Dukungan kami dalam acara Taman Brightspot 2024 adalah salah satu bukti nyata dari komitmen kami terhadap produk lokal dan pelaku industri kreatif. Kolaborasi ini diharapkan dapat berperan sebagai katalisator inovasi yang bisa membuka peluang semakin besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Hilda Kitti sebagai Integrated Marketing Country Business Partner Tokopedia dan ShopTokopedia.

Ada 40 jenama lokal yang terkurasi di Taman Brightspot 2024 merupakan contoh nyata dari kaum urban yang terus bergerak dan berinovasi. Pengunjung bisa masuk ke dalam Taman Brightspot 2024 secara gratis dan menikmati berbagai jenama lokal dalam nuansa piknik yang teduh dan asri.

Tak jauh beda dengan perhelatan Brightspot sebelumnya, kali ini Signature Time kembali mendukung perhelatan Taman Brightspot 2024 dengan mengajak kaum urban untuk yakin bahwa setiap individu bisa berkarya bebas dari keraguan diri. Di Taman Brightspot 2024, pengunjung akan dibawa ke dalam instalasi Path of Passion.

“Alat ukur psikologis berbentuk distorsi kognitif ini sudah kami hadirkan di Brightspot Mall. Kali ini kami bawa kembali ke Taman Brightspot 2024 untuk memberikan semangat kepada anak-anak muda bahwa keraguan dalam diri mereka itu bukanlah sebuah hambatan, tetapi sebuah loncatan yang bisa mereka tentukan sendiri,” tambah Dimitrij Kartalaksana selaku Consumer Engagement Manager Signature Time.

Instalasi tersebut nantinya akan menghadirkan jenis-jenis distorsi kognitif pengunjung dalam bentuk minuman. “Bukan cuma minuman, kami juga mengajak Brookland Coffee dan Illustrator, Reza Maulana untuk berkolaborasi. Kami percaya Path of Passion bisa membuka jalan buat para anak muda agar terus berkarya, mengerjakan yang mereka suka, dan selalu bisa rasakan nikmatnya hidup,” lanjut Dimitri.

Keterjangkauan dan kenyamanan akses ke Taman Brightspot 2024 didukung oleh PT MRT Jakarta yang akan menyediakan layanan transportasi MRT tanpa macet kepada pengunjung. Fasilitas MRT yang nyaman dan peningkatan aksesibilitas ditujukan untuk membuka lebih banyak peluang bagi industri kreatif lokal agar berkembang dan berkolaborasi, menciptakan ruang inspiratif serta inklusif bagi masyarakat Jakarta.

Taman Brightspot 2024 juga mendapat dukungan dari BCA yang kembali menjadi mitra perbankan resmi untuk semua transaksi pembayaran. Hal ini menegaskan komitmen BCA dalam mendukung pelaku usaha kreatif lokal melalui kemudahan transaksi. BCA menawarkan kemudahan proses transaksi bagi pengunjung acara, sekaligus memberikan kesempatan kepada tenant untuk mengeksplorasi berbagai strategi pemasaran melalui promo-promo yang menarik melalui aplikasi myBCA, termasuk fitur Paylater BCA di dalamnya,

Selain itu, Taman Brightspot 2024 juga menjalin kemitraan dengan inisiator lokal yang fokus pada bisnis keberlanjutan. Bekerja sama dengan Waste4Change, semua limbah yang dihasilkan akan dipilah dengan sangat bijak. Langkah ini tidak hanya meningkatkan kesadaran atas manajemen sumber daya bertanggung jawab, tetapi juga mendukung upaya menciptakan siklus ekonomi lebih berkelanjutan.

Selain Waste4Change, ada juga kolaborasi bersama perusahaan greentech Noovelum yang berfokus pada partisipasi aktif dalam menjaga lingsungkan melalui daur ulang minyak jelantah bekas. Semua limbah jelantah bekas dari tenant kuliner di Taman Brightspot 2024 akan dipastikan didaur ulang dengan efisien. Selanjutnya ada Boolet, yakni sebuah gerakan penyelesaian masalah sampah melalui pembangunan ekosistem ekonimi sirkular. Semua sampah kuliner berbahan kayu seperti sumpit, tusuk gigi, tusuk sate dan lainnya akan dipilah dalam tempat khusus dan memastikan perjalanan pengelolaan limbahnya lebih efisien serta berwawasan lingkungan. Tak hanya itu, Boolet juga akan mempersembahkan instalasi furniture artistik yang dibuat dari sumpit dan tusuk sate bekas sebagai simbol inovasi serta kreativitas daur ulang.

Pengunjung dapat menikmati pengalaman berbelanja dan menghabiskan waktu santai di akhir pekan, serta merayakan keberagaman produk lokal Indonesia yang mendukung ekonomi kreatif berkelanjutan. Menawarkan konsep unik yang menggabungkan pengalaman eksplorasi kreativitas jenama lokal dengan sentuhan  seni, kuliner, fashion, musik, dan tren masa kini. Lebih dari itu itu, Taman Brightspot 2024 memperkuat ekosistem UMKM dan menciptakan lapangan kerja, sehingga memperkokoh fondasi pertumbuhan bisnis dan kesejahteraan komunitas.

"Selain 40 jenama lokal terkurasi yang merupakan merchant Tokopedia dan Shop Tokopedia untuk brand retail, kami turut mengkurasi 90 brand kuliner lokal guna menemani suasana piknik pengunjung. Pada minggu pertama dan kedua akan ada perbedaan tenant kuliner, sehingga memberikan pengalaman explore kuliner lebih seru. Kami berharap Taman Brightspot 2024 bisa memperkuat sinergi antara e-commerce dan pasar fisik yang akan menguntungkan lingkungan, ekonomi, serta memperkuat fondasi bagi pertumbuhan bisnis lokal dan kesejahteraan komunitas," tutup Anton Wirjono.

Temukan info mengenai jadwal Taman Brightspot 2024 dan beragam promo menarik melalui aplikasi Brightspot dan melalui sosial media @brightspotmrkt.  Tetap gunakan aplikasi Brightspot untuk mendapatkan update promo menarik dari seluruh tenant yang bekerja sama. (aul)