OCBC Dukung UMKM Melalui Fasilitas Creative Hub
DJAKARTA.ID – Komitmen OCBC terus mendukung UMKM Indonesia agar #BeraniNaikLevel terwujud dalam peluncuran sebuah creative hub bernama Ruang Kreasi by OCBC. Hub lembaga keungan pertama di Indonesia ini hadir untuk mendukung dan memfasilitasi kreativits dan kegiatan pemasaran UMKM agar mereka bisa meningkatkan daya saiang di tengah kompetisi yang semakin ketat. Ruang Kreasi by OCBC menyedikan berbagai fasilitas penunjang bagi UMKM seperti ruangan studio foto, ruangan kerja dan kolaborasi, area kreatif, photoshoot, hingga area membuat video untuk kegiatan pemasaran.
Ruang Kreasi by OCBC berlokasi di Pasar Modern Intermoda BSD yang bisa diakses menggunakan transportasi umum seperti kereta ataupun bus. Penggunaan Ruang Kreasi by OCBC ini bisa dilakukan melalui reservasi online di web.ocbc.id/bookruangkreasi dengan mengisi profile bisnis masing-masing. Nantinya tim kreatif dari OCBC akan melakukan proses verifikasi dan melakukan pendampingan bagi UMKM yang menggunakan Ruang Kreasi by OCBC.
Riset dari OCBC Business Index 2023 menyatakan bahwa sebanyak 66% UMKM telah memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai pendukung pertumbungan usaha mereka. Hal ini menunjukkan bahwa Sebagian UMKM telah sadar atas pentingnya proses digitalisasi pemasaran bisnis mereka. Nah, untuk lebih meningkatkan daya saing, UMKM tersebut masih perlu didukung dalam hal inovasi, kreativitas, hingga pemasaran.
“Inovasi dan kreativitas yang akan membuat sebuat bisnis bisa tampil stand out di antara pesaingnya. Bagi UMKM yang masih pemula di mana belum paham terkait pemasaran digital, Ruang Kreasi by OCBC ini akan menjadi pilihan yang tepat buat mereka belajar menggunakan media sosial dan ditunjang berbagai fasilitas memadai di mana mereka bisa berinovasi, mengasah kreativitas, dan berkolaborasi,” ujar Amir Widjaya selaku Marketing & Lifestyle Business Division Head OCBC.
Pemilik UMKM dapat memaksimalkan kehadiran creative hub seperti Ruang Kreasi by OCBC tersebut untuk menunjang kegiatan promosi digital mereka. Tak hanya menawarkan tempat, OCBC juga telah menyiapkan modul pembelajaran yang dibuat khusus berkolaborasi bersama founder Social Brand, yaitu Edho Zell.
“Masih banyak pelaku usaha yang kesulitan bisnis mereka secara online. Hal ini biasanya disebabkan karena keterbatasan SDM, keahlian, atau keterampilan mengelola dan memaksimalkan kegiatan pemasaran digital mereka. Oleh karena itu, kehadiran Ruang Kreasi by OCBC ini akan sangat membantu agar mereka #BeraniNaikLevel.”
OCBC juga menawarkan solusi finansial usaha berbasis edukatif dan konsultatif bagi UMKM, mulai dari akses modal usaha, hingga pendampingan menyeluruh melalui Business Fitness Solution Kesehatan Bisnis mereka. “OCBC terus mendukung UMKM untuk go digital melalui solusi layanan yang terus ditingkatkan menjadi semakin mudah, cepat, dan nyaman. Hadirnya creative hub ini pastinya bisa mengasah kreativitas dan inovasi UMKM Indonesia agar semakin berani naik level,” tambah Sari Kartika, SME Proposition Division Head OCBC.
Ruang Kreasi by OCBC terdiri dari tiga lantai yang semuanya dapat digunakan oleh para UMKM untuk memaksimalkan proses pemasaran digital usaha mereka. Dibukanya Ruang Kreasi by OCBC bagi nasabah Nyala Bisnis ini, OCBC menargetkan bisa membantu 100 UMKM dalam meningkatkan kreativitas dan literasi teknologi melalui berbagai program, termasuk "Nyala Bisnis Kreasi Class”, yaitu sebuah kelas edukasi bisnis dengan beberapa pakar. Kegiatan ini ditargetakan akan berjalan di Q2 2004 yang secara khusus dibuka bagi nasabah Nyala Bisnis. (aul)
Posting komentar