Travel & Leisure

Saatnya Jadikan Dubai Sebagai Tujuan Wisata Andalan

Dubai Tourism mempersembahkan pengalaman liburan yang penuh kemewahan untuk seluruh keluarga

Agaknya Dubai belum menjadi tujuan wisata andalan untuk orang Indonesia. Terbukti dari sepuluh negara turis terbanyak ke Dubai pada tahun 2014, Indonesia bukan salah satunya. Memang masih banyak salah persepsi yang mengakibatkan hal ini. Ada yang menganggap di Dubai hanya ada gurun pasir, kehidupannya masih sangat tradisional, tidak ada hiburan malam, apalagi hiburan untuk seluruh keluarga. Mayoritas persepsi ini tentunya salah. Sekalipun ada gurun pasir namun kota Dubai sendiri tidak kalah tampilannya dengan kota metropolitannya lainnya di dunia dengan deretan pencakar langit dan mega mall. Bahkan shopping mall terbesar di dunia, The Dubai Mall, seluas 12 juta sqft ada di Dubai. Selama tahun 2014 saja, The Dubai Mall dikunjungi lebih dari 80 juta orang, atau lebih banyak pengunjung ke Time Square di New York. Untuk orang Indonesia yang terkenal gemar shopping, mengunjungi The Dubai Mall saja bisa jadi alasan untuk berkunjung ke Dubai. Satu belum cukup? Tenang saja, masih ada 94 shopping mall lainnya! Hampir semua brand terkenal ada di sini, dan Dubai ada di urutan kedua kota di dunia setelah London untuk kota dengan jumlah retailer terbanyak.

Khususnya untuk mereka yang berlibur dengan anak-anak kota-kota seperti Singapur dan Hongkong yang selain terkenal sebagai surga belanja, juga ke sana karena ada berbagai sarana hiburan keluarga terutama taman bermain tematik (theme park). Jangan salah lagi, persepsi bahwa Dubai bukan tujuan wisata untuk keluarga pun salah. Dubai Parks & Resorts akan segera membuka 3 taman bermain tematik - Legoland Dubai, Motiongate Dubai, dan Bollywood Dubai – juga sebuah waterpark di Oktober 2016. Semua ini akan ditambahkan lagi dengan satu taman bermain tematik, IMG Worlds of Adventure, bersamaan dengan Wire World, yang diakui sebagai taman petualangan terbesar di dunia di antara taman yang sejenis, dan Projek Dubai Safari dengan tema kehidupan satwa liar. Ketiganya akan dibuka tahun depan.

Dubai juga terus menambah akomodasi kelas dunia dengan hadirnya Hotel Palazzo Versace Dubai, yang akan dibuka sebelum akhir tahun ini, Hotel W yang pertama di Dubai dan Hotel Westin kedua di kota itu, keduanya direncanakan akan dibuka tahun depan. Dubai juga menyambut lebih banyak lagi koki koki yang berbintang Michelin pada peta dining – contohnya Jason Atherton, baru-baru ini membuka Marina Social di interContinental Dubai Marina, sementara Gordon Ramsay telah kembali lagi ke Dubai dengan membuka Bread Street Kitchen di area tersohor Atlantis, The Palm Resort.

Dari banyak sisi, Dubai memang tidak kalah dengan kota tujuan wisata andalan lainnya di dunia. Dubai merupakan kota gemilang yang menawarkan pantai-pantai dengan semburat pasir keemasan, tempat berbelanja, tempat dining, dan kehidupan malam kelas dunia. Juga menjadi tuan rumah bagi acara-acara seru dan kejuaraan olahraga dunia, dan sebuah tempat bermain raksasa yang penuh petualangan bagi seluruh keluarga. Kota yang visionaris ini juga dengan bangga menampilkan kekayaan warisan budaya mereka, di mana tradisi bertemu dengan ambisi, di mana masa lalu bertemu dengan masa depan.

Untuk memperlihatkan seluruh aspek ini dengan mengedepankan jajaran kemewahan dan destinasi berlibur keluarga, Departemen Pariwisata dan Marketing Perdagangan (Dubai Tourism) melaksanakan acara khusus di Le Méridien Hotel Jakarta pada tanggal 21 Oktober 2015. Sebagai pasar yang disinyalir terus bertumbuh, acara ini menjadi bagian dari program Pariwisata Dubai 2015 untuk memasuki pasar Indonesia dan meningkatkan kesadaran mengenai Dubai sebagai tujuan wisata. Pada acara ini juga hadir Titi Rajo Bintang , selebriti dan bintang film dan TV , yang dijadwalkan untuk mengunjungi Dubai pada bulan November.

Issam Abdul Rahim Kazim , CEO dari Korporasi Dubai untuk Pariwisata dan Perdagangan Pemasaran ( DCTCM ) yang hadir dalam acara ini berkomentar : " Dubai terus menjadi tujuan utama bagi pengunjung internasional . Kami menyambut 13,2 juta pengunjung internasional pada tahun 2014, dan usaha kami fokus pada pencapaian Visi Pariwisata kami untuk tahun 2020 , yang menargetkan 20 juta pengunjung per tahun pada tahun 2020. Indonesia sudah merupakan pasar yang penting bagi kami , tapi kami melihat potensi untuk pertumbuhan lebih lanjut , itulah sebabnya kami terus berinvestasi di Indonesia untuk mendorong lebih banyak wisatawan untuk menemukan lebih banyak lagi pengalaman tersedia di emirat yang luar biasa".

Belum pernah ke Dubai? Sudah saatnya jadikan Dubai sebagai kota tujuan wisata andalan untuk Anda sekeluarga. Informasi lengkap mengenai Dubai bisa didapatkan di situs resmi www.visitdubai.com serta akun-akun social media Departemen Pariwisata Dubai; www.facebook.com/VisitDubai.ID/ , www.Instagram.com/VisitDubai.ID/, atau Twitter: @VisitDubai.ID.