Digital World

Setting the Trend Again

OPPO meluncurkan Reno4 dengan unggulan elemen appearance, photography, technology, dan ColorOS

Jika Anda berumur antara 20-30 tahun serta masuk golongan upper-middle income, artinya Anda adalah target market dari OPPO seri terbaru, Reno4 yang secara resmi diluncurkan pada Kamis, 6 Agustus 2020. Seperti tiga seri sebelumnya, Reno4 hadir dengan fitur yang menjadi tren terkini untuk smartphone.

Reno4 memiliki berat 165g & ketebalan 7.7mm dan tersedia dalam 2 warna, yaitu Space Black dan Galactic Blue.Space Black tampak seperti ruang misterius dengan bintik-bintik terang. Meskipun penampang belakang memiliki warna gelap, tetap akan terlihat mengilap ketika terkena efek cahaya. Pada bagian bawah, terdapat monogram logo OPPO, yang tampil layaknya desain brand fesyen kelas atas, menegaskan kesan elegan dan bergaya. Galactic Blue merupakan warna unik pada Reno4 dengan teknik “Reno Glow”. Teknik baru “Reno Glow” yang diperkenalkan pada Reno4 Series memberikan sentuhan akhir berupa tekstur matte, dengan detail kilauan sangat halus yang menyajikan nuansa lebih premium. Penampang ini terdiri dari banyak lapisan dengan warna campuran biru. Warna biru tua terpancar dari tengah ke atas, menghasilkan warna perak dengan transisi alami. Galactic Blue juga menghadirkan penampang belakang dengan tekstur premium, campuran bahan bertekstur matte dan gloss yang unik dikombinasikan dengan efek pembiasan cahaya nan memesona.

Bagian penampang belakang Reno4 diperkuat dengan menggunakan lembaran baja yang tahan panas dan menjadikan bodi lebih tipis 0,15mm. Selain itu, seri Reno4 memiliki komponen tertentu pada mainboard yang bisa mengurangi ketebalan perangkat hingga 0,3mm. Reno4 juga menggunakan Hidden Fingerprint Unlock 3.0 yang memiliki ketebalan hanya 0,27mm.

Reno4 memiliki Quad-Cam dengan frame kamera yang sedikit timbul di bagian belakang. Seri Reno4 memadukan dua tekstur yang berbeda. Di bodi bagian belakang sisi kiri atas bagian, sebuah bingkai persegi panjang mengakomodasi keempat kamera belakang yang hadir dengan warna mengilap.Tata letak Quad-Cam ini membuat tampilan Reno4 terlihat futuristik dan desain perangkat tampak lebih modern. Penampang bagian belakang perangkat ini diperkuat dengan kaca Corning® Gorilla® Glass 3.

Harga dan Ketersediaan

OPPO Reno4 hadir di Indonesia dalam dua pilihan warna, Space Black dan Galactic Blue. Proses pemesanan perangkat ini berlangsung mulai 6 hingga 14 Agustus 2020. Konsumen yang memesan perangkat ini selama periode Pre-Order akan mendapatkan hadiah langsung berupa smart bracelet, Bluetooth headset, dan smartphone standing holder senilai 1 juta rupiah. Selain itu konsumen juga akan mendapatkan bonus kuota Telkomsel TAU hingga 30GB. OPPO Reno4 akan dijual perdana pada 15 Agustus 2020 dengan harga Rp4.999 juta.

Fitur Camera

AI Color Portrait Mode

Artificial Intelligence (AI) Color Portrait Mode merupakan fitur baru yang mendukung fungsi foto dan video, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya. Fitur ini menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras sehingga membuat hasil foto terlihat seperti sebuah karya seni yang akan menjadi tren di kalangan anak muda. Lebih menarik lagi, AI Color Portrait juga tersedia untuk perekaman video.

Monochrome Video

Monochrome Video atau video monokrom merupakan gabungan dari tiga jenis filter video yang menambahkan efek yang menyerupai film layar lebar dengan hanya mempertahankan warna merah, hijau, atau biru dari objek di dalam video, sementara lingkungan yang lain dalam video hanya memiliki warna hitam dan putih. Fitur di atas juga mendukung real-time preview agar pengguna mengetahui tampilan hasil rekaman terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil gambar.

Night Flare Portrait

Night Flare Portrait didukung oleh algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh, fitur ini akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

960fps Smart Slow Motion

Dengan 960fps Smart Slow Motion, Anda akan dapat menangkap 960 frame dalam satu detik dan menangkap bidikan gerak lambat di tengah-tengah sebuah video aksi, baik saat Anda menangkap ekspresi mikro sepersekian detik, atau saat Anda memercikkan air atau bubuk berwarna. Reno4 juga dapat mengambil video gerakan lambat dalam 480fps @ 1080P, 240fps @ 720P, dan 120fps @ 1080P di kamera belakang. Reno4 juga memungkinkan pengguna untuk mengambil video gerak lambat dalam 240fps @ 720P dan 120fps @ 1080P dengan kamera depannya.

Ultra Steady Video 3.0

Pada perangkat Reno4, Mode Ultra Steady akan melakukan debut pada kamera depan untuk pertama kalinya. Kamera depan Reno4 dilengkapi dengan algoritma Electronic Image Stabilization. Front Ultra Steady Video dapat bekerja dengan sebagian besar filter pada 30fps @ 720P dan 30fps @ 1080P, dan dengan bokeh dan fitur percantik video di 30fps @ 720P. Ultra Steady Video 3.0 menggunakan stabilisasi gambar yang disempurnakan guna mempermudah pengguna untuk menangkap video yang stabil dari sebuah aktivitas berintensitas tinggi. Selain itu, kamera belakang Reno4 dilengkapi Video Ultra Steady dan Ultra Steady Video Pro yang memungkinkan pengguna merekam video lebih stabil pada saat berjalan, berlari, atau bersepeda.

Ultra Night Selfie Mode

Didukung oleh kamera depan 32MP, Reno4 menawarkan Ultra Night Selfie Mode untuk mengoptimalkan foto selfie malam hari dengan mencerahkan lingkungan kurang cahaya dan objek foto, terutama pada wajah.

Ultra Dark Mode

Fitur Ultra Dark Mode dapat bekerja secara otomatis ketika mengambil foto pada lingkungan temaram dengan kamera belakang Reno4. Kamera secara otomatis menerangi lingkungan yang gelap sehingga foto menjadi lebih cerah dan jelas, walaupun hanya ada 1 lux cahaya atau setara 1 buah lilin yang menyala dalam sebuah ruangan gelap.

Ultra Clear 180MP Image

Reno4 dapat mengambil foto yang sangat jernih hingga 108MP pada siang hari dengan algoritma resolusi tinggi yang menonjolkan gambar dengan kejelasan tingkat retina untuk menangkap detail dan tekstur yang kaya, seperti saat memotret bidikan close-up dari sebuah makanan yang lezat.

SoLoop

Tersedia dalam ColorOS 7.2, editor video pintar yang dibuat khusus untuk smartphone OPPO, SoLoop, menawarkan lebih banyak fitur menarik yang telah diperbarui untuk mempermudah pengguna dalam membuat video hanya dengan satu ketukan. SoLoop menawarkan editor musik yang dapat secara otomatis memotong rekaman dan menyinkronkannya dengan perubahan melodi musik.SoLoop menggunakan algoritma AI untuk secara cerdas memilih bagian paling menarik dari sebuah potongan video.

Fitur, Perangkat Keras & Perangkat Lunak

Qualcomm Snapdragon 720G

Reno4 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC yang dibuat dengan proses fabrikasi 8nm dan Low Power DDR4X Semiconductor. Dibandingkan dengan MTK P95 pada Reno3 Pro, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46% dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26% berdasar hasil tes Geekbench. Sementara itu, kinerja GPU meningkat sekitar 40% menurut hasil tes Manhattan.

30W VOOC 4.0

VOOC 4.0 mendukung pengisian daya hingga 5V / 6A 30W, yang dapat mengisi daya baterai 4015 mAh hingga 50% dalam 20 menit dan 100% dalam 57 menit.

AON Smart Sensor

OPPO memutuskan untuk menerapkan AI-enhanced smart sensor untuk fitur Smart Spying Prevention, yang dibangun dengan memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas. Sensor tidak hanya dapat digunakan dalam perlindungan privasi, tetapi juga dapat memperluas fungsi pada fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On.

• Smart Spying Prevention

Ketika Reno4 menerima pesan, sensor pintar yang telah disempurnakan dengan fungsi kecerdasan buatan pada ponsel dapat mengidentifikasi hanya pemilik ponsel yang boleh membuka layar. Jika tidak, konten notifikasi akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna.

Untuk lebih spesifik, algoritma pencegahan privasi ini dibangun selaras dengan perangkat keras berupa sebuah sensor yang canggih. Sensor ini akan secara otomatis menganalisa beberapa wajah dalam berbagai keadaan dan skala.

• Jika hanya 1 (satu) wajah yang terdeteksi, maka kamera utama akan dihidupkan untuk mengidentifikasi wajah pemiliknya sendiri; jika ya, maka akan ditampilkan seluruh pesan.

• Jika sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang (atau tidak ada orang) yang menghadap ke layar, maka pemberitahuan akan tetap ditampilkan tetapi konten tidak akan ditampilkan.

• Smart Air Control
Reno4 merupakan ponsel OPPO pertama yang menghadirkan full-screen gestures ke lini seri ini. Smart AirControl memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat Reno4 tanpa menyentuh layar. Dengan fitur ini pengguna dapat menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan ke bawah halaman pada beberapa aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar, yang sangat berguna pada situasi pandemi seperti saat ini guna mengurangi intensitas bersentuhan dengan layar.

• Smart Always On Display
OPPO menerapkan fungsi yang akan meningkatkan pengalaman pengguna, seperti “Smart Always On Display”. Fitur ini dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus mengamati layar perangkat, sehingga layar tidak akan mati. Fitur ini membuat Reno4 lebih cerdas dan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Pada tingkat perangkat lunak, algoritma pencerahan khusus akan membuat sensor bekerja lebih baik pada cahaya rendah. Bahkan ketika tingkat pencahayaan lebih rendah dari 1 lux, Smart Sensor dengan penyempurnaan kecerdasan buatan dapat berfungsi sangat baik.

ColorOS 7.2

Dikembangkan dengan basis Android 10, hadir dengan mendukung fitur unik Dark Mode, terutama untuk beberapa aplikasi pihak ketiga yang belum mendapatkan dukungan fitur ini.

• AI APP Preloading

Melalui algoritma AI, ColorOS secara cerdas memprediksi aplikasi apa yang akan digunakan pengguna kemudian memuatnya, sehingga dapat terbuka lebih cepat. Dengan AI APP Preloading, semakin lama pengguna menggunakan perangkat, semakin cepat kecerdasan buatan dalam mempelajari kebiasaan pengguna.

Dengan AI APP Preloading, aplikasi terbuka lebih cepat dari sebelumnya yang sangat meningkatkan efisiensi. Selain itu, AI APP Preloading memiliki konsumsi baterai Nol, pengguna akan mendapatkan ponsel yang lebih cepat tanpa konsumsi baterai tambahan.

• Anti-Fragmentation Engine

Dikembangkan secara independen oleh OPPO, Anti-Fragmentation Engine menggunakan kombinasi langkah-langkah untuk mengoptimalkan fragmentasi memori fisik dan virtual. Memastikan pengalaman system operasi yang mulus tanpa jeda, bahkan setelah menggunakannya dalam waktu yang lama.

• Super Power Saving Mode

Fitur ini memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (seperti penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi. Ada 6 (enam) aplikasi yang dapat ditampilkan pada layar Beranda dalam Super Power Saving Mode. Aplikasi Telepon, Pesan, dan Jam akan disertakan secara default, tetapi Anda dapat menggantinya dengan aplikasi lain. Ketika baterai ponsel Anda turun menjadi 10% dan 5%, sebuah pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan mode Super Hemat Daya. Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno4 dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%.

• Super Night Time Standby

Dirancang untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna, fitur ini mengoptimalkan masa pakai baterai hanya 2% sepanjang malam, selama sekitar 8 jam.

• Icon Pull Down Gesture

Solusi terbaik di industri untuk membuka aplikasi yang sulit dijangkau di layar Beranda (Home) saat menggunakan ponsel dengan satu tangan. Ketika Anda menggeser ke arah atas atas, di bagian tepi kiri atau kanan layar Beranda, maka ikon aplikasi akan mengecil ke setiap ke sudut. Selanjutnya dengan posisi ibu jari tetap berada di layar, pengguna dapat memindahkan ikon aplikasi dan melepaskannya untuk membuka aplikasi.

• Quick Return Bubble

Merupakan gelembung ikon mengambang yang menampilkan informasi dari game yang berjalan pada latar belakang. Misalnya, ketika pengguna menunggu untuk respawn (aksi pemain yang hidup kembali setelah terbunuh) dalam game, mereka dapat beralih ke layar lain sambil masih dapat melihat waktu respawn dalam gelembung. Ketika pengguna ingin melakukan respawn, maka mereka dapat mengetuk gelembung untuk kembali ke permainan.

* Game yang didukung saat ini: Mobile Legends, Mobile PUBG, Mobile Lite PUBG di India, Indonesia, Vietnam dan Thailand, AOV di Indonesia, Vietnam, Thailand.

• Gravity Wallpaper
Wallpaper di layar Beranda dapat berubah secara dinamis tergantung pada cara pengguna memegang perangkat. Wallpaper dapat bergerak seolah-olah ditarik oleh gravitasi.

• OPPO LAB

OPPO LAB adalah sebuah platform yang mana para engineer perangkat lunak OPPO dan pengguna dapat bekerja sama untuk menciptakan fitur-fitur inovatif bersama. Pengguna dapat mencoba fitur-fitur ini sebelum dirilis secara resmi. Pengguna juga dapat memberikan umpan balik pada fitur tertentu atau membagikannya ke dengan pengguna lain.

• Decision Spinner
Merupakan aplikasi yang membantu untuk membuat keputusan dengan putaran roda. Spinner ini dilengkapi dengan berbagai pertanyaan seperti “Apa yang kita makan hari ini?” dan “Kemana kita pergi akhir pekan ini?” tentu saja, pengguna selalu dapat membuat sendiri pertanyaan, disertai dengan opsi jawaban.

• Lab Ringtone
Dibuat dengan menyesuaikan gaya, nada, dan ritme pada panel slide yang mudah digunakan sehingga pengguna dapat membuat nada deringnya sendiri. Nada dering unik yang dibuat dapat digunakan untuk panggilan, disimpan ke telepon, atau dibagikan melalui platform media sosial.

 

OPPO Watch

Selain Reno4, OPPO juga meluncurkan OPPO Watch. OPPO Watch merupakan bagian dari Internet of Things (IoT) OPPO terbaru yang masuk ke pasar Indonesia. OPPO memperkenalkan 2 (dua) varian OPPO Watch di Indonesia yakni OPPO Watch 46mm dan OPPO Watch 41mm.

Flexible Dual-Curved Display

Menjadi pertama di industri smartwatch yang menggunakan layar Flexible Dual-Curved Display. Memberikan desain smartwatch mewah dan premium dengan kehadiran ultra frameless design yang turut menghadirkan rasio layar besar. Keunggulan layar ini adalah tampilan lebih besar dan detail gambar yang lebih kaya.

Screen With Rich Detail

OPPO Watch 46mm menggunakan layar AMOLED 3D berukuran 1,91 inci dan mencakup 100% dari gamut warna NTSC. Layar memiliki resolusi 402x476 dan kerapatan piksel 326 ppi, memenuhi standar layar retina dengan detail yang kaya. Kecerahan layar mencapai hingga 500 nits, sehingga informasi yang ditampilkan terlihat sangat jelas bahkan dalam cahaya luar ruangan yang terang.

Outfit-Matching AI Watch Face

Cukup gunakan smartphone untuk memotret foto pakaian, maka algoritma pencitraan OPPO Watch AI akan menghasilkan wallpaper yang cocok dengan gaya busana pengguna.

Customizable Watch Face

Beragam watch face dapat dipilih oleh pengguna. Gambar dari album di smartphone juga dapat dijadikan sebagai watch face.

Wear OS by Google

Dilengkapi dengan Wear OS by Google ™ system, OPPO Watch mendukung penyesuaian tampilan jam dan menyediakan banyak aplikasi di Google Play store, menyediakan fitur sehat seperti pelacakan data kesehatan 24/7, serta berbagai fitur bermanfaat. Penggunaan Wear OS by Google ™ ditujukan untuk perluasan pengguna dan kompatibilitas dengan perangkat smartphone berbasis Android ™.

Professional Exercise Sensors

OPPO Watch dilengkapi dengan 5 (lima) sensor yang dapat menyajikan hasil pemantauan akurat terhadap latihan olahraga dan juga workout tracking yang dilakukan oleh pengguna.

Workout Partner

OPPO Watch menyediakan 5 (lima) menit kursus olahraga dan 5 (lima) mode olahraga dengan panduan pribadi untuk aktivitas olah tubuh lebih mudah dan lebih efisien bagi pengguna. Lima mode olahraga dapat dikembangkan sendiri seperti: lari kebugaran, lari untuk pembakaran lemak, jalan kaki, bersepeda dan berenang. Google Fit™ hadir dengan 90+ mode olahraga untuk membantu memperluas skenario penggunaan. 

Watch VOOC Flash Charging

OPPO mampu memecahkan masalah pengisian daya pada smartwatch. Hanya dalam waktu 15 menit pengisian daya, OPPO Watch dapat menghasilkan waktu pakai selama 18 Jam. Sementara itu, baterai OPPO Watch akan terisi penuh setelah pengisian ulang selama 75 menit.

Dual-Chip Endurance System

Sistem Dual-Chip Endurance System milik OPPO dapat beralih antara mode Smart yang digerakkan Qualcomm Snapdragon 3100 dan mode Power Saver yang digerakkan oleh Ambiq Apollo3 chips, menyeimbangkan kinerja tinggi dan efisiensi energi.

• Mode Cerdas: pengalaman cerdas yang komprehensif dengan masa pakai baterai yang besar (hingga 36 jam dengan pengisian penuh)

• Mode Penghemat Daya: fungsi dasar (waktu tampilan, pelacakan rute, detak jantung, notifikasi) dan masa pakai baterai ultra-panjang (hingga 21 hari dengan pengisian penuh)

6000-Series Aluminum Alloy Frames

Seri OPPO Watch menggunakan bingkai paduan aluminium seri 6000 yang sangat tahan korosi dan dilengkapi dengan pilihan warna termasuk Black dan Rose Gold.

One-Button Strap Removal

Lepaskan tali jam Anda dengan menekan satu tombol, berkat desain tali modular unik dari OPPO. Tali yang dapat dipertukarkan dan tersedia dalam berbagai pilihan warna dan bahan.

Harga dan Ketersediaan

OPPO Watch 46mm hadir dalam warna hitam dan dijual Rp4.499 juta, sementara OPPO Watch 41mm hadir dalam pilihan warna hitam dan rose gold, dijual dengan harga Rp3.499 juta.

Mulai tanggal 6-14 Agustus 2020, OPPO menggelar periode Pre-Order OPPO Watch melalui e-commerce Lazada dan jaringan toko resmi OPPO Store. Setiap pembelian OPPO Watch dalam periode Pre-Order berhak mendapatkan hadiah Limited Edition Strap senilai Rp699.000 dan cashback sebesar Rp200.000.

 

 

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas