Fashion & Beauty

Tren Kecantikan Lokal 2023

Yuk! Intip Perspektif Tren Baru dari ZAP Beauty Index 2023

DJAKARTA.ID – Survey tahunan yang memotret perilaku wanita Indonesia mengenai dunia kecantikan, kembali hadir melalui ZAP Beauty Index 2023. Survey ini melibatkan sekitar 9000 responden wanita, berusia 15-65 tahun, dan menjadi survey paling komprehensif dari ZAP mengenai kebiasaan konsumen dan industri kecantikan Indonesia saat ini. Bekerja sama dengan MarkPlus Institute, survey kali ini dilakukan untuk memberikan perspektif baru terhadap tren kecantikan 2023 mendatang.

Secara konsisten, ZAP merilis ZAP Beauty Index sejak tahun 2018 dan selalu menemukan temuan menarik. Beberapa di antaranya, popularitas brand lokal, pengaruh influencer, tren kecantikan, hingga perubahan kebiasaan terkait kecantikan dari sebelum pandemik dan setelahnya. ZAP Beauty Index 2023 terasa lebih spesial karena memuat lebih banyak pendapat wanita terkait tipe-tipe pria idaman mereka.

TIPE PRIA IDAMAN WANITA

Mayoritas wanita setuju jika pria yang peduli dengan penampilan diri adalah pria idaman. Survey mengatakan 95,1% wanita mengapresiasi pria yang menggunakan skincare setiap hari secara rutin. Kemudian, 82,9% wanita juga setuju bahwa pentingnya pria melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan.

Temuan tersebut membuktikan bahwa penggunaan skincare maupun treatment tidak hanya diperuntukkan bagi wanita saja. Bagi pria yang menjalani kedua hal tersebut menjadi kriteria pria idaman wanita di 2023. Sementara terkait pesona dan fisik, 85,7% wanita Indonesia menyukai pria dengan personality dan attitude yang baik. Kemudian di posisi kedua, sebanyak 77,3% wanita suka pria berpengetahuan luas dan 67,5% lebih menyukai pria wangi. Selain itu, tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung, dan bahu/dada bidang juga membuat wanita mudah jatuh hati.

BRAND DAN INFLUENCER LOKAL

Brand kecantikan lokal berhasil memenangkan hati para wanita Indonesia tahun ini. Sebanyak 96,8 % wanita Indonesia menggunakan produk skincare buatan Indonesia. Antusias dari penggunaan brand kecantikan lokal ini dapat terlihat dari produk-produk skincare ataupun makeup yang semakin beragam dan inovatif. Empat produk teratas yang paling disukai dan banyak digunakan oleh para wanita Indonesia adalah serum, facial wash, sunscreen dan moisturizer.

“Pada tahun ini, kami juga melihat bahwa produk dan layanan dari klinik kecantikan semakin menjadi favorit wanita Indonesia. Pada 2021, hanya 17,8 % wanita Indonesia membeli skincare di klinik kecantikan, sementara tahun ini, jumlah tersebut meningkat hingga 32,5 %. Selain produk over the counter, melakukan perawatan di klinik kecantikan menjadi salah satu kegiatan favorit wanita Indonesia masa kini,” ujar Yosanova Savitry selaku Chief Operating Officer MarkPlus Institute saat peluncuran ZAP Beauty Index 2023 di Hotel Ashley, Jakarta Pusat.

Beauty influencer juga memberikan pengaruh besar bagi para wanita Indonesia dalam mengonsumsi produk-produk kecantikan. ZAP Beauty Index 2023 membuktikan bahwa influencer lokal masih menjadi acuan untuk lebih dipercaya. Sebanyak 78 % wanita Indonesia lebih tertarik pada influencer lokal dibandingkan dengan artis Korea. Hanya sekitar 16,8 % wanita yang terpengaruh oleh pemain film Korea dan 8,5 % terpengaruh oleh girl/boy band Korea. Selain Instagram, ternyata tahun ini TikTok turut memberikan pengaruh besar di mana sebanyak 51,5 % wanita mengakses media sosial ini untuk memperoleh informasi terkait kecantikan.

TREN DAN PERAWATAN KECANTIKAN FAVORIT

Skincare dengan manfaat melembabkan lebih banyak dicari sebesar 60 % dibandingkan manfaat anti-acne, yang selama beberapa tahun terakhir menduduki peringkat teratas. Pada tahun sebelumnya, 53,8 % wanita lebih mencari manfaat anti-acne dan 53,6 % mencari manfaat melembabkan. Sementara itu, penuaan dini atau anti-aging menjadi momok para wanita di semua kalangan usia. ZAP Beauty Index 2023 menemukan bahwa 14,4 % remaja perempuan di bawah 19 tahun sudah mulai mencari skincare yang berkhasiat untuk mencegah penuaan. Semakin dewasa wanita, manfaat anti-aging semakin menjadi prioritas.

Perawatan di klinik kecantikan semakin populer dan digemari oleh banyak wanita. Hal tersebut mengacu pada temuan 3 dari 5 wanita Indonesia memilih treatment kulit wajah di klinik kecantikan sebagai kegiatan pampering yang paling disenangi. Facial untuk membuat wajah lebih glowing merupakan jenis perawatan yang disukai oleh lebih dari 50 % wanita Indonesia saat ini. Hal ini sejalan dengan temuan mengenai concern wanita Indonesia terhadap kulit kusam. Mereka memimpikan wajah yang bersih dan mulus, selain juga bertubuh sehat dan bugar, agar dapat merasa cantik.

Merespon temuan ZAP Beauty Index 2023, Chief Marketing Officer ZAP Clinic, Feriani Chung mengatakan, “Kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain menjadi bentuk capaian bagi ZAP, temuan ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi masukan bagi kami untuk terus relevan dengan apa yang wanita Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri. Selain itu, kami terus berharap agar ZAP Beauty Index bisa menjadi referensi yang komprehensif dan tepercaya bagi pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, maupun teman-teman jurnalis.” (aul)