Digital World

Update Your Rewards!

Pembaruan Starbucks Rewards Tawarkan Lebih Banyak Opsi Pembayaran

DJAKARTA.ID – Apresiasi terhadap pelanggan adalah salah satu core value bagi industri food & beverages. Seperti yang dilakukan oleh brand kopi multinasional, Starbucks Indonesia melakukan pembaruan aplikasinya untuk menawarkan kemudahan ekstra bagi pelanggannya. Starbucks Rewards merupakan loyalty program Starbucks Indonesia yang memungkinkan pelanggan bisa terhubung dengan aplikasi Starbucks dan menikmati fitur-fiturnya. Mulai dari menemukan gerai terdekat, memesan terlebih dahulu menggunakan Mobile Order, membayar dengan teknologi nirsentuh, dan mengambil pesanan di gerai pilihan. Melalui aplikasi ini pun, penggunanya bisa lebih mudah mendapatkan berbagai penawaran menarik terkait menu terbaru, harga spesial, dan tentunya rewards.

Pada pembaruan terbaru ini, Starbucks Rewards kini hadir dengan pilihan pembayaran lebih variatif dan pelangga bebas memilih rewards sesuai point (Stars) yang dikumpulkan. Sebelumnya, pengumpulan Stars hanya bisa dilakukan dengan pembayaran menggunakan Starbucks Card. Secara bertahap, mulai awal tahun 2023, semua gerai Starbucks Indonesia akan memberikan kemudahan pembayaran lainnya, seperti uang tunai, QRIS, kartu kredit/debit, atau e-wallet. 

"Peningkatan pengalaman penggunaan Starbucks Rewards ini diwujudkan sebagai cara kami memuaskan kebutuhan konsumen. Menciptakan koneksi dengan pelanggan, baik di dalam gerai maupun secara online, memungkinkan kami untuk mengantisipasi kebutuhan mereka. Selain Starbucks Card, pelanggan telah memberi tahu kami bahwa mereka menginginkan fleksibilitas lebih dalam cara membayar dan tetap mendapatkan Stars. Dan sekarang, jutaan member juga bisa memilih dan menikmati beragam rewards sesuai keingian masing-masing,” ungkap Liryawati, Chief Marketing Officer untuk PT Sari Coffee Indonesia.

Dinamisnya era digital saat ini, terutama di kalangan anak muda, membuat Starbucsk Indonesia harus cepat beradaptasi sehingga tetap relevan dengan pelanggannya. Peningkatan digital customer experience ini tentunya akan menarik basis pelanggan lebih luas dan memperdalam ikatan brand dengan para member.

Andhika Panggabean menjelaskan lebih detail terkait perolehan Stars bagi member yang sudah memiliki aplikasi Starbucks Rewards. "Setiap transaksi kelipatan Rp10.000, pelanggan akan mendapatkan 1 Star dengan jenis pembayaran lain seperti tunai, QRIS, kartu kredit / debit, atau e-wallet lainnya. Jika member menggunakan saldo yang tersimpan pada akun Starbucks Card-nya, mereka akan mendapatkan 1x Stars untuk setiap pembelanjaan Rp5.000,” jelasnya Andhika Panggabean, Starbucks Loyalty Division Manager.

Pembaruan Starbucks Rewards yang terbaru ini sudah tidak ada lagi konversi otomatis 100 Stars menjadi penawaran Rewards. "Member akan memiliki opsi untuk mulai menukarkan Stars – mulai dari 25 Stars terendah atau menabung untuk item Reward yang lebih tinggi hingga 400 Stars. Stars dapat ditukarkan dengan lebih banyak item, termasuk minuman, makanan, biji kopi hingga harga spesial untuk merchandise. Member juga dapat melihat semua riwayat penukaran Stars dan Rewards di aplikasi dan web,” tambahnya. (aul)