Gadget

Wireless Headphone Sesungguhnya

Sony Luncurkan WF-1000XM4 Terbaru

Sony meluncurkan WF-1000XM4 – model nirkabel terbaru dari seri 1000X yang telah mendapatkan banyak ulasan positif. Headphone WF-1000XM4 menghadirkan noise cancelling terdepan dalam industri dan kualitas audio ke level selanjutnya. Didesain pas untuk semua ukuran telinga, headphone ini menawarkan pengalaman yang dipersonalisasikan dan cocok untuk segala situasi.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Headphone selalu menjadi sahabat yang setia dalam menemani kegiatan sehari-hari, seperti bekerja, belajar, bepergian, bersantai dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, di masa pandemi yang menerapkan work from home, masyarakat sering melakukan meeting seharian secara virtual. Untuk menunjang kegiatan masyarakat, Sony menghadirkan headphone WF-1000XM4 dengan noise cancelling terdepan di industri yang didukung dengan Integrated Processor V1, mikrofon berperforma tinggi dengan sensor kebisingan ganda, desain baru pada unit driver 6mm, mode Automatic Wind Noise Reduction, serta peningkatan kualitas pada fitur-fitur lainnya, sehingga cocok digunakan saat work from home. Headphone WF-1000XM4 diharapkan dapat menjadi sahabat setia yang selalu menemani pengguna dalam menjalani hari-hari yang produktif.”

Suara yang lebih jernih, kebisingan yang lebih sedikit

WF-1000XM4 dilengkapi oleh Integrated Processor V1 dengan desain baru yang memberikan noise cancellation terdepan dalam industri. Dikembangkan khusus oleh Sony, Integrated Processor V1 memanfaatkan performa noise cancellation dari chip QN1e yang telah diakui dan memberikan kinerja lebih baik. Meningkatkan performa noise cancelling dan teknologi Bluetooth® ‘System on Chip’, WF-1000XM4 menghadirkan level tertinggi noise cancelling di industri dengan daya yang lebih minim dari seri sebelumnya.

WF-1000XM4 didukung dengan mikrofon berperforma tinggi dengan sensor kebisingan ganda untuk memberikan noise cancellation terbaik. Adanya dua mikrofon pendeteksi kebisingan di tiap telinga – satu feed-forward dan satu feed-back – kebisingan di sekitar akan didengar dan dianalisis untuk menghasilkan noise cancellation berakurasi tinggi.

Desain baru pada unit driver 6mm dengan peningkatan 20% pada volume magnet juga meningkatkan kapabilitas noise cancelling WF-1000XM4. Peningkatan volume magnet dan diafragma yang sesuai, memberikan peningkatan kinerja dalam frekuensi rendah dan meningkatkan noise cancelling dengan menghasilkan sinyal pembatalan presisi tinggi ke rentang frekuensi rendah.

Noise Isolation Earbud Tips yang baru dikembangkan memberikan kenyamanan yang lebih baik pada WF-1000XM4. Ujung earbud baru dibuat dari bahan busa poliuretan unik yang lembut dan elastis, memaksimalkan area kontak permukaan antara ujung earbud dan kanal telinga. Hal ini menghilangkan celah untuk mengisolasi suara dan mengurangi kebisingan, sekaligus meningkatkan kelekatan pada saluran telinga untuk penyesuaian yang lebih stabil.

Pengguna akan tetap fokus sepenuhnya tanpa gangguan bahkan di hari yang berangin. Mode Automatic Wind Noise Reduction mendeteksi saat berangin dan secara otomatis meredam kebisingan.

Kualitas suara yang mengagumkan

Dilengkapi LDAC, teknologi coding audio Sony yang telah diakui, WF-1000XM4 kini mendukung Audio Nirkabel Resolusi Tinggi . LDAC mengirimkan data kira-kira tiga kali lebih banyak (pada kecepatan transfer maksimum 990 kbps) dari audio Bluetooth® konvensional, memungkinkan pengguna menikmati konten Audio Resolusi Tinggi dengan kualitas luar biasa, semirip mungkin dengan headphone terkoneksi kabel. WF-1000XM4 juga memiliki driver 6mm berukuran kecil yang dirancang khusus untuk menghasilkan suara dinamis serta diafragma dengan penyesuaian tinggi untuk hasil rentang bass yang luas. Integrated Processor V1 juga meningkatkan kualitas suara dan mengurangi distorsi, serta memungkinkan pemrosesan codec LDAC dan DSEE Extreme™.

Penggunaan Edge-AI, DSEE Extreme™ (Digital Sound Enhancement Engine) meningkatkan kualitas berkas musik digital yang terkompresi secara real time. Mengenali alat-alat musik, aliran musik, dan elemen individu secara dinamis dari setiap lagu, seperti vokal atau interlude, mengembalikan suara rentang tinggi yang hilang dalam kompresi untuk pengalaman mendengarkan yang lebih kaya dan lebih lengkap.

Pengalaman mendengarkan yang lebih cerdas

Fitur Speak-to-Chat menerima banyak pujian atas inovasinya saat pertama kali diperkenalkan pada model overhead, WH-1000XM4. Fitur tersebut sekarang tersedia di WF-1000XM4 dan memungkinkan pengguna melakukan percakapan singkat tanpa melepas earbud . Speak-to-Chat secara otomatis menjeda musik dan memperdengarkan suara sekitar sehingga pengguna dapat melakukan percakapan dengan tetap menggunakan headphone. Setelah percakapan selesai, musik akan diputar lagi secara otomatis . Didukung oleh Precise Voice Pickup Technology, yang menggabungkan empat mikrofon dan sensor dengan pemrosesan sinyal audio tingkat lanjut, Speak-to-Chat dapat mengenali dan bereaksi terhadap suara pengguna.

WF-1000XM4 memiliki mode ‘Quick Attention’ yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan pengumuman atau berbicara singkat. Pengguna dapat mengaktifkan mode ini dengan meletakkan jari di atas earbud kiri untuk langsung menurunkan volume dan membiarkan suara sekitar masuk.

WF-1000XM4 juga dilengkapi Adaptive Sound Control, fitur pintar yang mendeteksi keberadaan dan aktivitas pengguna – misalnya, bepergian, berjalan atau menunggu – lalu menyesuaikan pengaturan suara sekitar untuk pengalaman mendengarkan yang ideal. Pengguna dapat mengatur Adaptive Sound Control agar belajar mengenali tempat-tempat yang sering dikunjungi, seperti kantor, gym, atau kafe favorit, dan menyesuaikan suara dengan situasi.

Headphone ini dilengkapi dengan jeda dan pemutaran instan untuk pengalaman sempurna. Sensor jarak dapat mendeteksi penggunaan earbud sehingga pengguna dapat memberhentikan musik hanya dengan melepas salah satu earbud, dan memainkannya lagi dengan memasang earbud kembali. 

Nikmati kualitas panggilan yang superior

WF-1000XM4 dilengkapi Precise Voice Pickup Technology yang memberikan panggilan hands-free menjadi lebih baik. Menggabungkan Precise Voice Pickup Technology dengan mikrofon dan sensor konduksi tulang, WF-1000XM4 menangkap suara pengguna dengan jelas dan akurat untuk panggilan hands-free. Mikrofon beamforming dikalibrasi agar hanya menangkap suara dari mulut pengguna. Rasio signal-to-noise yang ditingkatkan juga akan menangkap setiap kata, bahkan saat ada banyak kebisingan. Selain itu, sensor konduksi tulang yang baru hanya menangkap getaran dari suara pengguna, memungkinkan percakapan yang lebih jelas saat melakukan panggilan. Adanya Noise Cancelling pada WF-1000XM4 juga menambah pengalaman menelepon lebih baik dengan memungkinkan pengguna mendengar lawan bicara dengan lebih jelas, bahkan dalam situasi berisik. Peningkatan dari seri pendahulunya ini pastinya akan meningkatkan kualitas panggilan dan pengalaman rapat daring pengguna.

Lebih pas dan nyaman

Sejak memperkenalkan in-ear headphone pertama di dunia pada tahun 1982 (MDR-E252), Sony terus menganalisis data dalam jumlah besar yang berkaitan dengan bentuk telinga dari seluruh dunia. Headphone WF-1000XM4 adalah produk penelitian tersebut, yang menggabungkan bentuk yang sesuai dengan rongga telinga dengan desain permukaan ergonomis baru agar lebih pas dan stabil.

Pengguna dapat menikmati kenyamanan maksimal dengan suara yang bagus dengan menemukan earbud yang sesuai melalui Sony | Headphones Connect App. Aplikasi ini mengarahkan pengguna melakukan pengukuran sederhana guna menemukan ukuran ideal dari ujung earbud Noise Isolation untuk memastikan kualitas suara maksimum dan kebisingan luar minimum.

WF-1000XM4 telah dirancang lebih kecil dan lebih ringan dengan tetap memberikan performa terbaik. Earphone ini telah didesain ulang 10% lebih kecil dari generasi sebelumnya, tanpa mengorbankan kualitas suara atau masa pakai baterai. Memiliki bobot yang ringan dengan tempat pengisi daya 40% lebih kecil, menjadikannya teman yang sempurna untuk hari-hari yang panjang.

Bluetooth yang Lebih Baik untuk Tontonan Tanpa Gangguan

WF-1000XM4 sempurna untuk menonton acara TV, film, dan lainnya. Koneksi nirkabel tingkat tinggi menyinkronkan secara tepat tampilan di layar dengan suara di headphone untuk pengalaman menonton yang menyenangkan dengan penundaan minimum.

WF-1000XM4 memiliki koneksi Bluetooth® yang lebih jelas dan lebih stabil. Pengoptimalan algoritma transmisi dengan Integrated Processor V1 membuat koneksi lebih stabil dan tidak terlalu rentan terhadap suara yang terlewat, bahkan dengan adanya gangguan pada lingkungan sekitar.

Rasakan daya baterai yang tahan lama dan pengisian daya nirkabel yang sebenarnya

WF-1000XM4 dapat digunakan seharian selama 24 jam. Pengguna dapat menikmati penggunaan 8 jam penuh dari headphone, dan tambahan 16 jam lagi dari tempat pengisian daya. Tidak perlu khawatir saat terburu-buru, pengisian daya cepat 5 menit memberi pengguna waktu putar musik hingga 60 menit, dan aplikasi Sony | Headphones Connect akan memberitahu pengguna saat tempat pengisian daya turun di bawah 30%.

Teknologi pengisian daya nirkabel Qi membuat WF-1000XM4 tidak memerlukan kabel ketika mengisi daya. Pengguna bahkan dapat menggunakan fungsi berbagi baterai dengan smartphone berteknologi Qi untuk mengisi daya headphone dan tempat pengisian daya.

Tahan air

WF-1000XM4 memiliki tingkat tahan air IPX4 , menjadikan headphone ini tahan terhadap percikan air dan keringat. Pengguna dapat tetap menggunakan headphone saat mendengarkan musik ketika mengejar bus saat hujan atau duduk di kantor yang nyaman.

Kemampuan pairing dan voice assistant yang mudah

Pengguna akan mendapatkan bantuan handsfree hanya dengan mengucapkan “Hey Google” atau “Alexa” untuk mengaktifkan asisten suara sesuai pilihan. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menikmati hiburan, terhubung dengan teman, mendapatkan informasi, mendengarkan musik dan notifikasi, mengatur pengingat, dan banyak lagi.

Headphone WF-1000XM4 mendukung fitur Fast Pair baru yang bermanfaat dari Google. Dalam satu ketukan, WF-1000XM4 memungkinkan koneksi Bluetooth yang cepat dan mudah dengan perangkat Android. Fitur Google Fast Pair memungkinkan pengguna menemukan lokasi headphone dengan mudah dan juga memberitahu pengguna saat meninggalkan baterai tetap menyala dan berapa banyak daya yang tersisa. Headphone ini juga dilengkapi dengan Microsoft Swift Pair, yang memudahkan untuk terhubung dengan perangkat Windows 10.

WF-1000XM4 memiliki fitur pengaturan kontrol sentuh yang intuitif untuk mengontrol pengalaman mendengarkan dengan cepat dan mudah. Melalui kontrol sentuh, pengguna dapat mengaktifkan Noise Cancellation, Ambient Sound, mode Quick Attention atau sekadar melewati, menjeda, atau memutar lagu.

Lebih baik untuk lingkungan

Kemasan WF-1000XM4 bebas plastik dan telah dirancang berdasarkan prinsip desain toksisitas rendah dengan penerapan filosofi ‘Dibuat untuk digunakan ulang’ yang lebih bertanggung jawab secara sosial. Agar menghasilkan limbah yang lebih rendah, 99% kemasan kertas, selain label, diproduksi menggunakan bahan daur ulang dan berkelanjutan yang dikembangkan khusus untuk Sony. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kemasan WF-1000XM4, klik di sini.

Hanyutkan diri dalam musik

360 Reality Audio, pengalaman audio baru yang nyata dapat dinikmati dengan headphone WF-1000XM4 jika digabungkan dengan smartphone Android™/iPhone yang telah menginstal aplikasi layanan streaming yang berpartisipasi . Pengalaman mendengarkan 360 Reality Audio akan membawa pengguna menikmati musik layaknya berada tepat di depan seniman favorit. Pendengar dapat menikmati berbagai aliran musik secara nyata saat menggunakan headphone WF-1000XM4 dan aplikasi “Sony | Headphones Connect” yang dioptimalkan secara sempurna untuk setiap pengguna.

Di dalam kemasannya, pengguna akan menemukan 3 ukuran Noise Isolation Earbud Tips, serta kabel pengisi daya USB-C.

Ketersediaan

WF-1000XM4 akan tersedia dalam warna Hitam dan Silver di Indonesia pada bulan Agustus 2021 dengan harga Rp3.999.000. Pemesanan secara pre-order dapat dilakukan mulai tanggal 1 hingga 25 Juli 2021 di seluruh Sony Authorized Dealer baik online maupun offline. Para pelanggan akan mendapatkan special bundling berupa pengisi daya nirkabel jika melakukan pembelian dalam masa pre-order.